eksfoliasi untuk kulit berjerawat

Eksfoliasi untuk kulit berjerawat memang cukup membingungkan, karena produk yang dipilih harus lebih hati-hati dibanding jenis kulit lainnya. Jika salah pilih produk mungkin wajah kamu akan langsung mengalami perih atau memperparah jerawat.

Manfaat eksfoliasi wajah

Melakukan eksfoliasi wajah tidak hanya membuat wajah menjadi bersih, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan.

1. Membersihkan pori-pori

Dengan eksfoliasi wajah, maka kulit mati dan kering akan terangkat dan terbersihkan bersama dengan kotoran lainnya. Sehingga bisa mencegah masuknya kotoran ke pori-pori kulit yang dapat menyebabkan penyumbatan dan menimbulkan komedo.

2. Mencegah jerawat

Sama halnya dengan mencegah penyumbatan pori-pori, eksfoliasi kulit wajah juga dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Sangat penting untuk memilih produk eksfoliasi yang tepat untuk jenis kulit kamu supaya tidak menimbulkan masalah kulit wajah lainnya.

pil KB untuk jerawat

3. Membantu produk perawatan kulit bekerja lebih efektif

Ketika pori-pori kulit tidak tersumbat dan permukaan kulit menjadi halus, maka produk perawatan kulit lainnya akan lebih mudah menyerap dan bisa bekerja lebih efektif. Pengelupasan kotoran kulit membantu serum, pelembab dan produk lainnya menembus lebih dalam.

4. Meratakan warna kulit

Produk eksfoliasi mampu memecah kulit kering dan sel kulit mati sambil menghaluskan tekstur kulit. Sehingga pada penggunaan dengan jangka waktu yang panjang, warna kulit menjadi lebih rata.

5. Meningkatkan pergantian sel

Melakukan eksfoliasi dengan rajin juga memberikan manfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Karena pergantian sel mati dan kering dengan sel yang baru akan lebih cepat, sehingga kulit wajah akan lebih segar dan bersinar.

Baca juga:

Bahan untuk eksfoliasi wajah kulit berjerawat

Produk eksfoliasi kimiawi yang efektif yaitu yang mengandung asam tertentu untuk mengangkat sel-sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat dan memperbaiki tekstur serta meratakan warna kulit, berikut komposisi eksfoliasi yang dapat bekerja efektif.

  • Jika kamu memiliki jenis kulit yang mudah berjerawat dan banyak komedo, sebaiknya gunakan produk eksfoliasi yang mengandung retinoid.
  • Sedangkan untuk kandungan asam yang bagus untuk jenis kulit berjerawat adalah BHA. Karena bisa membuka sumbatan minyak pada pori-pori yang menyebabkan jerawat. Selain itu, BHA juga mencegah inflamasi dan komedolitik.

Dalam beberapa penelitian dijelaskan bahwa produk dengan kandungan retinoid memiliki peran yang cukup penting dalam manajemen jerawat, karena terbukti dapat mengurangi lesi yang terlihat dan menghambat perkembangan noda baru.

7 Fungsi Retinol untuk Wajah, Bolehkah Dipakai Bersama Vitamin C?

Cara eksfoliasi alami untuk kulit berjerawat

Jika kamu ingin mencoba melakukan eksfoliasi tanpa bahan kimia yang aman untuk kulit, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami yang mudah didapat dan terjangkau, berikut bahan eksfoliasi alami untuk kulit berminyak dan berjerawat:

Kulit jeruk dan yoghurt

Jeruk merupakan buah yang kaya dengan kandungan vitamin C dan cocok dikombinasikan dengan yoghurt sebagai bahan perawatan kulit. Probiotik yang terkandung dalam bahan tersebut secara langsung menargetkan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi minyak pada kulit.

Caranya yaitu dengan mengambil bagian kulit jeruk maserasi dan yoghurt kemudian aduk hingga rata. Kemudian oleskan pada wajah dan bilas menggunakan air hangat supaya memberikan kesan rileks pada kulit.

Apakah Aman Minum Yogurt saat Haid?

Madu, lemon, dan soda kue

Selanjutnya yaitu madu, lemon dan soda kue yang memiliki sifat astringent untuk mengangkat berbagai kotoran pada wajah yang menyumbat pori-pori. Madu sendiri berfungsi sebagai humektan alami yang mempertahankan kelembaban kulit.

Caranya yaitu, tambahkan soda kue ke dalam campuran lemon dan madu kemudian gunakan sebagai pembersih alami yang dapat menetralkan produksi sebum berlebih. Oleskan pada wajah sambil pijat perlahan, kemudian cuci dengan air dingin.

Mentimun tumbuk

Menggunakan mentimun sebagai eksfoliasi memberikan manfaat untuk mencegah adanya kotoran pada pori-pori dan mengencangkan kulit wajah serta menghilangkan produksi sebum dan bakteri pada wajah penyebab jerawat.

Mentimun juga mengandung vitamin C yang dapat membantu menjaga kesimbangan minyak kulit. Caranya yaitu dengan memotong mentimun segar, kemudian tumbuk atau di blender dan oleskan pada wajah, diamkan dan setelahnya gosok-gosok sebelum dibilas.

Eksfoliasi untuk kulit berjerawat sangat penting dilakukan terlebih kamu harus berhati-hati untuk memilih kandungannya. Untuk jerawat yang parah dan sulit diatasi segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Share artikel ini
Reference