Wajah mengalami flek hitam akibat penggunaan KB? Hal tersebut tentu cukup mengganggu penampilan kamu, bukan?

Sama seperti obat pada umumnya, penggunaan KB melalui pil atau suntik juga bisa menimbulkan efek samping, termasuk flek hitam di wajah.

Untungnya, kini sudah banyak cara untuk menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB. 

Penyebab flek hitam

Flek hitam bisa muncul saat kulit memproduksi terlalu banyak melanin, yaitu zat yang memberi warna pada kulit.

Peningkatan produksi zat ini erat kaitannya dengan keberadaan hormon estrogen dan progesteron, dua hormon yang menjadi bahan utama pembuatan kontrasepsi oral atau suntik KB.

Kedua hormon ini juga dapat diproduksi secara alami oleh tubuh dan seringkali meningkat selama masa kehamilan. Itu sebabnya flek hitam sering muncul pada ibu hamil.

Sebelum cari tahu bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB, yuk cari tahu dulu apakah memang benar flek hitam di wajah karena KB bisa hilang!

8 Efek Samping Pil KB Yang Wajib Kamu Ketahui

Apakah flek hitam karena KB bisa hilang? 

cara menghilangkan flek hitam

Kondisi munculnya flek hitam pada wajah wanita hamil sering dikaitkan dengan produksi hormon estrogen dan progesteron.

Faktanya, seorang wanita memiliki risiko lebih tinggi mengalami flek hitam, terutama jika dia mengonsumsi minum pil KB, menjalani terapi penggantian hormon, dan sedang hamil.

Meski terkadang terlihat seperti tahi lalat atau benjolan kecil yang umumnya dikaitkan dengan kanker kulit, flek hitam dianggap tidak berbahaya.

Namun, seperti dilansir Medical News Today, ada beberapa cara alami untuk mengatasi flek hitam akibat KB, di antaranya dengan menggunakan cuka sari apel, susu atau yoghurt, teh hijau, dan lidah buaya

Cara menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB

minum pil kb saat haid

Flek hitam di wajah juga bisa dihilangkan dengan lebih cepat. Tentunya hal ini dilakukan dengan perawatan atau penanganan medis. Jadi, bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan cepat?

1. Pakai sunscreen

Paparan sinar matahari dapat memperburuk flek hitam di wajah. Oleh karena itu, kamu  harus membatasi paparan sinar matahari secara langsung.

Kamu bisa mengoleskan sunscreen ke wajah dan leher setiap hari. Selain itu, kenakan topi dan kacamata saat keluar rumah.

Cobalah untuk tetap berada di tempat teduh saat kamu berada di luar dan hari sedang panas.  Selain itu, pilihlah pakaian yang ringan dan longgar yang dapat melindungi bahu dan dada saat kamu bepergian ke luar rumah.

Bingung Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat? Berikut Tipsnya!

2. Perawatan vitamin C

Ada perawatan yang bisa kamu terapkan pada wajah untuk mencerahkan flek hitam, yaitu perawatan vitamin C.

Penelitian menemukan bahwa vitamin C adalah pengobatan jangka pendek yang efektif untuk flek hitam. Kamu bahkan dapat menemukan serum vitamin C di apotek atau online.

Namun, untuk hasil terbaik, kamu dapat mendiskusikan pengobatannya dengan dokter kulit.

3. Perawatan mikrodermabrasi

Pada beberapa kasus, resep dan obat topikal yang dijual bebas mungkin tidak efektif dalam mengobati flek hitam di wajah.

Karena itu, ada beberapa perawatan lain yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah mikrodermabrasi.

Perawatan ini menggunakan aplikator khusus untuk mengelupas epidermis dengan cara yang tidak kasar. Teknik ini dapat meremajakan kulit dan mengurangi flek hitam di wajah. 

Apa itu Serum Wajah? Cari Tahu Jenis Serum Terbaik yang Tepat!

4. Konsultasi dengan dokter kulit

Jika kamu mengalami flek hitam di wajah, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memeriksanya.

Dokter kulit dapat melihat apa penyebab flek hitam yang kamu alami sehingga kamu bisa mendapatkan pengobatan yang lebih efektif.

Nah, sekarang kamu tidak perlu lagi bertanya-tanya mengapa kamu kerap mengalami flek hitam, terutama saat menjalani program KB.

Ini karena adanya perubahan hormon di tubuh. Jika kamu ingin menghilangkan flek hitam ini, kamu bisa segera menerapkan beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB seperti yang sudah dijelaskan di atas yaa!

Share artikel ini
Reference