kolagen
Hidup Sehat Perawatan Tubuh

Deretan Manfaat Kolagen untuk Kulit Lebih Cerah dan Awet Muda!

Imelda Rahmawati | April 11, 2022
Share

Menjadi salah satu protein yang dapat menyusun tubuh seseorang, manfaat kolagen sangat baik untuk perempuan. Misalnya, menjaga elastisitas dan kekuatan kulit, menggantikan sel kulit mati, dan mencegah pengeroposan tulang.

Apa saja manfaat kolagen untuk wajah? Yuk, simak beragam manfaatnya di bawah ini!

Kolagen adalah

Kolagen merupakan salah satu jenis protein berserat tidak larut yang paling banyak terdapat di dalam tubuh. Selain berguna untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen memberikan struktur dan kekuatan pada tulang dan jaringan tubuh.

Kolagen bisa dikatakan seperti lem yang mampu merekatkan seluruh bagian tubuh menjadi satu kesatuan. Kolagen bisa ditemukan pada pembuluh darah, kornea mata, serta gigi.

Selain saling menempel, protein ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan jaringan tubuh yang cedera, menguatkan tulang, serta melenturkan tendon dan kulit. Jika kadarnya cukup, kulit menjadi kencang dan kenyal.

Dalam beberapa tahun terakhir, suplemen protein ini menjadi populer karena dapat menjaga kekencangan kulit dan membuat seseorang tampak awet muda. Selain itu, ada banyak jenis kolagen yang bisa dikonsumsi dalam bentuk bubuk atau kapsul.

Apa manfaat kolagen untuk wajah?

Berikut adalah berbagai manfaat kolagen untuk wajah, antara lain:

1. Menghaluskan kulit dan mengurangi keriput

Kolagen mampu menghaluskan kulit dan mengurangi kerutan. Hal ini karena kolagen merupakan komponen penting pada lapisan dermis pada kulit, agar kulit tetap mulus dan tidak keriput. Sehingga kerutan wajah berkurang dan membuat kamu terlihat lebih muda.

2. Meningkatkan elastisitas kulit

Meningkatkan elastisitas kulit juga merupakan salah satu manfaat kolagen bila dikonsumsi secara rutin. Seiring bertambahnya usia, terjadi penurunan jumlah kolagen yang menyebabkan kulit melorot.
Dengan menambahkan kolagen ke dalam rutinitas perawatan kulit kamu, elastisitas kulit dapat ditingkatkan karena kandungan peptida kolagen secara permanen dapat mencegah kendur dan peregangan.

3. Meningkatkan hidrasi kulit

Kolagen dapat meningkatkan hidrasi pada kulit yang membuatnya lembut saat disentuh. Sebuah penelitian telah dilakukan jika protein ini sangat berguna untuk mengatasi kulit kering.

Memang, kulit kering pada awalnya tidak berbahaya, tetapi masalah ini dapat menyebabkan aktivasi eksim, seperti kulit pecah-pecah, peradangan, kemerahan, dan gatal-gatal. Konsumsi kolagen dapat membantu kulit kamu mempertahankan kelembaban.

4. Mengatasi bekas jerawat

Jerawat dapat menyebabkan luka ketika muncul. Padahal, bekas jerawat disebabkan oleh rusaknya kolagen di kulit. Oleh karena itu, mengkonsumsi kolagen dapat bermanfaat untuk memperbaiki jaringan yang dapat menyembuhkan bekas jerawat.

Makanan yang tinggi kolagen

Kolagen adalah sejenis protein yang terdapat di sejumlah area tubuh, mulai dari kulit, otot, tulang, hingga pembuluh darah. Komponen tersebut secara alami bisa didapatkan dari makanan yang banyak mengandung kolagen dan suplemen kolagen.

Hampir semua orang pasti ingin terlihat awet muda. Namun, tidak semuanya bisa menjangkau perawatan kecantikan yang terkadang tidak ramah kantong.

