Olahraga mengecilkan lengan

Ada masalah umum yang dihadapi oleh banyak orang, yaitu lemak yang menumpuk di lengan. Seseorang bisa saja memiliki tubuh dengan berat yang normal, namun juga memiliki lengan yang penuh lemak di saat yang bersamaan. Tentu saja, hal ini bisa mempengaruhi penampilan.

Tapi, tenang saja, ada olahraga mengecilkan lengan yang bisa kamu lakukan. Bahkan, kamu bisa melakukannya di rumah menggunakan barang-barang yang tersedia. Lantas, bagaimana cara melakukan gerakan olahraga untuk mengecilkan lengan? Yuk, kita ulas dalam artikel berikut ini.

Kondisi lemak di lengan

Lengan yang berlemak disebabkan oleh akumulasi lemak yang berlebih. Kondisi menumpuknya lemak pada lengan juga dapat disebabkan oleh pertambahan umur. Pada usia 20-an, badan kita akan menyimpan lebih banyak lemak. Bahkan, jumlah lemak yang menumpuk bisa lebih banyak dari otot. Sehingga, lengan menjadi tidak kencang.

Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi karena tingkat metabolisme yang menurun. Karena tingkat metabolisme menurun, pembakaran kalori menjadi lebih sedikit. Selain itu, hal ini juga dapat timbul karena kurangnya aktivitas fisik dan tidak melakukan olahraga secara rutin.

Olahraga mengecilkan lengan

Olahraga mengecilkan lengan akan berfokus pada kondisi otot bisep dan trisep kamu. Olahraga ini bertujuan untuk mengencangkan dan memberi kekuatan kepada otot bisep dan trisep. Selain itu, olahraga ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengeluaran kalori yang mendorong penurunan berat badan.

Olahraga ini tidak memerlukan alat khusus. Siapa saja dari segala usia dapat melakukannya. Bahkan, kamu bisa melakukannya di rumah. Berdasarkan American Council on Exercise, menggabungkan kardio, latihan kekuatan, dan diet sehat merupakan cara yang efektif untuk mengurangi lemak tubuh, termasuk lengan. Latihan ini dapat membantumu meningkatkan detak jantung dan memperkuat lengan.

Gerakan olahraga mengecilkan lengan

Ada beberapa gerakan olahraga untuk mengecilkan lengan agar langsing dan kencang, yakni:

Angkat beban

Latihan angkat beban bisa mengurangi lemak di lengan. Selain itu, latihan ini juga bisa mengurangi lemak di perut. Jadi, selain mengecilkan lengan, olahraga ini dapat mengecilkan perut. Untuk melakukan latihan ini, kamu harus memiliki barang yang bisa dijadikan beban. Misalnya, kamu bisa menggunakan botol minuman yang berisi 2 liter air. Kamu juga bisa menggunakan sepasang dumbell. Pastikan kamu tidak menggunakan barang yang mudah pecah.

Push up

Latihan tanpa peralatan yang bermanfaat untuk perut dan lengan adalah push up. Dengan melakukan latihan ini, lengan akan menjadi kencang dan otot menjadi kuat. Melakukan push up normal terkadang sulit untuk menjaga keseimbangan. Untuk proses awal, kamu bisa melakukan push up yang menyeimbangkan tangan dan lutut, bukan tangan dan kaki. Jika sudah terbiasa, kamu bisa beralih ke push up yang normal.

Single arm lateral raise

Olahraga mengecilkan lengan ini bisa mengencangkan lengan dan membantu menghilangkan lemak di lengan dengan cepat. Latihan ini juga efektif dalam memperkuat otot inti. Mulailah dari posisi push up dengan lutut dan tangan diletakkan di bawah bahu, sambil memegang botol air 600 mililiter atau beban serupa di tangan kiri.

Angkat tubuh kamu sampai tangan kanan benar-benar lurus dan lengan kiri terangkat sejajar dengan lantai. Tahan posisi ini selama beberapa saat, usahakan tubuh tetap stabil. Perlahan-lahan turunkan tubuh ke posisi awal. Ulangi latihan ini dengan mengalihkan bebannya ke lengan kanan.

Biceps curl

Latihan ini efektif dalam mengecilkan lengan. Mulailah latihan ini dengan posisi berdiri dan kaki dibuka selebar pinggul. Ambil beban untuk kedua tangan, letakkan lengan di samping dan telapak tangan menghadap ke bawah. Buang nafas, tekuk siku, dan angkat beban ke arah bahu. Pastikan lengan atas stabil dan bahu rileks. Setelah beberapa saat, turunkan beban ke posisi awal. Saat melakukan gerakan ini, jangan terburu-buru dan lakukan secara perlahan.

Isometric biceps hold

Latihan isometrik ini dapat memperkuat lengan dan menghilangkan lemak pada lengan. Untuk melakukan latihan ini, mulailah dengan berdiri dan kaki dibuka selebar pinggul. Ambil beban untuk masing-masing tangan. Jagalah agar lengan tetap dekat dengan tubuh, punggung dalam keadaan lurus, dan tekuk lutut pada sudut 90 derajat. Kemudian, turunkan tangan kembali.

Tips mengecilkan lengan dengan sehat

Selain melakukan olahraga untuk mengecilkan lengan, kamu juga harus menyesuaikan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Supaya hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, ikutilah beberapa tips berikut ini.

Menghitung kalori

Penurunan berat badan disebabkan karena pembakaran lebih banyak kalori. Apabila kamu ingin mengecilkan dan mengencangkan lengan, kamu perlu melakukan defisit kalori yang memadai dengan olahraga dan diet. Namun, perlu diingat untuk tidak mengurangi asupan kalori secara drastis karena dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Kamu bisa menetapkan target untuk mengurangi 500-1.000 kalori setiap hari.

Minum cukup air

Pastikan kamu menjaga tubuh terhidrasi setiap saat. Minum air putih yang cukup dapat menurunkan berat badan. Orang dewasa umumnya harus minum sekitar 8 gelas air per hari. Selain minum air putih yang cukup, kamu perlu mengurangi minum minuman yang manis dan alkohol.

Sarapan

Batasi asupan makanan yang tidak sehat, tingkatkan konsumsi makanan yang rendah kalori namun kaya nutrisi, seperti sayuran dan buah. Pastikan sarapan kamu kaya akan kandungan protein. Kandungan protein bisa memperpanjang rasa kenyang dan meningkatkan pertumbuhan otot.

Gunakan piring yang kecil

Makan makanan menggunakan piring kecil akan membantu kamu mengurangi porsi. Menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu kamu agar tidak makan secara berlebihan.

Hindari camilan yang tidak sehat

Apakah kamu gemar makan keripik dan kerupuk? Jika kamu ingin mengecilkan lengan, sebaiknya ganti dengan alternatif yang lebih sehat, misalnya mengonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, salad, smoothie, dan yoghurt yang rendah kalori.

Share artikel ini
Reference