Cara mengatasi penuaan dini

Siapa yang tidak ingin memiliki wajah sehat dan kencang seperti kulit remaja? Terkadang karena berbagai faktor, wajah kerap menunjukan tanda penuaan lebih cepat. Beberapa cara mengatasi penuaan dini bisa kamu lakukan mulai saat ini, lho.

Penuaan dini dapat terjadi lebih cepat karena berbagai sebab, tidak hanya usia yang semakin menua, namun juga aktivitas sehari-hari yang dapat mempercepat tanda penuaan dini. Yuk ketahui lewat ulasan ini!

Apa itu penuaan dini

Penuaan dini adalah tanda-tanda wajah yang muncul lebih cepat daripada usia yang seharusnya masih dikategorikan usia muda. Tanda penuaan dini seperti muncul keriput dan garis halus pada wajah bisa disebabkan karena berbagai macam faktor.

Penuaan memang bukan hal yang dapat didapat dihindari, namun kamu bisa melakukan pencegahan mulai saat ini agar dapat mengatasinya. Nah, cara mengatasi penuaan dini tentu dapat dimulai dari mengetahui apa yang menjadi sebab penuaan datang lebih cepat.

Penyebab penuaan dini

Seperti yang telah disebutkan, tanda-tanda wajah mulai menua tidak hanya dari usia saja, tetapi bisa dari faktor lain. Nah, penuaan dini dapat disebabkan karena beberapa hal dibawah ini:

1. Paparan sinar matahari

Penuaan dini disebabkan karena sinar matahari UV yang berlebihan dan merusak jaringan kulit bernama elastin. Saat jaringan ini rusak, maka kulit menjadi lebih cepat mengendur, keriput, lebam atau luka dan membutuhkan waktu yang lama untuk normal kembali.

2. Kebiasaan merokok

Merokok menjadi sebab penuaan dini yang selanjutnya. Kebiasaan ini menyebabkan kulit kering, kasar, warna kulit pudar, keriput dan cepat terlihat tua. Racun dalam rokok membuat kulit terkena stres oksidatif.

3. Posisi tidur

Posisi tidur dapat menjadi resiko penuaan dini yang mungkin tidak banyak disadari. Posisi tidur miring membuat wajah menampakkan kerutan atau garis halus sehingga penuaan dapat terjadi secara instan.

Hal ini dilakukan berulang-ulang sehingga kulit mulai kehilangan elastisitasnya dan penuaan dini muncul dengan mudah.

4. Kontraksi otot wajah

Kontraksi otot wajah yang terjadi berulang dapat menjadi faktor munculnya penuaan dini. Tersenyum, mata menyipit, kening dan bibir berkerut menjadi aktivitas yang sering dilakukan dan mempercepat tanda penuaan dini.

5. Pola tidur

Pola tidur yang buruk menjadi risiko penuaan dini muncul. Clinical and Experimental Dermatology menemukan bahwa pola tidur yang buruk juga dapat merusak fungsi dari penghalang kulit atau skin barrier. Salah satu cara mengatasi penuaan dini yang ampuh adalah menata kembali pola tidur yang sehat.

6. Pola makan

Pola makan yang kurang tepat dapat menjadi resiko munculnya penuaan dini. Banyak mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula membuat kulit menjadi cepat menua. Selain itu sering mengonsumsi kafein juga memperburuk kondisi kulit ini.

7. Stres

Banyak hal yang memicu stress dan ini akan berdampak besar pada wajah. Stress akan membuat hormon kortisol mudah melepas sehingga kolagen berkurang dan wajah menjadi lebih cepat menua. Maka dari itu, jangan terlalu stres, ya.

8. Pengaruh lingkungan

Penuaan dini juga dapat terlihat dari kulit yang keriput, menghitam, dan kering. Tanda ini bisa terjadi karena paparan lingkungan yang tidak sehat seperti polusi udara dan radikal bebas.

