cara meningkatkan kualitas sperma

cara meningkatkan kualitas sperma

Meskipun infertilitas dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, kualitas sperma adalah salah satu prediktor kesuburan yang paling penting. 

Ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas sperma agar bisa subur.

Biasanya, kesuburan dapat terjadi jika air mani yang dikeluarkan dalam sekali ejakulasi mengandung sedikitnya 15 juta sperma per mililiter. 

Jika jumlah dan kualitas spermanya bagus, maka peluang kamu untuk hamil pun akan semakin besar. Lantas, apa kriteria yang membuat kualitas sperma bisa dikatakan bagus?

  • Kuantitas

Kuantitas normal sperma saat ejakulasi adalah 15 juta per mililiter. Sperma yang terlalu sedikit dalam ejakulasi dapat membuat lebih sulit untuk hamil karena semakin sedikit calon yang tersedia untuk membuahi sel telur.

  • Pergerakan

Untuk mencapai dan membuahi sel telur, sperma harus bergerak menggeliat dan berenang melalui leher rahim wanita, rahim dan saluran tuba atau dikenal sebagai motilitas.

Peluang kehamilan dianggap besar jika kurang dari 40% sperma bergerak saat ejakulasi, tetapi lebih banyak lebih baik.

  • Struktur 

Sperma khas memiliki kepala lonjong dan ekor panjang yang bekerja sama untuk mendorongnya. Namun, faktor satu ini tidak sepenting kuantitas atau pergerakan sperma.

Faktor yang memengaruhi kualitas sperma

Terlepas dari jumlahnya, kualitas sperma yang bagus juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Ada beberapa kebiasaan yang membuat kualitas sperma jadi menurun, seperti berikut ini.

  • Merokok
  • Minum alkohol
  • Menggunakan obat-obatan terlarang tertentu
  • Kelebihan berat badan
  • Depresi berat atau stres
  • Memiliki infeksi tertentu di masa lalu atau sekarang
  • Terkena racun
  • Testis terlalu panas
  • Pernah mengalami trauma pada buah zakar
  • Dilahirkan dengan gangguan kesuburan atau memiliki saudara sedarah, seperti saudara laki-laki atau ayah dengan gangguan kesuburan
  • Memiliki kondisi medis tertentu, termasuk tumor dan penyakit kronis
  • Menjalani perawatan kanker, seperti radiasi
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Memiliki vasektomi sebelumnya atau operasi perut atau panggul besar
  • Memiliki riwayat testis yang tidak turun

Cara meningkatkan kualitas sperma

Namun, kamu bisa meningkatkan kualitas sperma tersebut, lho. Melansir dari beberapa sumber kesehatan, ini dia cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitasnya.

1. Tidur dan olahraga secukupnya

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penurunan berat badan dan olahraga untuk seseorang yang kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

Rutin setidaknya latihan aerobik setiap hari dengan waktu tidur yang cukup.

2. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok dapat mengurangi jumlah dan kualitas sperma. Sebab, praktik gaya hidup yang tidak sehat bisa merusak kesehatan secara keseluruhan, termasuk tingkat kesuburan.

3. Konsumsi vitamin C

Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen antioksidan, seperti vitamin C, dapat meningkatkan kesuburan.

Sebab, mengonsumsi antioksidan yang cukup, seperti vitamin C, dapat membantu menangkal beberapa efek berbahaya dari stres oksidatif dan bisa meningkatkan kualitas air mani.

4. Hindari konsumsi obat tertentu

Beberapa obat resep berpotensi menurunkan produksi sperma yang sehat. Jadi, kamu sebaiknya mengurangi konsumsi obat–obatan yang mengandung antibiotik, antiinflamasi, hingga antidepresan.

5. Minum vitamin yang mengandung fenugreek

Fenugreek adalah tanaman yang telah lama digunakan dalam pengobatan alternatif. Uniknya, fenugreek juga digunakan sebagai obat alami untuk kesehatan sperma yang buruk, dan para ahli pun menyarankan bahwa obat ini dapat membantu meningkatkan jumlah sperma.

6. Maksimalkan vitamin D

Kadar vitamin D dan kalsium dalam darah memang berdampak pada kesehatan sperma.

Bahkan, dalam salah satu tinjauan, peneliti menemukan hubungan yang signifikan antara peningkatan kesuburan pada pria yang tingkat vitamin D-nya yang lebih tinggi dalam darah.

Jadi, kamu bisa memaksimalkan vitamin D dari makanan atau berjemur di pagi hari.

7. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan

Antioksidan adalah molekul untuk membantu menonaktifkan senyawa radikal bebas yang mampu merusak sel.

Nah, beberapa penelitian mengaitkan konsumsi antioksidan dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

8. Tingkatkan konsumsi lemak tak jenuh

Lemak tak jenuh ganda sangat penting untuk perkembangan membran sperma yang sehat. Lemak tersebut termasuk omega-3 dan omega-6.

9. Hindari paparan polusi

Kualitas udara dan paparan bahan kimia beracun berhubungan erat dengan penurunan kesehatan dan jumlah sperma. Jadi, sebaiknya hindari racun lingkungan yang berkontribusi pada kesehatan.

10. Batasi konsumsi kedelai dan makanan yang mengandung estrogen

Beberapa makanan, terutama produk kedelai, mengandung estrogen tumbuhan yang dapat mengurangi ikatan testosteron dan produksi sperma.

Jika ingin meningkatkan kualitas dan jumlahnya, kamu dapat mengurangi konsumsi kedelai.

Dengan mengaplikasikan 10 cara di atas, kamu dapat meningkatkan kualitas sperma secara alami. Intinya, kamu harus menerapkan gaya hidup yang sehat.

Share artikel ini
Reference