manfaat kentang untuk wajah

Manfaat kentang atau wajah ada banyak sekali, loh. Salah satunya menghilangkan flek hitam dan membuat wajah jadi cerah.

Mengapa ini bisa terjadi? Kentang mengandung lebih dari 100 persen Angka Kecukupan Gizi (AKG) vitamin C. Nah, vitamin C penting agar tubuh dapat menyerap zat besi dan membentuk kolagen pada pembuluh darah, otot, tulang rawan, dan tulang.

Antioksidan yang ditawarkan vitamin C juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan mengurangi benjolan dan iritasi pada kulit serta membuat kulit lebih cerah.

Yuk, simak info menariknya di bawah ini untuk mengetahui fakta lebih lanjut.

10 manfaat kentang untuk wajah

Ternyata, kentang memiliki beragam manfaat menarik untuk perawatan wajah secara alami.

1. Mengobati jerawat

mitos dan fakta pil kb untuk jerawat

Jerawat sendiri merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh peradangan. Kamu bisa mengoleskan kentang di area yang berjerawat untuk bisa meredakan jerawat.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Life Sciences menemukan bahwa sifat anti-inflamasi dari ekstrak kulit kentang dapat mengurangi peradangan kulit yang disebabkan oleh jerawat.

Namun penelitian ini hanya dilakukan pada hewan uji tikus, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

2. Meningkatkan produksi kolagen

Manfaat lain kentang untuk wajah adalah meningkatkan produksi kolagen. Kentang mengandung vitamin C yang tinggi di dalamnya. Fungsi dari vitamin C sendiri bisa membantu meningkatkan produksi kolagen untuk kulit kamu.

Deretan manfaat kolagen untuk kulit sudah terbukti, loh. Ini bisa kamu dapatkan dari kentang!

3. Mencerahkan kulit

Kandungan zat pencerah yang berasal dari enzim katekolase pada kentang dipercaya dapat mencerahkan flek hitam di wajah akibat bintik-bintik, paparan sinar matahari berlebih, hingga melasma.

Sayangnya, belum ada hasil penelitian yang bisa membuktikan enzim katekolase pada kentang bisa mencerahkan kulit.

4. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini bisa terjadi lebih cepat. Nah, manfaat kentang untuk wajah dipercaya mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus.

Kandungan antioksidan pada kentang seperti vitamin C mampu melawan radikal bebas yang memicu kerusakan kulit dan menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan.

5. Mengatasi lingkaran hitam di bawah mata

cara menghilangkan mata panda

Kamu bisa mendapat manfaat kentang untuk wajah untuk mengatasi mata panda. Kamu bisa menggunakannya dengan cara potong kentang menjadi beberapa ukuran besar. Bungkus irisan kentang dengan kain bersih, lalu letakkan di bawah area mata selama 20 menit.

6. Menyamarkan bekas jerawat

Bekas jerawat yang muncul seringkali berupa flek hitam. Kondisi ini seringkali mengganggu penampilan kamu sehari-hari.

Meski disebut mampu menyamarkan bekas jerawat, namun belum ada hasil studi yang membuktikan manfaat masker kentang yang satu ini.

7. Mengurangi mata panda

Kentang kaya akan senyawa seperti asam askorbat, riboflavin, dan vitamin B yang meningkatkan kesehatan mata kita secara keseluruhan. Selain itu, kentang juga bisa mengurangi mata panda, serta meratakan warna kulit.

8. Eksfoliasi kulit

Oleskan kentang yang sudah dihaluskan pada wajah, dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas dengan air, lakukan secara teratur untuk membantu mengangkat sel kulit kamu.

5+ Manfaat Masker Madu Setiap Hari, Bisa Atasi Jerawat!

