rekomendasi makanan halal korea

Siapa yang akan menolak untuk berlibur ke Korea Selatan? Pasti semua orang ingin setidaknya satu kali berkunjung ke Negeri Ginseng dan mencoba makanan halal Korea. Tapi, terkadang pelancong muslim selalu khawatir akan makanan halal yang tersedia di negeri tujuan.

Namun tenang saja, kamu yang beragama Islam masih bisa menikmati liburan menyenangkan di Korea Selatan, dengan berbagai jenis kuliner halal. Kamu juga bisa menjadikan makanan Korea sebagai menu buka puasa, agar tidak bosan dengan menu yang ada.

Mengenal berbagai makanan halal di Korea

Ketika kamu melakukan perjalanan ke Korea Selatan, kamu bisa mencari beberapa jenis makanan di bawah ini untuk referensi kuliner halal. Memang cukup sulit menemukan menu halal di negara dengan minoritas Islam. Berikut beberapa referensi makanan halalnya:

1. Chicken (ayam)

Chicken atau dalam bahasa korea cikin, adalah ayam goreng tepung dengan bumbu merah khas Korea. Biasanya makanan ini bisa kamu santap bersama dengan acar lobak kuning, sebagai penyeimbang rasanya.

2. Samgyetang

Samgyetang adalah makanan khas Korea Selatan berupa sup ayam dengan tambahan ginseng. Sup ini terdiri dari ayam dan rempah-rempah korea lainnya dengan api kecil selama 2-3 jam hingga empuk.

3. Bulgogi

Bulgogi merupakan daging sapi yang dipotong tipis kemudian dipanggang atau ditumis. Terkadang berdampingan dengan sup kuah yang lezat, bulgogi ini menjadi banyak pilihan para turis asing di Korea Selatan.

4. Mul naengmyeon

Jika kamu sudah bosan mengkonsumsi nasi, mul naengmyeon mungkin akan cocok dengan selera kamu. Makanan ini adalah mi dengan kuah yang dingin dan menjadi primadona saat musim panas.

5. Dakgalbi

Dakgalbi adalah jenis makanan khas korea berupa daging ayam berbumbu dan sayuran tumis dengan saus gochujang. Saus gochujang merupakan saus yang terkenal dan sering digunakan oleh orang Korea dalam segala jenis masakan.

6. Kimchi bokkeumbap

Masakan ini adalah sejenis nasi goreng yang dibuat dengan campuran kimchi khas korea. Kimchi bokkeumbap ini sangat cocok dikonsumsi ketika kamu merasa rindu dengan makanan Indonesia, karena rasanya cukup mirip dengan nasi goreng Indonesia.

7. Doenjang-jjigae

Masakan ini merupakan makanan khas korea yang dibuat dengan bahan utama sayuran, tahu dengan kuah dari pasta kedelai fermentasi. Rasanya sangat unik dan menjadi favorit banyak turis dan orang Korea sendiri, loh.

Makanan halal di korea

Jika kamu sedang melakukan travelling ke Korea Selatan, mungkin kamu akan terkejut ada banyak restoran halal yang tersedia di Seoul. Berikut ada beberapa rekomendasi restoran yang bisa kamu coba kunjungi ketika di Seoul.

Eid Halal Korean Food

Restoran ini merupakan restoran yang menyediakan berbagai makanan halal. Menu yang recommended adalah Bulgogi dengan harga 10.000 won. Kamu sudah bisa mendapatkan makanan halal yang mengenyangkan!

Ada paket lengkap bulgogi dengan nasi dan tambahan sup miso. Kamu bisa mencampurkannya atau memakannya secara terpisah sesuai selera, restoran ini patut kamu coba kunjungi.

Yang Good

Ini adalah restoran BBQ yang menyediakan daging halal. “Yang” merupakan bahasa korea dari domba, jadi restoran ini menyediakan daging domba yang lezat. Selain itu, mereka tidak akan menyajikan minuman beralkohol pada pengunjung muslim.

Halal Kitchen

Restoran ini berada di sekitar Istana Gyeongbokgung, sehingga dekat dengan tempat wisata. Kamu bisa coba mengunjunginya ketika lapar, restoran ini berada di gang dan menyajikan berbagai jenis makanan khas Korea yang halal.

Ide menu buka puasa dengan makanan halal korea

Selain makanan utama, kamu juga bisa menemukan berbagai menu side dish halal di Korea yang bisa jadi ide menu buka puasa. Berikut beberapa rekomendasinya:

1. Buseot bokkeum

Makanan ini merupakan lauk atau banchan berupa tumis jamur tiram, shiitake atau jamur kancing. Cara masaknya sangat mudah, berbagai jenis jamur disatukan dan ditumis secara bersamaan dengan bawang putih dan bawang bombay.

2. Namul

Namul merupakan lauk pauk khas korea yang terdiri dari berbagai sayuran daun hijau. Makanan ini biasanya sebagai pelengkap hidangan utama seperti daging dalam bentuk mentahan.

3. Japchae

Japchae merupakan makanan korea yang terdiri dari mi dan sayuran yang ditumis menggunakan bumbu kecap dan gula. Rasanya yang cukup manis memberikan keseimbangan rasa bersama lauk pauk lainnya.

Tips mengonsumsi makanan korea

Ketika mencari makanan halal di Korea Selatan, agar aman sebaiknya kamu mencari restoran yang sudah memiliki label halal. Dengan begitu kamu bisa menikmati makanan dengan tenang dan yakin, bahkan boleh juga mencoba mukbang seperti food influencer.

Beberapa restoran di Korea bahkan memiliki juru masak muslim dan menggunakan berbagai bahan-bahan halal yang berkualitas. Para pelanggan muslim dapat makan dengan nyaman dan aman.

da berbagai macam menu makanan halal khas Korea Selatan yang bisa kamu coba. Tak perlu khawatir ketika kamu berkunjung ke Korea Selatan, karena kamu masih tetap bisa menikmati makanan khasnya.

Share artikel ini
Reference