manfaat daun kelor untuk wajah

manfaat daun kelor untuk wajah

Daun kelor memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, vitamin E, magnesium, dan juga kalsium. 

Selain mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat lain jika menggunakan daun kelor sebagai masker wajah.

Sebab, daun kelor mengandung aneka vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, menghaluskan, dan mengencangkan kulit. 

Jadi, bila kamu memiliki atau mengalami masalah kulit, seperti jerawat, kulit kering, dan kulit kusam, maka bisa menggunakan daun kelor.

Biar kamu tidak penasaran lagi, ini dia beberapa manfaat daun kelor untuk wajah yang perlu diketahui.

Manfaat daun kelor untuk wajah

Jadi, daun kelor atau moringa adalah tanaman herbal serbaguna yang dapat kamu konsumsi sebagai makanan dan alternatif untuk pengobatan.

Bahkan, ada banyak peneliti yang sudah menyimpulkan bahwa daun kelor mengandung asam amino esensial, karotenoid dalam daun, dan komponen dengan sifat nutraceutical atau gizi dalam persiapan makanan.

Oleh sebab itu, hampir seluruh bagian dari daun kelor bisa kamu gunakan untuk berbagai hal.

Lantas, jika manfaat daun kelor untuk tubuh saja mampu menangkal radikal bebas, bagaimana manfaatnya buat wajah kita? 

Untuk menjawab kebingungan kamu, ini dia beberapa manfaat daun kelor untuk wajah yang perlu diketahui.

  • Mengatasi kondisi kulit kering

Daun kelor memiliki kandungan omega dan antioksidan yang tinggi, sehingga menjadi agen pelembap yang sangat baik.

Oleh sebab itu, manfaat daun kelor untuk tubuh ini dapat melembutkan, menenangkan, dan melindungi kulit kering dari kekeringan dermatitis, eksem, dan psoriasis. 

  • Agen anti polusi

Paparan polutan udara seperti asap knalpot mobil, ozon, dan asap rokok mempercepat penghancuran kolagen dan penuaan dini pada kulit. 

Jenis polutan ini juga dapat menyebabkan peradangan kronis dan alergi pada kulit, seperti eksem, dermatitis, psoriasis, hingga jerawat. 

Menariknya, kandungan peptida antioksidan yang ada di daun kelor dapat melindungi kulit dari polusi lingkungan dengan menetralkan radikal bebas dan memperkuat fungsi pelindung kulit.

  • Mengurangi risiko noda kehitaman

Dengan menggunakan masker yang mengandung daun kelor, kamu dapat mencegah kerusakan kulit wajah akibat sinar matahari. 

Kualitas perbaikan kulitnya termasuk memudarkan bintik matahari dan memperbaiki pigmentasi, sehingga dapat menghasilkan kulit bercahaya cerah.

  • Menunda penuaan dini

Daun kelor mengandung hormon sitokinin yang mampu memperpanjang umur tanaman. Bila menggunakannya sebagai masker wajah, zat tersebut juga dapat menunda kerusakan jaringan kulit dan merangsang regenerasi sel, yang semuanya dapat memperlambat proses penuaan dini secara efektif.

  • Mengatasi kulit berminyak

Daun kelor dapat mengatur produksi sebum karena kulit yang terhidrasi tidak akan memproduksi minyak secara berlebihan. Jadi, dapat mengatasi kondisi berminyak pada kulit.

Cara pakai daun kelor untuk wajah

Melihat dari manfaat di atas, siapa yang tidak tertarik dengan manfaat daun kelor, bukan?

Bila kamu ingin menggunakannya sebagai masker wajah, ini dia langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  • Tuang satu sendok daun kelor jenis bubuk.
  • Tambahkan sesendok madu, air mawar, dan perasan lemon.
  • Tambahkan air secukupnya dan buat cairan masker jadi sekental mungkin.
  • Oleskan masker pada wajah dan diamkan selama 10 menit.
  • Bila sudah, bersihkan wajah dengan air hangat.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang daun kelor, mulai dari manfaatnya untuk wajah sampai cara memakai maskernya. 

Memang, daun kelor tidak sepopuler tanaman lainnya untuk perawatan wajah, tetapi bukan berarti kurang bermanfaat. 

Sebagai tanaman yang tumbuh di hampir semua wilayah di Indonesia, daun kelor bisa kamu temukan dengan mudah dan dijadikan sebagai bahan perawatan alami.

Apalagi, daun kelor memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah, seperti anti-inflamasi, anti-oksidan, dan anti-bakteri.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba menggunakan daun kelor sebagai masker wajah untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan bersinar.

Share artikel ini
Reference