kalori salad buah

Selain menyegarkan, buah memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, jika kamu bosan mengkonsumsi buah secara langsung, kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai minuman dan makanan, salah satunya adalah salad buah yang lezat. Namun, jangan lupa untuk perhatikan jumlah kalori salad buah, ya. 

Berapa kalori salad buah

Meskipun dibuat dari bahan-bahan yang menyehatkan, namun jangan sampai lengah dengan jumlah kalori yang ada pada salad buah. Tapi sebenarnya, berapa sih jumlah kalorinya? 

Dalam setiap 200 gram salad buah mengandung 74 kalori, o,4 gram lemak, 15 gram karbohidrat, 2,6 gram serat, 1,4 gram protein. 

Dengan mengetahui jumlah kalori yang ada pada salad buah, kamu bisa menentukan porsi yang tepat untuk kamu sesuaikan dengan jumlah kalori yang kamu butuhkan setiap harinya.

Berapa Kalori Buah Mangga? Ternyata Baik untuk Diet!

Apakah salad buah cocok untuk diet

Mengkonsumsi buah memang sangat direkomendasikan untuk orang yang tengah menjalani program diet penurunan berat badan. Pasalnya, buah mengandung serat tinggi yang baik untuk diet. Sehingga, kamu bisa merasa kenyang lebih lama dan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh pun menjadi lebih terkontrol.

Namun, bagaimana dengan salad buah? Apakah makanan ini cocok untuk diet. Sebenarnya, salad buah bisa menjadi salah satu alternatif untuk kamu yang bosan makan buah secara langsung.

Apalagi, salah buah menggunakan beberapa campuran buah sehingga nutrisinya pun menjadi lebih lengkap. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuat atau menyantap salad buah. 

Beberapa bahan yang ada pada salad buah justru bisa bikin gemuk jika kamu menggunakannya terlalu banyak. 

Berikut beberapa bahan yang perlu kamu minimalisir dalam salad buah sehat kamu.

1. Keju

Keju memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tubuh. Namun, perlu diingat bahwa keju juga mengandung lemak jenuh dan kalori yang cukup tinggi. 

Keju sendiri digunakan sebagai topping pada salad buah. Rasanya yang asin dan gurih juga dapat menambah cita rasa salad yang kamu makan. Namun, jangan sampai menambahkan keju terlalu banyak dalam salad buah mu, ya!

2. Cream cheese

Sebagian orang juga senang menambahkan cream cheese pada salad buah yang mereka buat. Cream cheese dapat menambahkan rasa dan menjadikan salad buah menjadi lebih creamy sehingga lebih enak untuk dikonsumsi. 

Namun, kamu juga perlu ingat bahwa kalori dan lemak jenuh pada cream cheese juga cukup tinggi. Jika kamu ingin menambahkannya pada salad buah, pastikan untuk menambahkannya sedikit saja. 

Yogurt Rendah Lemak, Asupan Bernutrisi untuk Diet

3. Mayones

Dibanding dengan salad dressing, penggunaan mayones kerap dirasa kurang sehat. Ini karena jumlah kalorinya yang juga cukup tinggi. dalam setiap satu sendok mayonaise mengandung 90 kalori, dan sodium yang tinggi. Sehingga kalori salad buah menjadi lebih tinggi. 

4. Buah kalengan

Jika kamu ingin membuat salad buah yang sehat untuk diet, sebaiknya hindari penggunaan buah kalengan. Pasalnya, buah kalengan umumnya diberikan tambahan gula yang bisa bikin gemuk. 

Sebaiknya, hindari menggunakan buah kalengan dan pilih buah asli dengan cita rasa manis dan menyegarkan sehingga kamu tidak perlu lagi menambahkan gula pada salad buah yang kamu buat. Jadi, jika kamu ingin kalori salad buah tidak terlalu tinggi dan gak bikin gendut, hindari menggunakan buah kalengan, deh. 

5. Susu kental manis

Jika kamu tipe orang yang senang menambahkan susu kental manis pada salad buah, sebaiknya hindari penggunaan susu kental manis tersebut atau jangan gunakan terlalu banyak. Susu kental manis memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Bahkan, dalam setiap satu sendok makan susu kental manis mengandung 3 gram gula.

Jadi, jika ingin membuat salad buah yang sehat untuk diet, pastikan untuk memperhatikan bahan-bahan yang kamu gunakan, ya. 

Cara membuat salad buah sederhana

Cara membuat salad buah sederhana

Selain menyehatkan, ternyata membuat salad buah cukup mudah, loh. Berikut cara membuat salad buah sederhana yang cocok untuk diet. 

Bahan:

  • Potongan mangga, stroberi, jeruk mandarin, dan buah lain sesuai selera
  • Perasan jeruk lemon secukupnya
  • 100 gram yoghurt

Cara Membuat: 

  • Masukan potongan berbagai buah dalam mangkuk
  • Campurkan perasan lemon dan yogurt. Jika terlalu asam, kamu bisa tambahkan sedikit sirup atau gula. 
  • Dinginkan dressing dan buah yang telah dipotong sebelumnya pada kulkas sampai dingin.
  • Campurkan potongan buah segar dengan dressing yang telah dibuat tadi. Makan selagi masih dingin supaya rasanya lebih enak dan segar.
Share artikel ini
Reference