manfaat masker spirulina

Spirulina mungkin sudah tidak asing lagi buat kamu yang menyukai produk kecantikan alami. Akhir-akhir ini produk kecantikan berbasis spirulina menjadi viral. Ya, apalagi kalau bukan masker spirulina. Manfaat masker spirulina diketahui bisa buat wajah kembali mulus!

Spirulina adalah sejenis ganggang yang mengandung beberapa nutrisi, termasuk vitamin yang larut dalam lemak (A, E, dan K), asam lemak (DHA, EPA), beta karoten, dan mineral. Ini juga merupakan sumber protein, tetapi tidak memiliki kadar asam amino yang cukup tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik.

Kecuali jika kamu memiliki kondisi medis di mana kamu perlu menghindari asam amino tertentu, seperti fenilketonuria, bahan ini bisa sangat baik untuk kamu, loh.

Manfaat masker spirulina

manfaat facial wajah

Selain untuk tubuh, spirulina juga punya manfaat untuk kecantikan.

Anti penuaan 

Asam gamma-linolenat dan asam lemak lainnya diketahui mendukung integritas struktural kulit. Kandungan tersebut juga membantu mengurangi peradangan pada kulit. Asam lemak ini, bersama dengan antioksidan (yang juga dimiliki Spirulina) mampu melawan radikal bebas.

Radikal bebas diketahui berkontribusi terhadap kanker, tetapi juga berbahaya bagi kulit, karena dapat membuat kulit tampak kusam dan tua. Syukurlah, antioksidan Spirulina dapat membantu meningkatkan metabolisme kulit, yang memungkinkan sel-sel untuk beregenerasi lebih cepat, membantumu mendapatkan kulit bercahaya dan awet muda.

Spirulina juga dapat meningkatkan produksi elastin dan kolagen, yang akan membantu mengencangkan kulitmu! Spirulina juga dapat memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar UV, serta membantu orang yang menderita dermatitis atopik.

Kekuatan melawan jerawat 

Selain membantumu mendapatkan kulit awet muda, ekstrak Spirulina juga dapat membantu mengurangi jerawat. Spirulina adalah antimikroba alami, dan dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, dapat membantu menyeimbangkan kulit berminyak atau terlalu kering.

Ekstrak spirulina dapat memberikan keseimbangan pada jenis kulit yang berlawanan (berminyak dan kering) dengan mengatur produksi sebum pada kulit. Kemampuan mengatur ini akan memastikan bahwa kulit terhidrasi dengan baik tanpa membiarkannya menjadi terlalu berminyak atau berminyak. 

Spirulina juga mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi, yang dapat mencegah kulit menjadi kering. Bahkan dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim.

Menyeimbangkan warna kulit

Selain membantu memperbaiki sel kulit dan melawan jerawat, ekstrak Spirulina juga dapat mencerahkan dan mengencangkan kulit. Ekstrak spirulina kaya akan vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C, E, dan K. Juga mengandung zat besi, fosfor, kalium, tembaga, seng, mangan, kalsium, dan selenium. Semua ini dapat membantu kamu mendapatkan kulit yang bersih dan kencang.

Manfaat lain dari ekstrak spirulina

Tidak ada keraguan bahwa ekstrak Spirulina bekerja sangat baik untuk kulit. Tapi manfaat Spirulina tidak eksklusif untuk kulit. Berikut adalah beberapa manfaat luar biasa lainnya darinya: 

  • Melawan infeksi
  • Meningkatkan energi
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menurunkan kolesterol jahat 
  • Menargetkan oksidan dan mungkin menawarkan sifat pelindung sel

Efek samping masker spirulina

Reaksi alergi mungkin terjadi pada mereka yang alergi terhadap spirulina. Reaksi alergi dapat berupa ruam atau pembengkakan. Berhenti menggunakan spirulina jika kamu mulai mengalami efek samping dan hubungi penyedia layanan kesehatanmu.

Spirulina umumnya aman, tetapi beberapa orang telah melaporkan hal berikut dalam penggunaannya:

  • Alergi
  • Berkeringat
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Sulit tidur

Tindakan pencegahan efek samping

Orang dengan fenilketonuria (ketidakmampuan untuk memproses asam amino fenilalanin) dan individu dengan gangguan asam amino lainnya, misalnya, homocystinuria klasik(HCU), atau penyakit urin sirup maple (MSUD), mungkin perlu menghindari spirulina karena proteinnya yang tinggi dan kandungan asam amino.

Keamanan spirulina pada orang hamil atau menyusui belum jelas. Karena itu bicaralah dengan penyedia layanan kesehatanmu sebelum menggunakan spirulina jika sedang hamil, berencana untuk hamil atau jika kamu sedang menyusui.

Cara membuat masker spirulina

Dipenuhi dengan antioksidan, spirulina dapat melakukan keajaiban bagi kulitmu agar bercahaya, bebas bitnik, mata panda, dan penuaan. Masker wajah spirulina adalah detoksifikasi utama yang dibutuhkan kulitmu!

Cara mengolah spirulina menjadi masker sangatlah mudah. Tambahkan 1 sdm bubuk spirulina dan 1 sdm madu organik, aduk rata. Oleskan masker ini secara merata pada wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Selain sebagai masker, ada banyak cara untuk mengonsumsi spirulina – kamu bisa menambahkan bubuk ke air dan meminumnya, atau menambahkannya ke smoothie. Mereka juga tersedia dalam bentuk tablet.

Share artikel ini
Reference