manfaat jeruk nipis untuk wajah

Manfaat vitamin C untuk wajah memang tidak bisa dipungkiri lagi. Serum vitamin C dapat membantu kulit wajah yang kusam menjadi lebih cerah hingga dapat mengatasi berbagai permasalah kulit seperti jerawat, bintik hitam hingga sebagai antioksidan kulit.

Saat ini banyak sekali produk skincare yang menggunakan vitamin C sebagai bahan aktifnya sehingga kamu perlu mencoba jenis perawatan kulit yang satu ini.

Apa saja manfaat vitamin C dan bagaimana menggunakan vitamin C yang tepat agar manfaatnya maksimal untuk kulit? Yuk simak di sini!

Manfaat vitamin C untuk wajah

Manfaat vitamin c untuk kulit

Melalui berbagai penelitian, telah banyak manfaat vitamin C untuk wajah yang ditemukan. Perawatan kulit wajah akan semakin mudah dengan bahan aktif ini.

Skincare yang menggunakan vitamin C juga cukup banyak dan dapat diaplikasikan dengan produk perawatan kulit lain sehingga menghasilkan kulit wajah yang sehat merona.

Vitamin C diketahui mempunyai tekstur yang cepat menyerap kulit, encer dan sangat ringan. Manfaatnya juga cukup cepat terlihat jika digunakan secara bersamaan dengan konsumsi makanan bervitamin C. Manfaat serum vitamin C bagi wajah antara lain:

1. Merawat kulit dari kerusakan

Semua orang tahu bahwa paparan sinar matahari dapat merusak kulit dan vitamin C yang memiliki antioksidan tinggi dapat mengatasi berbagai masalah dan kerusakan kulit akibat sinar UV.

Selain itu, manfaat vitamin C untuk wajah juga dapat menangkal radikal bebas dapat menyebabkan kulit rusak. Molekul dalam radikal bebas akan bereaksi dalam tubuh sehingga menyebabkan kerusakan sel.

Penggunaan skincare dengan kandungan vitamin C dapat membantu kulit melawan kerusakan dari dalam.

2. Mencerahkan kulit

Banyak produk dengan kandungan vitamin C yang dapat mencerahkan kulit. Kulit wajah yang kusam dan terlihat kotor dapat dicerahkan dengan manfaat vitamin C yang tinggi.

Sel yang memproduksi warna gelap dapat terhambat oleh manfaat vitamin C yang digunakan secara rutin setiap hari.

3. Merangsang produksi kolagen

Kolagen merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh kulit agar tetap elastis dan kencang. Kolagen terbentuk dari asam amino berupa prolin dan glisin dimana kedua senyawa ini dapat bekerja maksimal dengan penggunaan vitamin C secara aktif. Kulit yang rutin menggunakan vitamin C akan tetap mulus dan kencang sehingga selalu terlihat muda

Kekurangan Vitamin C? Penuhi dengan Makanan yang Mengandung Vitamin C!

4. Melembabkan dan mencegah kulit kering

Kulit yang kering dapat memicu kerapuhan sehingga perlu dilembabkan dengan kandungan vitamin C pada berbagai skincare.

Vitamin ini dapat menahan kelembaban sehingga membantu kulit tetap kenyal, sehat dan merona. Gunakan vitamin C bersama dengan pelembab yang sesuai agar kulit terasa lebih sehat dan lembab.

5. Mengurangi tanda penuaan

Lapisan kulit yang kehilangan kolagen akibat penuaan dapat memunculkan kerutan sebagai tanda penuaan.

Hal ini juga dapat diperparah dengan paparan sinar matahari, kurang tidur, stress dan kebiasaan merokok.

Kerutan dan penuaan dini dapat diatasi dengan penggunaan vitamin C secara rutin dan serum ini dianggap sebagai salah satu antipenuaan dini.

Cara Mengatasi Penuaan Dini untuk Kulit Lebih Kencang dan Elastis!

6. Mengurangi masalah wajah

Masalah pada wajah seperti jerawat, komedo, bintik hitam, hingga iritasi dapat diatasi dengan penggunaan vitamin C secara rutin.

Sifat anti inflamasi dari vitamin C juga membantu sistem imun sehingga melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

7. Aman untuk berbagai jenis kulit

Salah satu kelebihan dari vitamin C adalah sangat aman untuk berbagai tipe kulit mulai dari kulit kering, normal hingga berminyak.

Dengan kandungan dan konsentrasi yang pas, vitamin C dapat mengatasi berbagai masalah pada berbagai tipe kulit wajah.

Bagaimana penggunaan vitamin C yang tepat untuk perawatan wajah?

10 Cara Melembabkan Kulit Wajah yang Kering

Bagaimana cara menggunakan vitamin C untuk wajah

makanan yang mengandung vitamin C

Manfaat vitamin C untuk wajah memang sangat beragam mulai dari masker, pemberish, pelembab, toner hingga serum.

Manfaat ascorbic acid ini jika digunakan secara tepat dengan produk skincare lainnya dapat mengatasi berbagai permasalahan wajah. Berikut tips memakai vitamin C yang dikutip dari berbagai sumber:

Vitamin C dengan tabir surya

Untuk mencegah penuaan dini dan meningkatkan perlindungan terhadap sinar uv, vitamin C dapat digunakan bersama dengan tabir surya minimal SPF 30.

Gabungan kedua bahan bermanfaat ini akan mengurangi berbagai tanda penuaan akibat paparan sinar uv.

Gunakan sebelum pelembab

Untuk memberikan hasil yang bagus, gunakan vitamin C sesudah toner dan berilah cukup waktu sebelum ditimpa oleh pelembab.

Jeda diperlukan selama 5-10 menit agar vitamin C lebih meresap sebelum menggunakan rangkaian produk lainnya. Pijat serum vitamin C dengan lembut agar dapat meresap dengan baik ke dalam kulit.

Gunakan bersama produk gentle

Hindari menggunakan skincare dengan bahan aktif yang keras dan pilihkan yang lembut serta meresap ke kulit. Pembersih yang mengandung bahan aktif tinggi dapat menyebabkan kulit cepat kering dan tidak maksimal bekerja di kulit wajah.

Ketahui karakteristik vitamin C

Selalu pastikan jika serum vitamin C yang kamu miliki masih tetap bagus dan terhindar dari oksidasi. Sifat vitamin C memang mudah oksidasi sehingga menyebabkan serum terlihat coklat atau kuning.

Produk yang berubah bau menjadi asam, berubah warna dna mengalami perubahan lainnya perlu dihindari agar tidak menyebabkan gatal atau iritasi.

Hindari digunakan bersama retinol

Penggunaan vitamin C bersama dengan retinol pada umumnya dapat menyebabkan iritasi sehingga sebaiknya dihindari.

Gunakan vitamin C pada pagi hari dan retinol pada malam hari jika ingin menggunakan kedua bahan aktif dalam skincare ini.

Gabungan vitamin C dengan antioksidan lain

Vitamin C dapat digabung dengan bahan antioksidan lain seperti ferulic acid dan vitamin e. Khasiat dari gabungan bahan ini akan membuat kulit lebih sehat dan lebih sinergis dibandingkan dengan jenis bahan aktif lainnya. 

Manfaat vitamin C untuk wajah memang tidak perlu diragukan lagi. Gunakan sesuai dengan aturan dan kulit akan terlihat cerah terbebas dari segala masalah wajah.

Share artikel ini
Reference