obat memperlancar haid

Portrait beautiful young asian woman with drink water and pill on red background

Obat untuk melancarkan haid merupakan salah satu bentuk obat yang aman digunakan, jika dalam pengawasan dokter. Pilihan obat ini juga beberapa terdapat di apotek dan bisa terjual bebas. Namun, konsumsi obat ini tetap harus diawasi dan jangan berlebihan.

Ingin tahu lebih lanjut tentang obat ini dan apa efek sampingnya? Baca terus, ya!

Jenis-jenis obat untuk melancarkan haid

Obat lain yang mungkin bisa diresepkan dokter untuk kamu adalah lutein dan medroxyprogesterone. Kedua obat ini sebenarya digunakan untuk mengobati penyakit, karena itu jangan mengonsumsinya secara asal.

Lutein

Salah satu metode untuk menginduksi menstruasi adalah dengan meminum obat tertentu yang dijual dengan resep dokter, yang dikenal sebagai lutein.

Dokter biasanya meresepkannya untuk mengobati amenore sekunder.Namun, itu tidak digunakan untuk membuat menstruasi datang beberapa hari lebih awal.

Lutein digunakan ketika seorang wanita menderita gangguan menstruasi karena tingkat progesteron yang rendah. Lutein dapat diberikan dalam bentuk tablet oral atau intravaginal.

Obat ini dapat dikonsumsi selama 5 sampai 7 hari (ini membuat tingkat progesteron tubuh naik). Setelah waktu ini, ketika kamu menghentkan penggunaan lutein dan tingkat progesteron turun, haid akan terjadi.

haid 2 hari bulan depan positif hamil

Medroxyprogesterone

Medroxyprogesterone digunakan untuk mengobati haid yang tidak normal atau pendarahan vagina yang tidak teratur.

Obat ini juga digunakan untuk mengembalikan siklus menstruasi yang normal pada wanita yang pernah mengalami menstruasi secara normal di masa lalu tetapi belum menstruasi selama minimal 6 bulan dan yang tidak hamil atau sedang mengalami menopause.

Selain itu, juga digunakan untuk mencegah pertumbuhan berlebih dari lapisan rahim dan dapat menurunkan risiko kanker rahim pada pasien yang memiliki estrogen berlebihan.

Obat ini berada dalam kelas obat yang disebut progestin. Ia bekerja dengan menghentikan pertumbuhan lapisan rahim dan menyebabkan rahim memproduksi hormon tertentu.

Medroxyprogesterone hadir sebagai tablet. Biasanya diminum sekali sehari pada hari-hari tertentu dari siklus bulanan reguler. Terus minum medroksiprogesteron sesuai jadwal bulanan kamu bahkan jika kamu merasa sehat. Jangan berhenti minum medroksiprogesteron tanpa berbicara dengan dokter.

Efek samping obat untuk melancarkan haid

Efek samping dari obat melancarkan haid berbeda, tergantung jenis obat yang digunakan. Misalnya saja, penggunaan medroxyprogesterone dapat menyebabkan efek samping berikut:

  1. Jerawat
  2. kesulitan tidur atau tetap tertidur
  3. kantuk
  4. payudara yang lembut atau menghasilkan cairan
  5. perubahan aliran menstruasi
  6. perdarahan vagina tidak teratur atau bercak
  7. pertumbuhan rambut di wajah
  8. rambut rontok di kulit kepala
  9. sakit perut
  10. penambahan atau penurunan berat badan

Efek lain secara umum yang akan kamu dapatkan dari penggunaan obat pengatur haid adalah perubahan hormon dalam tubuh.

Perubahan ini nantinya akan memengaruhi tubuhmu secara keseluruhan, bisa dalam bentuk yang kecil seperti sakit perut, timbul jerawat, menurun/meningkatnya hasrat seks, dan lainnya.

Karena itu lebih baik konsultasikan dengan dokter perihal keinginan untuk mengatur pola haid. Dengan begitu, kamu bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Makanan melancarkan haid secara alami

Cara lain untuk melancarkan haid adalah mengonsumsi makanan-makanan secara alami. Yuk, simak apa saja makanan yang bisa jadi pilihan pelancar haid secara alami.

Jahe

Manfaat Jahe Merah untuk Wanita

Jahe adalah obat tradisional untuk menginduksi menstruasi dan diyakini menyebabkan kontraksi rahim.

Dalam ulasan 2016, para peneliti menentukan bahwa jahe mungkin efektif dalam mengobati perdarahan menstruasi yang berat dan nyeri menstruasi.

Nanas

Nanas adalah sumber yang kaya bromelain, enzim yang diyakini mempengaruhi estrogen dan hormon lainnya.

Sebuah studi 2017 menunjukkan bromelain dapat membantu mengurangi peradangan. Ini berarti dapat membantu penyebab menstruasi tidak teratur yang berhubungan dengan peradangan.

Kunyit

Kunyit adalah makanan tradisional lain yang diyakini bisa melancarkan haid. Rempah ini bekerja dengan mempengaruhi kadar estrogen dan progesteron.

Ada banyak cara untuk memasukkan kunyit ke dalam menu makan kamu. Kamu dapat menambahkannya ke kari, nasi, atau hidangan sayuran.

Peterseli

Peterseli mengandung vitamin C tingkat tinggi serta apiol, yang dapat membantu merangsang kontraksi rahim.

Kamu bisa membuat teh peterseli dengan mudah. Cukup tuangkan secangkir air mendidih di atas beberapa sendok makan peterseli segar dan biarkan meresap selama sekitar 5 menit sebelum kamu minum.

Share artikel ini
Reference