cara mengecilkan paha
Hidup Sehat

Inilah Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Wajib Kamu Ketahui!

Putri Aprillia | Desember 13, 2021
Share

Ukuran paha dan betis yang besar memang seringkali membuat kebanyakan perempuan merasa kurang percaya diri. Paha dan betis yang besar dianggap dapat mengganggu penampilan para perempuan.Terlebih ketika menggunakan celana jeans atau legging.

Nah, buat kamu sedang mencari cara mengecilkan paha dan betis, pas banget! Di artikel ini akan dibahas secara tuntas bagaimana cara mengecilkan paha dan betis dengan tepat dan tentunya dapat kamu coba secara mandiri. Penasaran bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Penyebab paha dan betis besar

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengecilkan paha dan betis, ada baiknya mengetahui apa saja penyebab paha dan besar besar. Jadi, kamu bisa menjaga bentuk ideal paha dan betis kamu nanti.

Ada beberapa penyebab paha dan betis besar. Berikut ini beberapa faktor penyebabnya:

1. Tumpukan lemak atau kegemukan

Faktor yang paling umum terjadi adalah akibat kelebihan lemak dalam tubuh atau akumulasi jaringan otot yang menyusunnya. Kondisi ini juga biasanya disebabkan oleh pola makan yang sembarangan dan kurang sehat.

2. Keturunan

Selain faktor kegemukan, ternyata paha dan betis yang besar juga bisa disebabkan oleh adanya faktor keturunan. Beberapa perempuan memiliki tendon Achilles yang pendek dan melekat kuat sejak lahir, sehingga bagian paha dan betisnya menjadi besar.

3. Sering menggunakan high heels

Ketika kamu menggunakan heels, beban tubuh akan bertumpu pada tumit. Akibatnya, otot betis akan semakin membesar dan mengeras. Untuk itu, cobalah kurangi pemakaian high heels, apalagi dengan heels yang terlalu tinggi.

Olahraga apa yang dapat mengecilkan paha dan betis?

Untuk mewujudkan paha dan betis yang normal dan sehat kamu dapat mencoba memperkuat bagian kaki. Selain dapat merampingkan betis, hal ini juga dapat menjadi tujuan yang jauh lebih baik daripada hanya sekadar mencapai ukuran kaki yang lebih kecil, karena kaki yang kuat lebih penting daripada hanya sekadar kaki yang ramping.

Nah, berikut ini cara mengecilkan paha dan betis yang bisa kamu coba!

1. Bersepeda

Gerakan bersepeda efektif dapat mengecilkan paha dan betis kamu. Selain dapat mengencangkan otot kaki, bersepeda juga sangat bagus untuk kesehatan jantung. Bersepeda juga cukup efektif untuk menurunkan berat badan secara efektif.

Faktanya, hasil studi pada tahun 2010 menunjukkan adanya penurunan berat badan dan massa lemak pada wanita yang kelebihan berat badan setelah menjalani 24 sesi bersepeda dalam ruangan. Nah, jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk bersepeda di luar ruangan atau terkendala cuaca hujan, kamu bisa berinvestasi sepeda statis untuk dapat bersepeda dalam ruangan.

2. Naik turun tangga

Cara mengecilkan paha dan betis selanjutnya adalah dengan naik turun tangga. Perlu kamu ketahui, bahwa rata-rata, berlari membakar 295 kalori per 30 menit dan 590 kalori per jam pada seseorang dengan berat 154 pon.

Sementara itu, saat kamu melakukan latihan naik turun tangga, kamu meningkatkan penggunaan otot paha dan betis. Naik turun tangga secara berulang akan mengharuskan kamu mengangkat tubuh ke atas dan hal itu memaksa otot-otot kaki kamu untuk mengangkat badan.Jadi, bentuk paha dan betis kamu dapat lebih ramping nantinya.

3. Lompat Tali

Melakukan lompat tali juga menjadi salah satu cara mengecilkan paha dan betis. Dengan gerakan lompat selama 20-30 menit, kamu bisa membakar lemak di area sekitar paha, sehingga membuat paha lebih ramping. Kamu bisa melakukan lompat tali secara rutin dengan dibarengi oleh olahraga lainnya.

Gerakan yang bisa mengecilkan paha

Kamu juga bisa melakukan beberapa jenis gerakan yang bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja berikut ini:

1. Squat

Squat adalah gerakan jongkok menggunakan berat badan kamu sendiri yang bertujuan untuk membakar kalori, memperkuat otot kaki, dan mengencangkan paha. Gerakan ini cukup efektif untuk mengecilkan paha dan otot bagian bawah.

Kamu direkomendasikan memulai dengan 25 squat dan dilakukan dua kali sehari (total 50). Cara melakukan gerakan squat adalah dengan berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu lalu posisikan kedua tangan ke depan. Turunkan badan seperti jongkok setengah badan, lalu tahan selama kurang lebih 15 detik.

2. Lunges

Selain Squat kamu juga bisa melakukan gerakan lunges. Gerakan ini akan memperkuat otot paha, sehingga mampu merampingkan paha dan betis. Cara melakukan lunges juga sangat mudah. Pertama berdiri lah tegak, lalu letakkan satu kaki ke depan, sambil meletakkan lutut kaki yang satunya hingga menyentuh lantai. Ulangi gerakan ini selama 10 kali bergantian dengan kaki yang satunya.

3. Fire Hydrant

Gerakan selanjutnya adalah fire hydrant. Gerakan ini dapat mengencangkan otot paha bagian dalam. Cara melakukan gerakan ini sangat mudah. Posisikan diri seperti merangkak, lalu angkat satu kaki dan luruskan ke belakang. Kamu bisa melakukan gerakan ini berulang kali selama 15 kali.

Diet untuk mengecilkan paha dan betis

Agar memiliki ukuran paha dan betis yang kamu inginkan, kamu juga dapat menerapkan beberapa aturan diet berikut ini:

  1. Makanlah lebih banyak protein. Kandungan makanan yang kaya akan protein bagus untuk mempertahankan tonus otot, kamu bisa mendapatkannya dari ikan dan ayam
  2. Tambahkan porsi buah dan sayuran setiap hari. Buah-buahan dan sayuran member mu serat makanan yang berlimpah sehingga dapat membantu mengurangi jumlah lemak yang disimpan tubuh.
  3. Minumlah banyak air. Air tidak hanya membantu membuang akumulasi racun dalam tubuh kamu, tetapi juga membuat tetap terhidrasi. Biasanya, minum segelas air atau minuman rendah kalori lainnya setiap kali makan dan di antara setiap kali makan. Kamu juga harus minum air sebelum, selama, dan setelah berolahraga.
  4. Hindari makanan tinggi lemak dan manis. Makanan seperti kue, es krim, kue, dan coklat tidak hanya penuh dengan kalori yang tidak memberimu energi, tetapi justru hanya akan menjadi lemak yang menumpuk di bagian paha dan betis.
  5. Hindari makanan yang terlalu asin. Jenis makanan ini akan membuat kulitmu kering dan kurang terhidrasi. Contohnya termasuk kacang, keripik kentang, popcorn, dan sebagian besar makanan yang menggunakan microwave.
Reference
Share