Nah, bagi kamu yang memilih untuk mendapatkan kolagen secara alami, ada beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi. Berikut daftar makanan yang mengandung kolagen tinggi:

1. Ikan

Ikan memiliki jaringan dan tulang ikan yang kaya akan kolagen berkualitas tinggi. Beberapa ahli bahkan percaya bahwa makanan laut (seafood) mengandung kolagen yang lebih mudah dicerna jika dibandingkan dengan kolagen dari sumber lain.

Meski begitu, perlu diingat bahwa kolagen ikan paling banyak terdapat di kepala, bola mata, dan kulit. Jika kamu tidak menyukai bagian tersebut, kamu tetap bisa mendapatkan asupan kolagen dengan mengonsumsi daging dan kulit ikan.

2. Putih telur

Telur secara tidak langsung menjadi makanan yang mengandung kolagen tinggi. Namun, jenis makanan ini kaya akan prolin yang merupakan salah satu bahan baku utama pembuatan kolagen dalam tubuh.

3. Ayam

Salah satu jenis makanan yang mengandung kolagen tinggi adalah daging ayam. Daging ayam merupakan sumber protein dan kolagen bagi tubuh. Tidak semua ayam juga mengandung kolagen yang banyak.

Komponen kolagen paling banyak pada daging ayam bisa kamu dapat di bagian leher, dan tulang yang muda. Memiliki kandungan asam amino, daging ayam juga dibutuhkan untuk produksi kolagen.

4. Jeruk

Manfaat vitamin C yang banyak terdapat pada jeruk dan jenis buah lainnya yang berasa asam sangat berperan penting dalam membantu produksi kolagen dalam tubuh. Jadi, jika kamu tidak ingin kekurangan kolagen, maka kamu harus memenuhi kebutuhan vitamin C harian kamu.

5. Spirulina

Sumber gelatin yang kurang umum dikonsumsi adalah spirulina alga. Ini adalah sumber protein yang baik, yang berarti juga mengandung asam amino.

Makanan lain yang mengandung kolagen

Selain makanan yang disebutkan sebelumnya, ada juga makanan yang mengandung nutrisi penting yang bisa meningkatkan kolagen dalam tubuh kamu.

  • Makanan tinggi vitamin C: jeruk, stroberi, jeruk bali, kol, paprika, brokoli, dan buah kiwi
  • Konsumsi tinggi prolin dan glisin: kacang polong, biji labu, kenari, almond, dan kacang mete
  • Makanan tinggi seng: daging tanpa lemak, tiram, kacang polong, kacang-kacangan, produk kedelai, kacang-kacangan serta biji-bijian, dan buncis

Tips mengonsumsi kolagen

Jika kamu ingin mendapat beragam manfaat kolagen untuk wajah, sebaiknya konsumsi kolagen dengan aman dan sesuai aturan. Berikut adalah tipsnya yang bisa kamu terapkan:

1. Konsultasikan dengan dokter

Beberapa produk kolagen memiliki berbagai efek samping yang berbeda pada tubuh, seperti mual atau pusing. Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum kamu mengonsumsinya. Jika sudah terbukti aman, kamu bisa meminumnya secara rutin.

2. Baca aturan pakai

Sebelum kamu mengonsumsi minuman kolagen, jangan lupa untuk membaca petunjuk penggunaan masing-masing produk. Untuk minuman kolagen dalam bentuk bubuk misalnya, kamu harus berhati-hati dalam membandingkan perbandingan air dengan 1 sachet kolagen.

3. Seimbangkan dengan gaya hidup sehat

Manfaat kolagen untuk wajah akan lebih baik jika di imbangi dengan gaya hidup sehat. Konsumsi minuman kolagen tidak akan terasa maksimal di tubuh kamu, jika tidak mengubah gaya hidup.

Hindari merokok karena dapat menghambat produksi kolagen dalam tubuh dan selalu gunakan tabir surya untuk melindungi kulit kamu. Seimbangkan juga asupan makanan seperti sayuran, berry, dan kacang-kacangan. Terakhir, jangan lupa berolahraga.

Kolagen adalah protein penting yang menyusun berbagai jaringan tubuh kamu. Pola makan yang tepat, gaya hidup sehat, dan penggunaan produk perawatan tertentu dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga kesehatan kulit selalu terjaga.

Reference
Share