kalori soto ayam

Soto ayam mempunyai rasa yang hangat dan gurih. Tak heran jika banyak orang menyukainya. Jika kamu salah satu diantara orang yang senang dengan makanan yang satu ini, kamu perlu tahu berapa jumlah kalori soto ayam. Dengan begitu, kalori harian kamu menjadi lebih terkendali. 

Kalori dalam semangkuk soto ayam

Dilansir dari myfitnesspal, jumlah kalori soto ayam adalah 310 kalori, 42 karbohidrat, 9 gram lemak, dan 13 gram protein. Namun, jumlah kalori dalam soto ayam sendiri juga dipengaruhi oleh bahan yang digunakan dalam semangkuk soto ayam. 

Beda lagi jika kuah soto ayam bening atau menggunakan santan. Jika memakai santan, kamu bisa mengira-ngira jika melihat kalori 100 gram santan adalah 230 kalori. Cukup besar, ya.

Ini Jumlah Kalori Santan, Amankah Untuk Kesehatan?

Bahan yang digunakan dalam soto ayam

Bahan yang digunakan dalam soto ayam

Penggunaan bahan sangat penting dan berpengaruh pada citarasa soto ayam. Namun, apa saja sih bahan yang digunakan untuk membuat soto ayam dan berapa jumlah kalorinya? Berikut daftarnya:

1. Daging ayam

Daging ayam merupakan salah satu bahan utama dalam soto ayam. Kalori daging ayam sendiri bergantung pada bagian daging yang diambil dan seberapa banyak daging. Namun, untuk dada ayam tanpa kulit umumnya memiliki kalori 55 kkal. 

2. Bumbu halus

Bumbu halus akan mempengaruhi cita rasa pada soto ayam. Untuk satu porsi soto ayam menggunakan berbagai bumbu, seperti:

  • 2 siung bawang dengan kalori sekitar 4,32 kkal
  • 2 siung bawang putih dengan kalori sekitar 8,84 kkal
  • 1 butir kemiri dengan kalori sekitar 17,5 kkal
  • 1 ruas kunyit dengan kalori sekitar 9 kkal
  • 1 ruas jahe dengan kalori sekitar 1,6 kkal

3. Minyak goreng

Minyak goreng juga diperlukan untuk menumis berbagai bumbu pada soto ayam. Jika kamu menggunakan minyak goreng kelapa sawit untuk menumis berbagai bumbu yang telah kamu siapkan, maka jumlah kalori minyak goreng sekitar 120 kkal. 

Nantinya, minyak goreng berguna untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan. Tidak perlu terlalu banyak, kamu bisa menggunakan 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu tersebut. 

Selain menggunakan minyak sawit, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun. Untuk kalori satu sendok minyak zaitun adalah 119 kkal sedangkan untuk satu sendok makan minyak kelapa sawit adalah 120 kkal. 

Selain digunakan untuk menumis, minyak goreng juga kerap digunakan ketika menghaluskan bumbu dengan blender. Ini supaya bumbu dapat tergiling dengan lebih sempurna. Namun, jika kamu menghaluskan bumbu dengan menggunakan cobek, maka biasanya tidak perlu minyak. Jadi, jika kamu ingin kalori yang lebih sedikit, kamu dapat menghindari penggunaan minyak berlebih.

4. Telur rebus

telur rebus

Telur rebus merupakan salah satu toping pada soto ayam yang dapat menambah cita rasa hidangan yang satu ini. Penambahan telur pada soto ayam juga dapat meningkatkan jumlah kalori pada soto ayam yang kamu santap. Dalam setiap satu butir telur rebus, umumnya memiliki kalori sekitar 77,5 kkal. 

5. Nasi putih

Penambahan nasi putih pada soto bersifat opsional atau sesuai selera masing-masing orang. Biasanya, nasi putih ditambahkan supaya lebih mengenyangkan. Apalagi, rasa soto ayam sendiri juga sangat cocok dengan nasi putih. 

Setengah cangkir nasi putih memiliki kalori 102 kkal. Jika kamu ingin membatasi jumlah kalori, kamu dapat untuk tidak menambahkan nasi pada soto ayam yang kamu santap. Dengan begitu, jumlah kalori pada satu porsi soto ayam dapat berkurang. 

Resep soto ayam bening sehat

Setelah mengetahui berapa kalori soto ayam, kamu mungkin tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah. Berikut beberapa bahan dan cara membuat soto ayam yang enak untuk kamu coba. 

Bahan:

– 1 ekor ayam kampung, kamu bisa belah menjadi beberapa bagian

– 8 siung bawang merah

– 3 ruas kunyit

– 2 lembar daun jeruk

– 4 siung bawang putih

– 2 butir kemiri

– Gula dan garam secukupnya

– 1 ruas jahe

– Merica

– 2 lembar daun salam

– 1 ruas lengkuas geprek

– 2 batang serai geprek

– Daun bawang

– Bawang goreng untuk dijadikan taburan

Rendahnya Kalori Tahu Cocok untuk Diet, Ini Resep Sehat Memasaknya!

Pelengkap:

– Soun atau bihun

– Ayam yang sudah disuir

– Telur

– Tauge

Cara membuat:

  1. Rebus ayam kampung yang telah disiapkan bersama dengan daun salam, serai, serta daun jeruk hingga ayam menjadi empuk.
  2. Tumis bumbu lalu masukan pada rebusan ayam hingga meresap. Jika sudah, keluarkan ayam, lalu tiriskan.
  3. Masukan soun atau bihun, suwiran ayam, telur, dan tauge pada mangkuk saji. Siram menggunakan kuah soto dan tambahkan bawang goreng dan daun bawang untuk taburan.
Share artikel ini
Reference