Untuk tahu bagaimana cara mengatasi penuaan dini, yuk coba ketahui apa yang menjadi tanda penuaan sehingga bisa segera kamu atasi.

Baca juga: 13 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah secara Alami dan Medis

Ciri ciri penuaan dini

Tanda-tanda penuaan dini yang kerap ditemukan antara lain:

  • Munculnya keriput dan kerutan halus di sekitar mata, dahi, dan area wajah.
  • Kulit terasa lebih kering dan gatal.
  • Peradangan atau hiperpigmentasi dan mengubah warna area tubuh atau wajah tertentu.
  • Kulit tangan kendur dan tidak terasa kenyal, tidak dapat kembali ke bentuk semula yang sebelumnya terasa kencang.
  • Rambut rontok akibat sel folikel mati sehingga rapuh dan cepat mengalami kebotakan.
  • Bintik hitam muncul di area wajah, lengan, punggung tangan dan area lain yang juga dapat memunculkan flek hitam di beberapa bagian tubuh, terutama wajah.

Jika tanda-tanda sudah muncul, apa yang harus dilakukan?

Cara mengatasi penuaan dini

cara menghilangkan kerutan di wajah

Tanda penuaan dini memang bisa muncul kapan saja. Jika sudah muncul maka segera lakukan kegiatan untuk dapat mengatasinya, seperti:

  • Memakai sunscreen setiap hari. Pakai sunscreen jika hendak pergi sehingga kulit wajah akan terlindungi dan tanda penuaan tidak semakin parah.
  • Hindari minum alcohol. Alcohol dapat memperburuk kondisi wajah, sehingga lebih baik hindari dan ganti dengan air putih.
  • Pakai retinol atau retinoid. Pakai skincare dengan bahan aktif vitamin A yang dapat membantu kerusakan pada kulit seperti keriput, kerut, bintik hitam dan masalah wajah yang lainnya. Dengan retinol, sel kulit baru juga akan muncul lebih cepat.
  • Penuhi kebutuhan makanan mengandung antioksidan. Mulai makan makanan yang mengandung antioksidan agar dapat membantu pertumbuhan sel kulit baru dari dalam. Cara mengatasi penuaan dini ini bisa mulai dilakukan dengan menjaga pola makan sehat.
  • Treatment wajah untuk menghindari penuaan dini. Lakukan perawatan wajah seperti treatment yang kamu sukai untuk dapat mengurangi kerut dan garis wajah penuaan dini.

Sebelum kulit mengendur dan muncul tanda penuaan, yuk lawan dengan menjaga kesehatan kulit dari luar dan dalam. Bagaimana cara menjaganya?

Tips menjaga kesehatan kulit dari penuaan dini

Lakukan beberapa tips berikut agar wajah terhindar dari penuaan dini dan cara mengatasi penuaan dini yang tepat:

  • Pilih pencuci wajah yang lembut. Pakai pencuci wajah yang lembut, aman, sesuai dengan kondisi wajah dan dapat melembabkan.
  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung. Hindari keluar di siang hari yang panas jika kulit wajah tidak ingin terpapar langsung sinar matahari yang merusak kulit. Jika hendak keluar, pakailah sunscreen yang mengandung SPF.
  • Pakai kacamata. Pakai kacamata agar menghindari paparan sinar matahari menusuk kulit dan membuat garis halus di sekitar mata.
  • Pakai topi dan pakaian yang dapat menutup dari paparan sinar UV. Jika ingin bepergian pada siang hari, pakai topi dan baju yang menurut agar menghindari paparan sinar langsung sehingga kulit tetap sehat.
  • Jangan merokok. Hindari aktivitas merokok yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan paru-paru. Mulailah menerapkan gaya hidup sehat!

Banyak sekali faktor yang dapat membuat penuaan dini datang lebih cepat. Mulai perangi tanda penuaan dan lakukan cara mengatasi penuaan dini agar kulit wajah tetap sehat dan bebas dari kerutan.

Share artikel ini
Reference