Ladies, apakah kamu pernah melakukan burpee sebelumnya? Meskipun terdengar asing dan tidak terkenal seperti jenis olahraga lain, burpee menjadi salah satu olahraga yang cukup menantang dan banyak melatih kelompok otot, lho.

Bagi kamu yang penasaran dan ingin mencoba gerakan burpees, yuk ikuti ulasan dan tips melakukan burpee yang aman dan direkomendasikan untuk wanita.

Apa itu gerakan burpee dalam olahraga?

Gerakan burpees dalam olahraga merupakan gabungan latihan push-up yang diikuti dengan lompatan di udara. Jenis olahraga ini sebetulnya kurang tenar namun ternyata memiliki banyak manfaat untuk melatih kekuatan otot dalam tubuh.

Burpee merupakan olahraga yang cukup melelahkan jika dilakukan berturut-turut namun hasil dari latihan ini sangat sepadan. Bagi kamu yang ingin membangun daya tahan dan kekuatan, meningkatkan kebugaran tubuh dan membakar kalori, maka olahraga burpee sangat tepat untuk kamu jadikan latihan.

Ada beberapa gerakan burpee yang bisa kamu lakukan bersama dengan teman atau pasangan, mulai dari gerakan yang aman sampai variasi gerakan yang menantang.

Apa saja manfaat melakukan gerakan burpees

Untuk kamu yang baru berlatih burpee, ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan, antara lian:

1. Membantu keseimbangan dan koordinasi tubuh

Melakukan latihan push up dan lompat merupakan olahraga yang terbilang berat dan menantang. Serangkaian latihan burpee ini akan membuat koordinasi tubuh dan keseimbangan menjadi meningkat.

2. Meningkatkan kinerja dan kondisi kardiovaskular

Latihan burpee menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kondisi dan kesehatan kardiovaskular.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh akan jauh lebih meningkat dengan banyak melakukan gerakan dan latihan burpee.

4. Menurunka berat badan

Manfaat dari latihan gerakan burpees adalah menurunkan berat badan karena latihan ini membakar kalori lebih banyak dari jenis latihan lainnya.

5. Memperkuat lengan dan paha belakang

Melakukan latihan squat dan push-up secara bersama akan membantu kekuatan lengan dan paha belakang serta dapat meningkatkan kebugaran tubuh sembari membakar lemaknya.

Apakah gerakan burpees aman untuk wanita

Meskipun memiliki manfaat yang besar, gerakan burpee yang berupa lompatan dan kecepatan merupakan gerakan yang menggabungkan semua otot. Jenis olahraga ini mungkin dapat menimbulkan risiko tertentu karena gerakan lebih condong ke arah militer.

Bagi wanita, gerakan ini tentu masih aman, namun tetap diingat bahwa gerakan ini tidak perlu dilakukan sepanjang hari karena dapat berdampak pada posisi pergelangan tangan dan tulang belakang. Pendapat lain mengatakan bahwa jenis olahraga ini bagus untuk dilakukan, namun tidak direkomendasikan untuk lansia.

Lalu bagaimana ya tips aman melakukan burpee untuk wanita?

Tips melakukan gerakan burpees yang aman

Bagaimana cara untuk melakukan gerakan burpee dengan benar? Melakukan gerakan dengan benar akan menghindarkan kamu mengalami cedera. Berikut adalah gerakan burpees yang bisa kamu lakukan:

  1. Pertama, berdiri dengan kaki selebar bahu dan kemudian letakkan tangan di bagian luar kaki.
  2. Setelah meletakkan tangan di tanah, lakukan gerakan lompat ke arah belakang dengan posisi kaki mendarat di jari kaki posisi papan.
  3. Setelah tubuh berada di posisi papan, turunkan tubuh seolah sedang melakukan push-up.
  4. Setelah itu rentangkan tangan kembali ke udara, lakukan gerakan jari-hari kaki dan dorong lutut ke dada sehingga kaki mendarat di dalam tangan.
  5. Rentangkan kaki, melompat ke udara sambil mengangkat tangan ke atas kepala.
  6. Ulangi gerakan dari awal hingga akhir selama beberapa menit.

Untuk kamu yang baru pertama kali melakukan gerakan burpees, kamu tidak perlu melakukannya lebih dari 7 menit. Tetap lakukan latihan dan ulangi gerakan sampai benar agar tubuh terbiasa dan dapat melakukan gerakan lebih banyak dalam setiap menitnya.

Macam macam gerakan burpees

Latihan burpee bisa disebut sebagai salah satu latihan yang menantang. Jika kamu sudah mengetahui cara melakukan burpee standar, kamu juga dapat melakukan penyesuaian agar dapat mengurangi intensitas dalam latihannya. Ada beberapa macam variasi dalam burpee yang bisa kamu lakukan seperti:

  • Melewati gerakan push-up dan lompat. Kamu bisa mulai gerakan dengan dorongan jongkok. Namun setelah itu bukan melakukan push-up dan lompat, kamu bisa melakukan gerakan posisi jongkok dan tending kaki ke belakang dan kemudian kembali ke posisi awal.
  • Melewati gerakan lompat. Setelah melakukan push-up, kamu tidak perlu lompat namun cukup kembali melakukan gerakan pada posisi jongkok.
  • Melewati gerakan push-up. Pada saat otot dada atau bahu belum siap, maka tahan dalam posisi plank selama beberapa detik tanpa gerakan push-up.

Selain itu ada variasi gerakan burpee lain yang bisa kamu lakukan seperti:

  • Burpee box jump. Gerakan burpee dengan bantuan kotak plyo, bangku atau benda padat untuk menopang berat badan.
  • Burpee with a bosu ball. Gerakan burpee dengan menggunakan bola bosu dengan sisi datar yang menghadap ke atas.
  • Burpee with dumbbells. Melakukan burpee dengan bantuan dumbel.

Melakukan gerakan burpees dapat dilatih dengan bertahap dan frekuensi yang bisa kamu sesuaikan dengan kekuatanmu ya, ladies. Tidak perlu memforsir diri untuk melakukan banyak gerakan dalam tempo singkat. Lakukan gerakan secara perlahan dan naikkan intensitas latihan sedikit demi sedikit agar manfaatnya dapat kamu rasakan dengan maksimal.

Share artikel ini
Reference