9. Mengobati sengatan matahari

Sayuran bekerja dengan baik untuk mengobati teriknya matahari. Cukup letakkan irisan kentang dingin di area kulit yang terkena. Biarkan selama sekitar 20 menit dan keluarkan. Kamu akan merasakan sensasi dingin dan bahkan mengurangi warna coklat akibat berjemur.

10. Merawat kulit kering

Parut kentang dan campur dengan air secukupnya. Oleskan pada wajah kamu, dan biarkan kurang lebih 20 menit. Cuci bersih dengan air. Kulit kamu yang kering kini akan terasa lebih lembap.

Bolehkah memakai masker kentang setiap hari?

Bolehkah memakai masker kentang setiap hari

Ya, kamu bisa mengoleskan jus kentang ke wajah kamu setiap hari; tetapi jika menurut kamu jus tersebut tidak cocok untuk kulit kamu, cobalah menerapkannya setiap hari.

Penelitian ilmiah mengenai manfaat kentang untuk kulit wajah serta mengatasi jerawat memang belum banyak dilakukan. Namun demikian, sudah banyak penelitian menunjukkan bahwa kentang bisa menyebabkan alergi karena ada senyawa patatin.

Wajib Tahu Manfaat Masker Spirulina Yang Ampuh Hempaskan Jerawat

Makanan lain yang bisa memicu alergi yakni tomat, wortel, apel, pisang, dan apel. Kamu yang memiliki alergi tidak disarankan menggunakan kentang yang masih mentah untuk masker.

Reaksi alergi yang dapat muncul sebagai efek samping masker kentang untuk jerawat adalah:

  • Kulit merah dan gatal.
  • Alergi kulit.
  • Jerawat semakin parah.
  • Tantangan.
  • Hidung gatal dan berair.
  • Mengi dan kesulitan bernapas lainnya.

Jika kamu tidak mengetahui apakah kamu memiliki alergi kentang atau alergi lateks, kamu dapat melakukan uji tempel dengan mengoleskan kentang atau jus kentang pada kulit. Gosokkan kentang pada kulit bagian dalam siku, dan tunggu 24 hingga 48 jam berikutnya untuk melihat reaksinya.

Cara pakai kentang untuk kecantikan kulit

Berikut adalah cara-cara yang dapat kamu coba menggunakan kentang untuk membuat kulit kamu lebih sehat.

1. Masker kentang dan yogurt

Jika ingin mendapatkan manfaat masker kentang untuk memperlambat tanda-tanda penuaan, coba campurkan dengan yogurt tawar.

Yoghurt mengandung zat anti aging. Tidak hanya itu, yogurt untuk wajah juga bisa mengangkat sel kulit mati dan mengencangkan pori-pori kulit wajah kamu. Berikut cara membuatnya.

  • Siapkan ½ kentang parut dan 2 sendok makan yogurt tawar atau yogurt tanpa rasa
  • Campur kedua bahan dalam mangkuk kecil. Aduk sampai tercampur rata
  • Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Hindari pada area mata dan bibir
  • Biarkan selama 15 menit, lalu bilas wajah hingga bersih

2. Masker kentang dan madu

Kamu bisa mencoba masker kentang dan madu jika ingin kulit tampak cerah dan bersinar.

Kentang mengandung asam dan zat pencerah alami. Sementara itu, madu berperan untuk melembabkan kulit dan membuatnya tetap lembut dan kenyal. Berikut cara membuat masker kentang dan madu lengkap.

  • Siapkan 3 sendok kentang yang telah dihaluskan
  • 2 sendok makan madu
  • Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata
  • Oleskan masker kentang dan madu pada permukaan wajah yang telah dibersihkan.
  • Biarkan selama 10-15 menit, atau hingga masker mengering, lalu bilas dengan air.

Manfaat kentang untuk wajah masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya. Jaga kesehatan kulit kamu dengan menggunakan produk perawatan jenis kulit wajah, menerapkan pola makan sehat dan gizi seimbang, serta bijak mengelola stres.

Share artikel ini
Reference