manfaat masker madu

Madu merupakan salah satu bahan perawatan kulit alami. Pasalnya, madu mengandung anti inflamasi, antibakteri, serta humektan yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat.

Ini sebabnya, banyak orang menggunakan madu sebagai masker wajah alami setiap hari. Lantas, apa saja manfaat masker madu setiap hari ini? Berikut ulasannya. 

Apakah baik menggunakan masker madu setiap hari

Madu sendiri cukup lembut dan sebagian jenis kulit tidak bermasalah untuk menggunakan madu. Sehingga, masker alami ini aman untuk digunakan setiap hari. Namun, perhatikan, apakah kamu memiliki alergi terhadap produk lebat atau tidak. Jika, memang tidak memiliki alergi, maka bahan alami ini dapat digunakan untuk kulit wajah. 

7 Tips Menghilangkan Kerutan Di Wajah Bikin Tambah Awet Muda

Manfaat masker madu untuk wajah

Manfaat masker madu

Ada berbagai manfaat masker madu setiap hari untuk wajah, berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengatasi kulit berjerawat

Salah satu manfaat paling populer dari madu adalah dapat membantu mengatasi jerawat. Apalagi, madu juga memiliki sifat antibakteri dan antiradang didalamnya. Kedua sifat ini cukup efektif untuk mengatasi jerawat. 

2. Mengatasi psoriasis dan eksim

Guna mengatasi psoriasis atau eksim ringan, madu mungkin dapat membantu untuk mengatasinya. Gunakan madu manuka jika ingin mendapatkan manfaat yang satu ini. Sangat penting memilih madu yang masih mengandung bakteri sehat sehingga manfaatnya terjaga.  Nantinya, madu akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengatasi peradangan hingga kemerahan pada kulit. 

Kamu bisa mencampurkan madu dengan kayu manis yang sudah digiling. Kombinasi ini memiliki kandungan antimikroba dan antioksidan yang kuat. Oleskan pada wajah dan diamkan 8-10 menit. Bilas menggunakan air hangat, kemudian keringkan. 

3. Mencerahkan kulit

Manfaat masker madu setiap hari selanjutnya adalah untuk mencerahkan kulit. Madu memiliki kandungan yang dapat menghilangkan sel kulit mati dan mengatasi kulit yang kusam. Sehingga, kulit menjadi lebih cerah. Gunakan madu manuka pada wajah selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih. 

4. Memudarkan bekas luka

Madu juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada tubuh. Masker madu bahkan dapat memudarkan bekas jerawat, dan telah digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi bekas luka sejak lama. Kamu cukup mengoleskan madu pada area bekas luka setiap hari. 

5. Manfaat masker madu untuk mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas

Salah satu kandungan yang ada di dalam madu adalah antioksidan yang tinggi. Kandungan ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit, bahkan dapat mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Kamu bisa menggunakan madu sebagai masker wajah untuk merawat kesehatan kulit kamu. 

6. Mencegah penuaan dini

Masker madu juga dapat digunakan sebagai bahan eksfoliasi alami untuk wajah. Dengan begitu, sel kulit mati akan terangkat. Sel kulit mati yang dapat terangkat nantinya akan merangsang sel kulit baru yang sehat. Dengan begitu, kulit menjadi terjaga dan mengurangi tanda penuaan diri seperti keriput dan munculnya garis wajah. 

12 Manfaat Air Mawar untuk Wajah, Bisa Awet Muda, Lho!

Berapa kali sebaiknya menggunakan masker madu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menggunakan masker madu pada wajah dapat dilakukan setiap hari. Namun, sebenarnya, penggunaan masker madu dua kali seminggu saja sudah cukup. Selain itu, penggunaan masker madu tidak disarankan dalam waktu lama, kamu bisa membiarkannya selama 10 menit. 

Penggunaan masker madu juga bukan seperti sleeping mask yang bisa dibawa tidur. Ini dapat memberikan efek buruk pada kulit jika digunakan terlalu lama. 

Efek samping dari masker madu untuk wajah 

kandungan skincare untuk kulit berjerawat

Selain memiliki manfaat masker madu setiap hari, penggunaan masker madu juga dapat menimbulkan efek samping. Namun, efek samping ini umumnya tidak dialami oleh banyak orang. Reaksi tersebut dapat berupa alergi. 

Biasanya, reaksi ini lebih berisiko dialami oleh orang yang juga memiliki alergi terhadap:

  • Serbuk sari
  • Seledri
  • Racun lebah

Sebelum menggunakan masker madu pada wajah setiap hari, pastikan untuk melakukan uji produk baru pada area kulit yang tidak terlalu terlihat terlebih dahulu. Ini berguna untuk memastikan apakah kamu memang memiliki atau tidak memiliki alergi pada bahan tersebut. 

Jika kamu menggunakan masker madu di malam hari, pastikan untuk membersihkan madu dari wajah sebelum tidur. Madu yang tertinggal dapat menarik debu dan kotoran lain.

Hal ini dapat memperburuk kondisi kulit, termasuk menyebabkan jerawat yang lebih parah.

Share artikel ini
Reference