pelancar haid alami

Pelancar haid alami menjadi pilihan yang tepat jika kamu tidak ingin mengonsumsi obat-obatan. Ada beberapa cara alami untuk melancarkan kembali siklus menstruasi, tentunya tanpa efek samping. Meskipun belum ada penelitian mengenai keampuhan bahan alami untuk memperlancar haid, tapi tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba.

Haid tidak teratur dapat disebabkan oleh banyak hal seperti stress, kelelahan, obesitas, atau mengonsumsi obat-obatan tertentu. Kondisi-kondisi tersebut dapat mempengaruhi hormone estrogen dan progesteron sehingga jadwal menstruasi ikut terpengaruh.

Kondisi haid tidak lancar pada wanita

Kondisi siklus menstruasi yang tidak lancar sangat umum terjadi pada wanita remaja sampai dewasa. Ini perlu diwaspadai yaitu ketika kamu terlalu sering mengalami mens yang sangat panjang atau pendek, dengan siklus berubah setiap bulannya. Biasanya hal ini disebabkan oleh masalah kesehatan.

Dokter menganggap seseorang mengalami menstruasi yang tidak teratur jika siklusnya lebih lama dari 38 hari, atau saat durasi setiap siklus bervariasi lebih dari 7-9 hari. Berikut adalah beberapa penyebab haid tidak lancar:

  • Kehamilan
  • Menyusui
  • Sindrom ovarium polikistik
  • Stres
  • Perimenopause
  • Hormon tiroid
  • Fibroid rahim
  • Endometriosis
  • Kekurangan berat badan
  • Terlalu sering olahraga

Macam macam bahan pelancar haid alami

Memilih bahan alami sebagai obat pelancar haid menjadi pilihan yang tepat. Karena sangat minim efek samping yang akan ditimbulkan. Bahan-bahan yang diperlukan juga sangat mudah ditemui di dapur, kamu bisa membuatnya dengan mudah. Berikut macam-macam bahan pelancar haid alami:

Kayu manis

Kayu manis bekerja sangat baik dalam hal masalah menstruasi, bahkan membantu dalam mengobati PCOS atau gangguan hormon pada ovarium. Bahan alami ini membantu dalam mengatur siklus mens dan juga mengurangi rasa sakit yang disebabkan selama mens.

Jahe

Jahe membantu meredakan gejala PMS dan mengatur siklus menstruasi. Disarankan untuk mulai mengonsumsi jahe tujuh hari sebelum tanggal mens agar mendapatkan hasil terbaik. Jahe juga membantu mengurangi jumlah darah yang hilang selama menstruasi.

Nanas

Nanas menjadi obat rumahan yang bagus untuk menstruasi yang tidak teratur. Buah ini mengandung bromelain, enzim yang melembutkan lapisan rahim dan membantu mengatur menstruasi. Sifat anti-inflamasi nanas membantu meringankan nyeri haid.

Cuka sari apel

Minum cuka sari apel membantu mengatur siklus menstruasi dan mengobati PCOS. Pastikan untuk mengonsumsi cuka sari apel hanya setelah diencerkan.

Kunyit

Rempah kuning ini sangat populer sebagai obat alami untuk berbagai penyakit, termasuk untuk memperlancar siklus haid. Kunyit diyakini memiliki fungsi yang mirip dengan hormon estrogen, sehingga mampu memperlancar menstruasi.

Cara kerja bahan pelancar haid alami

Bahan alami pelancar haid bekerja dengan cara mempengaruhi kerja hormon menstruasi. Salah satunya bahan kayu manis yang membantu mengatur kadar insulin dalam tubuh, pengaturan kadar insulin dapat membantu memperlancar siklus haid yang tidak teratur.

Selain bekerja langsung pada hormon, kebanyakan bahan alami bersifat anti-inflamasi sehingga dapat meredakan nyeri yang dialami saat haid. Kamu hanya perlu memilih salah satu bahan alami yang dirasa cocok, lalu konsumsi secukupnya secara rutin.

Apakah bahan pelancar haid alami efektif?

Efektivitas bahan alami sebagai obat pelancar haid masih belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Sampai sekarang belum ada penelitian yang dilakukan untuk membuktikannya. Namun bisa dipastikan, bahan alami minim efek samping daripada obat kimia.

Pastikan kamu tidak memiliki alergi pada bahan yang akan dikonsumsi. Berbeda dengan obat kimia, semua bahan alami perlu proses yang lebih lama untuk menunjukan hasilnya. Kamu harus sabar dan rutin mengonsumsi ramuan alami jika ingin mendapatkan hasilnya.

Tips menjaga haid tetap lancar

Menjaga haid tetap lancar sebenarnya tidak sulit, selama kamu tidak memiliki penyakit tertentu. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga siklus haid:

  1. Pastikan berat badan selalu ideal, tidak kekurangan atau kelebihan
  2. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis
  3. Penuhi kebutuhan karbohidrat harian
  4. Hindari stress berlebihan
  5. Selalu masukan sayur ke dalam menu makanan
  6. Konsumsi inositol atau vitamin B8, yang terkandung dalam biji-bijian dan kacang-kacangan

Mencatat tanggal haid setiap bulan menjadi hal penting, kamu bisa memantau apakah siklus haid normal, terlalu pendek, atau terlalu panjang. Siklus haid yang normal yaitu terjadi setiap 23-35 hari. Jika haidmu terjadi di luar siklus secara terus menerus, maka bisa dikategorikan haid tidak lancar.

Share artikel ini
Reference