cara menghilangkan bau badan

Setiap manusia memiliki bau atau aroma badan yang khas. Aroma ini normalnya tidak mengganggu dan akan cukup kuat pada beberapa orang. Kalau minder dengan bau badan yang cukup kuat, kamu bisa melakukan tips berikut ini. Bagaimana cara menghilangkan bau badan? Yuk, simak caranya!

Berbagai penyebab bau badan

Ternyata ada beragam penyebab bau badan yang perlu kamu ketahui, mulai karena kondisi medis hingga kebiasaan tertentu. Sebelum mengetahui cara menghilangkan bau badan, berikut berbagai penyebab yang perlu kamu ketahui!

1. Bromhidrosis

Bromhidrosis adalah kondisi medis yang menyebabkan bau badan yang ekstrem. Ini terjadi ketika bakteri yang berada di kulit memecah keringat dan menghasilkan aroma tak normal yang menyerupai belerang atau bawang. 

2. Hiperhidrosis

Hiperhidrosis menyebabkan tubuh kita berkeringat lebih dari biasanya. Sebenarnya keadaan hiperhidrosis tidak menyebabkan bau, tapi keringat yang berlebih bisa bercampur dengan bakteri hingga menciptakan bau badan yang menyengat. 

3. Diabetes

Berhati-hatilah jika kamu tiba-tiba mengalami bau badan yang ekstrem. Ini bisa jadi tanda awal kamu menderita diabetes. Kondisi ini terjadi karena adanya infeksi saluran kemih terkait diabetes (ISK) dan kadar glukosa darah yang tinggi sehingga dapat meningkatkan bau badan. 

4. Kelainan tiroid

Kelenjar tiroid mengatur banyak fungsi tubuh, termasuk respons keringat. Ketika kamu memiliki hipertiroid (kondisi tiroid yang terlalu aktif), tubuh akan menghasilkan keringat yang berlebihan, bahkan jika kamu tidak sedang melakukan banyak aktivitas. 

5. Gagal ginjal dan gangguan hati

Ginjal dan hati membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Ketika dua organ ini tidak dapat berfungsi dengan baik, racun dapat menumpuk di dalam darah dan saluran pencernaan hingga menimbulkan bau. 

6. Kelainan hormon

Fluktuasi hormon dapat menyebabkan keringat berlebih dan bau badan. Biasanya perubahan hormon akan terjadi pada remaja, ibu hamil, dan wanita perimenopause atau menopause.

7. Kelebihan berat badan dan obesitas

Lipatan kulit pada tubuh bagi orang-orang yang berat badannya berlebih dan obesitas dapat menahan keringat dan bakteri. Ini akan menciptakan rumah yang ideal untuk bakteri berkembang dan menimbulkan bau badan.

8. Mengonsumsi makanan pedas 

Ternyata aroma makanan pedas bisa masuk ke kelenjar keringat dan membuat bau badan semakin parah lho, Yoonies. 

9. Stres

Stres menyebabkan kelenjar apokrin atau menyebabkan bau keringat bekerja lebih ekstra. Saat kamu merasa tubuh lebih berbau, bisa jadi ini adalah tanda bahwa kamu sedang stres.

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Darah Haid Bau Busuk

Cara menghilangkan bau badan secara efektif

mandi adalah cara menghilangkan bau badan yang efektif

Jika penyebab bau badan bukanlah kondisi medis, kamu bisa melakukan langkah-langkah ini. Berikut cara menghilangkan bau badan secara mudah yang bisa kamu lakukan:

1. Jaga kebersihan tubuh 

Mandi setidaknya dua kali sehari akan menghilangkan keringat dan beberapa bakteri yang menempel di kulit. Keringat pada dasarnya tidak berbau. Namun, ketika bakteri yang hidup di kulit bercampur dengan keringat, maka akan berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan bau yang cukup menyengat.

2. Gunakan sabun antibakteri saat mandi

Mandi dengan sabun antibakteri akan membantu menghilangkan bakteri dengan lebih efektif. Kandungan antibakteri pada sabun akan menekan pertumbuhan bakteri yang menghasilkan bau tidak sedap terutama bagian-bagian lipatan pada tubuh.

3. Keringkan badan dengan handuk bersih

Setelah mandi, keringkan badan secara menyeluruh. Saat kulit kamu kering, bakteri penyebab bau badan akan lebih sulit berkembang biak sehingga mencegah bau badan.

4. Gunakan antiperspiran 

Antiperspiran adalah cairan yang membantu menahan keringat. Namun, saat menggunakan antiperspiran, perhatikan petunjuk pemakaian sesuai kondisimu. Kamu mungkin disarankan menggunakan antiperspiran setiap hari atau 2 hari sekali.

5. Jaga kebersihan pakaian 

Ganti pakaian sesering mungkin saat kamu sedang banyak berkeringat. Menggunakan pakaian kering yang bersih membantu mengurangi bau badan.

Selain itu, pastikan juga kamu mengganti kaus kaki, terutama jika kamu adalah orang yang gampang berkeringat pada bagian kaki. Untuk mencegah bau, kamu bisa menggunakan bubuk deodoran pada sepatu, sering-seringlah mengganti sol dalam, dan gunakan sandal yang terbuka.

6. Kurangi makanan atau minuman penyebab bau badan 

Apa yang kamu makan akan memengaruhi bau badan, lho. Jenis makanan yang cenderung membuat kamu lebih banyak berkeringat, yaitu cabai atau makanan pedas lainnya. Aroma makanan, seperti bawang merah atau bawang putih juga memengaruhi aroma keringat. 

Bau Tak Sedap, Begini Tips agar Vagina Wangi yang Perlu Diketahui!

Itulah beberapa cara menghilangkan bau badan dan penyebabnya. Jika kamu sudah menerapkan hidup bersih dan mengonsumsi makanan yang sehat, tetapi bau badan tak juga hilang, lebih baik kamu konsultasikan dengan dokter. Bisa jadi ini tanda awal penyakit tertentu.


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini