Manfaat minuman kolagen

Selain sering dijumpai dalam produk skincare, kolagen juga bisa ditemukan dalam produk minuman. Minuman kolagen dirancang untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Mengonsumsi minuman ini dipercaya dapat mendatangkan berbagai manfaat, terutama untuk kulit.

Nah, artikel ini akan membahas apa itu kolagen, manfaat, dan efek samping dari mengonsumsi minuman tersebut. Simak terus sampai selesai, ya.

Apa itu kolagen?

Kolagen adalah protein yang jumlahnya paling melimpah dalam tubuh. Senyawa ini dapat membantu pembentukan beberapa bagian tubuh, seperti ligamen, otot, kulit, dan tendon. Fungsi kolagen adalah untuk memberikan struktur pada kulit dan memperkuat tulang.

Kolagen diproduksi secara alami di dalam tubuh. Namun, seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen menjadi berkurang. Oleh karena itu, banyak orang yang mengatasinya dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen. Suplemen ini biasanya berbentuk bubuk, kapsul, atau cair.

Apa itu minuman kolagen?

Minuman kolagen adalah minuman yang mengandung protein kolagen yang dihidrolisis atau dipecah menjadi blok-blok yang lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Mengonsumsi minuman ini dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut, kulit, kuku, dan sendi.

Pada umumnya, sumber kolagen dari produk suplemen adalah jaringan daging sapi. Kolagen yang berasal dari sumber ini mudah diserap oleh tubuh, karena mirip seperti kolagen yang diproduksi oleh tubuh manusia.

Manfaat minuman kolagen

Karena membantu pembentukan banyak bagian penting dari tubuh kita, kolagen dapat menjaga kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat minuman kolagen.

Menjaga kesehatan kulit

Salah satu komponen utama kulit adalah kolagen. Kolagen dapat memberikan hidrasi pada kulit dan menjaga elastisitas kulit. Minuman ini dapat memperlambat penuaan kulit dengan mengurangi kerutan dan mengatasi kulit kering. Dilansir dari Health Line, mengonsumsi 3 hingga 10 gram kolagen per hari selama 69 hari dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Mengatasi nyeri sendi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum suplemen kolagen dapat mengatasi gejala yang diakibatkan osteoartritis dan mengurangi nyeri sendi. Mengonsumsi sekitar 10 gram kolagen setiap hari selama 24 minggu dapat mengatasi nyeri sendi dan sendi yang kaku.

Mencegah osteoporosis

Di dalam tulang, terdapat kolagen yang dapat memberikan kekuatan dan struktur pada tulang. Sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi minuman kolagen dapat menghambat kerusakan tulang penyebab osteoporosis.

Meningkatkan massa otot

Sebagai protein yang melimpah dalam tubuh, kolagen adalah komponen penting dari otot rangka. Sebuah studi mengenai massa otot membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi kolagen mendapatkan lebih banyak massa dan kekuatan otot dibandingkan yang tidak mengonsumsinya.

Menjaga kesehatan jantung

Para peneliti telah mengungkapkan bahwa suplemen kolagen bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Jika kekurangan kolagen, arteri bisa menjadi kurang fleksibel dan elastis. Hal ini dapat mengakibatkan penyempitan arteri penyebab serangan jantung dan stroke.

Menjaga kesehatan rambut

Dalam sebuah penelitian, sebuah kelompok yang terdiri atas beberapa wanita dengan rambut yang menipis saat mengonsumsi suplemen kolagen setiap hari. Hasilnya, rambut mereka menjadi lebih tebal.

Menjaga kesehatan kuku

Beberapa orang memiliki kuku yang mudah patah dan tidak tumbuh dengan cepat. Berdasarkan situs Web MD, sebuah studi menemukan bahwa sekelompok wanita yang mengonsumsi kolagen setiap hari mengalami pertumbuhan kuku yang lebih cepat.

Efek samping minum kolagen

Di samping memiliki banyak manfaat untuk tubuh, minuman kolagen tetap memiliki beberapa efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin muncul, misalnya:

  • Reaksi alergi terhadap bahan-bahan minuman kolagen
  • Mual dan kembung
  • Sakit perut
  • Perasaan kenyang

Maka dari itu, bicarakan dengan dokter setiap kali minum suplemen kolagen untuk memastikan keamanannya. Konsumsi kolagen sesuai dengan instruksi dokter dan petunjuk yang ada pada produk.

Jika seseorang mengalami pembengkakan di wajah, mulut, dan tenggorokan setelah mengonsumsi kolagen, segeralah cari bantuan medis. Apabila seseorang mengalami gejala lainnya setelah mengonsumsi kolagen, berhentilah untuk mengonsumsinya dan segera konsultasikan dengan dokter.

Waktu terbaik minum kolagen

Minum kolagen bisa dilakukan kapan saja, baik itu pagi, sore, atau sebelum tidur. Ada yang mengklaim bahwa minum ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari saat perut kosong sehingga dapat diserap dengan lebih baik oleh tubuh. Ada pula yang mengklaim bahwa mengonsumsinya saat siang hari dapat membantu agar kamu tetap merasa kenyang.

Yang lainnya percaya bahwa mengonsumsi kolagen sebaiknya dilakukan pada malam hari untuk membantu proses pemulihan tubuh. Kunci dari minum kolagen adalah menemukan waktu yang dapat dijadikan rutinitas sehari-hari kamu. Jadi, jika kamu merasa nyaman meminumnya saat pagi hari, tidak masalah asalkan kamu melakukannya dengan rutin setiap pagi.

Makanan dan minuman yang mengandung kolagen

Makanan yang mengandung kolagen adalah kaldu tulang. Karena kolagen dapat ditemukan dalam jaringan ikat hewan, makanan seperti daging sapi, kulit ayam, dan ikan juga merupakan sumber kolagen. Makanan dan minuman yang mengandung kolagen, antara lain:

  • Daging sapi
  • Daging ayam
  • Telur
  • Susu
  • Kaldu tulang
  • Rumput laut
  • Ikan kod
  • Ikan salmon
  • Kerang dan tiram
  • Jus alpukat

Agar proses sintesis kolagen berjalan dengan baik, diperlukan vitamin C. Jadi, selain mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kolagen, kamu perlu makan makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, brokoli, dan paprika.

Suplemen kolagen dikaitkan dengan beberapa manfaat bagi kesehatan. Meskipun ada beberapa makanan yang juga mengandung kolagen, tidak diketahui apakah makanan ini menawarkan manfaat yang sama seperti suplemen.

Share artikel ini
Reference