cara melancarkan haid setelah suntik kb 3 bulan

KB suntik merupakan salah satu cara untuk dapat mencegah kehamilan. Terdapat alat kontrasepsi hormonal atau KB dan contohnya adalah KB suntik 3 bulan. Terkadang KB suntik 3 bulan ini menjadi pilihan yang umum dilakukan untuk dapat mencegah kehamilan.

Namun ada beberapa efek yang bisa dirasakan wanita setelah menggunakan KB suntik, yaitu jadwal datang bulan menjadi kacau dan tidak lancar. Apa penyebabnya? Yuk simak agar bisa kamu mengetahui cara melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan dengan mudah.

Apa pengaruh suntik KB terhadap siklus haid?

Berkaitan dengan pencegahan kehamilan, KB suntik memang menjadi cara yang mudah untuk dilakukan karena tidak perlu banyak mengonsumsi pil dan waktu untuk melakukan suntik relative lama yaitu 3 bulan sekali. Namun ada pengaruh KB suntik yang bisa dirasakan oleh para wanita yang menggunakan alat kontrasepsi atau KB hormonal ini.

KB suntik 3 bulan mengandung hormon yang bernama progestin. Di mana hormon ini mencegah ovarium untuk melepas sel telur. Dalam kondisi tersebut, sperma tidak dapat bertemu dengan sel telur yang akan menyebabkan kehamilan. Hormon progestin ini akan membantu mengentalkan lendir serviks sehingga sel telur akan sulit dicapai oleh sperma di dalam rahim.

Kenapa siklus haid tidak lancar setelah suntik KB?

Proses perubahan siklus menstruasi ini memang dipengaruhi oleh KB suntik yang dilakukan setiap 3 bulan sekali ini. Wanita dapat mengalami haid yang tidak teratur dan bakan tidak akan mengalami menstruasi sama sekali. Hal ini memang wajar terjadi karena aktivitas suntik hormonal.

Pada beberapa orang, KB suntik menjadi cara untuk menyelesaikan masalah siklus menstruasi dan dilansir dari laman Planned Parenthood, KB suntik dapat membantu meringankan PMS dan nyeri haid menjadi ringan.

Jika suntik KB berhenti, maka efek samping pada tubuh akan kembali seperti semula, salah satunya menstruasi kembali lancar jika kekacauan memang disebabkan karena KB suntik. Dibutuhkan 6-10 bulan untuk kembali melancarkan siklus setelah dilakukan suntik KB terakhir, bisa lebih lambat atau cepat.

Cara melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan

Mengembalikan hormon bekerja seperti semula setelah melakukan suntik KB memang dibutuhkan waktu yang lama 6-10 bulan. Ada beberapa wanita yang kembali mempunyai siklus yang normal setelah berhenti suntik, namun ada juga yang harus menempuh waktu yang lama agar siklus kembali normal.

Beberapa cara melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan agar siklus kembali normal seperti sebagai berikut:

1. Jaga berat badan

Haid yang tidak teratur dapat terjadi karena kelebihan berat badan. Lemak stress menghasilkan hormone estrogen sehingga siklus haid menjadi tidak teratur. Kelebihan berat badan ini juga dapat terjadi setelah suntik KB 3 bulan sehingga perhatikan dan waspadai jika berat badan mulai naik.

2. Mengontrol stres

Kembalikan siklus tubuh yang normal dengan menghindari stresss dan penyebabnya. Lakukan meditasi untuk menenangkan diri dan juga hobi agar stress dapat berkurang.

3. Tidur dan istirahat cukup

Tidur dan istirahat yang cukup dapat mengembalikan siklus haid yang berantakan akibat suntik KB 3 bulan. Saat tubuh sudah cukup dalam memperoleh energi, maka tubuh bisa beradaptasi kembali dengan siklus yang normal.

4. Ganti alat kontrasepsi

Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter jika KB suntik membuat perubahan besar pada siklus menstruasi. Dokter mungkin dapat memberikan jenis kontrasepsi hormonal lainnya yang dapat membantu mengontrol hormon wanita serta dapat memperbaiki ovulasi dan menstruasi.

5. Makan dengan gizi lengkap seimbang

Makan makanan dengan gizi seimbang setelah melakukan suntik KB 3 bulan sehingga siklus akan kembali normal. Perbanyak makan omega-3 dan protein bermanfaat lainnya.

6. Mencari penyebab penyakit

Siklus yang berantakan bisa terjadi karena disebabkan penyakit lain sehingga perlu pemeriksaan dengan dokter terlebih dahulu. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan haid tidak lancar seperti fibroid rahim, endometriosis, masalah tiroid, mengonsumsi obat, pcos dan sebagainya.

7. Rutin olahraga

Dengan rutin olahraga, berat badan menjadi ideal dan lebih segar sehingga bisa menghindari obesitas sebagai penyebab haid tidak teratur. Olahraga juga dapat mengurangi nyeri haid agar tidak lebih sakit dari biasanya.

Bagaimana tips menjaga kesehatan siklus haid ala rumahan?

Tips menjaga kesehatan siklus haid setelah suntik KB

Banyak wanita yang mengalami haid tidak teratur meskipun setelah atau tanpa KB suntik. Tidak perlu panik karena kamu dapat melakukan beberapa tips berikut ini agar dapat melancarkan kembali jadwal datang bulan yang kacau. Berikut caranya:

  • Melakukan yoga secara teratur dengan durasi 35-40 menit selama 5 hari per minggu untuk menyeimbangkan hormon dan membantu mengatasi masalah menstruasi.
  • Atur diet dan jaga pola makan agar dapat mengatasi siklus yang berantakan.
  • Latihan rutin dan olahraga ringan dapat membantu menyesuaikan jadwal menstruasi menjadi lebih teratur. Latihan jogging atau jalan sehat bisa kamu lakukan setiap hari.
  • Konsumsi minuman jahe. Jahe juga dapat meredakan nyeri dan dapat digunakan sebagai suplemen akibat jumlah darah yang hilang selama menstruasi.
  • Penuhi asupan vitamin harian. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin b dan d untuk haid menjadi lebih normal.
  • Makan nanas. Nanas dapat mengatasi siklus haid yang berantakan karena mengandung bromelain yaitu enzim yang dapat melunakkan rahim sehingga siklus haid menjadi teratur.

Cara melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan tentunya bukan suatu hal yang mudah dan membutuhkan waktu yang lama. Tetap lakukan cara-cara alami mengembalikan siklus haid yang normal dan konsultasikan dengan dokter agar bisa mendapatkan saran dan rekomendasi yang tepat ya, ladies!

Share artikel ini
Reference