cara menghitung defisit kalori

Apakah kamu sudah tahu cara menghitung defisit kalori? Untuk menjaga berat badan yang sehat, kamu perlu menyeimbangkan jumlah kalori yang kamu konsumsi melalui makanan dan minuman dengan jumlah kalori yang kamu bakar melalui aktivitas fisik.

Lalu, apa itu kalori? Kalori adalah ukuran berapa banyak energi yang terkandung dalam makanan atau minuman. 

Berapa kalori yang dibutuhkan?

Umumnya, asupan kalori harian yang disarankan adalah 2.000 kalori sehari untuk wanita dan 2.500 untuk pria. Jumlah energi yang kamu butuhkan akan tergantung pada:

  • gaya hidup– misalnya, seberapa aktif kamu
  • ukuran tubuh – tinggi dan berat badan kamu dapat memengaruhi seberapa cepat kamu menggunakan energi
  • usia– misalnya, anak-anak dan remaja yang sedang tumbuh mungkin membutuhkan lebih banyak energi

Faktor lain juga dapat memengaruhi seberapa banyak energi yang kamu bakar. Sebagai contoh:

  • beberapa hormon – seperti hormon tiroid
  • beberapa obat – seperti glukokortikoid, sejenis steroid yang digunakan untuk mengobati peradangan

Penyakit tertentu juga pastinya akan memengaruhi energi yang kamu butuhkan. Untuk itu, pastikan kamu melakukan pemeriksaan secara mandiri minimal sekali dalam enam bulan bila tubuh dalam keadaan sehat-sehat saja. Ingat, mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Cara Menghitung Kalori Makanan Agar Diet Berhasil, Ini Dia Langkahnya

Cara menghitung defisit kalori harian

Untuk mengetahui apakah kamu memiliki berat badan yang sehat, gunakan kalkulator BMI. Beberapa penghitung BMI online dapat menilai berat badan dan tingkat kebugaran kamu saat ini, bersama dengan fitur program penurunan berat badan.

BMI online juga membantu memetakan berapa banyak kalori yang perlu kamu konsumsi untuk menurunkan berat badan selama periode waktu yang kamu tentukan.

Yang tak ketinggalan, beberapa kalkulator memberi tahu kamu berapa banyak kalori yang harus dipertahankan setelah kamu mencapai berat badan tujuan untuk membantu mempertahankannya.

Dengan dokter atau ahli gizi 

Setiap praktisi memiliki pendekatan yang sedikit berbeda. Bahkan beberapa praktisi akan menggunakan pendekatan dengan pengujian metabolisme, seperti mengukur berapa banyak kalori yang kamu bakar saat istirahat (seperti ketika kamu sedang duduk), untuk mencoba mendapatkan angka yang akurat.

Dengan rumus

Ada beberapa rumus untuk membantu kamu menghitung kebutuhan kalori, tetapi sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menyebut bahwa Mifflin-St-Jeor sangat akurat.

Persamaan itu menghitung tingkat metabolisme basal (BMR), yang merupakan jumlah minimum kalori yang dibakar tubuh kamu saat istirahat.

  • Untuk wanita, Mifflin-St. Jeor adalah: BMR = (10 x berat dalam kg) + (6,25 x tinggi dalam cm) – (5 x usia dalam tahun) – 161.

Jadi, persamaan BMR untuk, seorang wanita berusia 25 tahun dengan tinggi 160 cm dan berat 65 kg adalah sebagai berikut: BMR= (10 x 65) + (6,25 x160) – (5 x 25) -161 = 1.364 kalori

Persamaan Harris Benedict sering digunakan untuk perbandingan. Persamaan tersebut adalah: BMR = 655,1 + (9,563 x berat dalam kg) + (1,850 x tinggi dalam cm) – ( 4,676 x umur dalam tahun).

  • Untuk wanita seberat 65 kg yang sama, BMR menggunakan persamaan Harris Benedict adalah: BMR= 655,1 + (9,563 x 65) + (1,850 x 160) – ( 4,676 x 25) = 1.455 kalori

Hasilnya sedikit berbeda tergantung pada formula yang kamu gunakan. Ini juga masih perkiraan, karena begitu banyak faktor yang mempengaruhi penurunan berat badan.

Share artikel ini
Reference