manfaat kacang panjang

Manfaat kacang panjang seringkali terlupakan dan disepelekan, padahal sayuran yang satu ini punya segudang khasiat terutama untuk reproduksi wanita. Banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesuburan, kehamilan, hingga menyusui.

Berbeda dengan buncis, kacang panjang memiliki ukuran yang lebih panjang hingga 30-120 cm. Teksturnya pun lebih keriput sebagai penanda bahwa kacang sudah siap panen. Kacang panjang hanya tumbuh di daerah dengan hujan curah tinggi, sehingga penelitian dari negara barat masih belum banyak dilakukan.

Kandungan nutrisi kacang panjang

Terdapat banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh dalam kacang panjang. Berikut adalah rincian nutrisi dalam 100 gram kacang panjang:

  • Air: 87,5 gram
  • Kalori: 47 kkal
  • Protein: 2,53 gram
  • Karbohidrat: 9,18 gram
  • Kalsium: 44 mg
  • Zat besi: 0,98 gram
  • Zinc: 0,36 mg
  • Mangan: 0,201 mg
  • Magnesium: 42 mg
  • Fosfor: 57 mg
  • Kalium: 290 mg
  • Natrium: 4 mg
  • Selenium: 1,5 mcg
  • Vitamin C: 16,2 mg
  • Vitamin B3: 0,63 mg
  • Folat: 45 mcg
  • Vitamin A: 23 mcg

Manfaat kacang panjang untuk ibu hamil

Kacang panjang

Kacang panjang ternyata mengandung folat yang cukup tinggi, nutrisi ini sangat baik bagi ibu hamil dan tumbuh kembang janin. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari kacang panjang untuk ibu hamil:

  1. Membantu perkembangan janin

Kandungan vitamin A dan folat dalam kacang panjang mampu membantu perkembangan organ dalam janin seperti mata, tulang, pernafasan, hingga sistem saraf pusat.

  1. Menyeimbangkan tekanan darah

Keseimbangan tekanan darah saat hamil menjadi faktor kesehatan yang sangat penting. Nutrisi kalium pada kacang panjang bisa membantu keseimbangan tersebut. Ibu hamil dengan darah tinggi beresiko terkena preeklamsia.

  1. Mengembalikan energi

Saat hamil, energi dalam tubuh terasa terkuras begitu cepat sehingga mudah lelah. Mengonsumsi kacang panjang dengan karbohidrat seperti nasi dapat mengatasi masalah tersebut.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kacang panjang juga mengandung kalsium yang cukup tinggi untuk menjaga tulang dan gigi ibu hamil. Beberapa ibu hamil mungkin akan mengalami penurunan kekuatan tulang dan gigi saat hamil. Selain mengonsumsi susu, kacang panjang juga bisa membantu mengatasi kondisi tersebut.

  1. Mengatasi sembelit

Masalah lain yang sering dialami ibu hamil yaitu sembelih, karena metabolisme tubuh yang menjadi lambat. Mengonsumsi kacang panjang yang kaya akan serat dapat membantu pencernaan menjadi lebih lancar.

Manfaat kacang panjang untuk ibu menyusui

Tidak hanya saat hamil, mengonsumsi kacang panjang juga akan sangat membantu kelancaran ASI pada ibu menyusui. Kacang panjang mengandung zat steroid inhalasi, yang memberikan efek hormonal sehingga memicu produksi ASI. 

Daun kacangnya juga asam amino, vitamin B dan C, zat besi, dan fosfor yang berperan penting untuk melembutkan ASI. Semakin lancar produksi ASI dalam tubuh ibu, semakin banyak juga manfaat kesehatan yang akan didapat oleh bayi baru lahir.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian juga menunjukan bahwa kacang panjang bisa memperbesar payudara. Cara ini bisa kamu lakukan jika sudah selesai masa menyusui dan merasa payudara mulai mengendur. 

Kandungan yang berperan adalah fitoestrogen yang merupakan salah satu jenis flavonoid. Zat ini dapat merangsang sel-sel epitel di payudara sehingga membuatnya membesar. 

Manfaat kacang panjang untuk reproduksi wanita 

Penelitian juga menunjukan manfaat kacang panjang bagi reproduksi wanita, karena nutrisinya yang sangat kaya. Ada dua manfaat utama yaitu:

Meningkatkan kesuburan

Mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi diyakini dapat meningkatkan kesuburan wanita di usia reproduksi. Kamu bisa mendapatkan zat besi ini salah satunya dari kacang panjang, akan lebih bagus lagi jika dibarengi dengan konsumsi vitamin C yang cukup.

Meredakan nyeri haid

Kandungan mineral seperti kalsium dan magnesium terdapat pada kacang panjang. Kedua kandungan tersebut diyakini dapat meredakan nyeri haid atau dismenore. Namun perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

Kacang panjang menjadi sayuran yang sangat mudah ditemukan. Manfaatnya juga sangat kaya sehingga kamu bisa merasakan banyak khasiat hanya dari satu porsi kacang panjang.

Kombinasikan kacang panjang dengan masakan lezat dan bernutrisi lainnya, sehingga kamu akan mendapat semakin banyak khasiat kesehatan.

Share artikel ini
Reference