kalori donat meses

Kalori donat meses tinggi karena kandungan tepung, minyak, dan setumpuk gula. Ditambah toping meses, maka donat terkadang menjadi musuh para pejuang diet sehat.

Jangankan dengan toping meses, donat polos tanpa topping saja sudah mengandung kalori yang cukup tinggi. Tapi, benarkah kamu harus bermusuhan dengan donat agar tetap sehat? Tentu tidak, ada pilihan donat rendah kalori dan olahraga untuk membakar kalori donat loh!

Kalori donat meses

Kalori donat meses
Kalori donat

Donat kaya akan karbohidrat, tetapi bukan karbohidrat yang sehat. Donat juga mengandung natrium, gula, dan lemak trans yang tinggi, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, konsumsilah secukupnya.

Apakah Kalori Mayonaise Aman Untuk Diet? Yuk Simak Faktanya

Berikut jumlah kalori donat meses dan fakta nutrisi lainnya:

  • Kalori 270 Kcal
  • Lemak Total 12 gram
  • Lemak Jenuh 5 gram
  • Lemak Trans 0 gram
  • Kolesterol 0 mg
  • Sodium 290 mg
  • Total Karbohidrat 36 g
  • Serat Makanan 1 g
  • Gula 15 g
  • Protein 4 g

Jenis donat untuk diet

jenis donat
Jenis Donat

Jika kamu sedang melakukan diet sehat tapi sangat ingin makan donat, jangan khawatir karena ada beberapa pilihan donat yang bisa kamu pilih tanpa harus menghancurkan rangkaian dietmu selama ini. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Donat kayu manis/oatmeal

Dibuat dari gandum, donat ini dipanggang dan tidak digoreng sehingga menjadi donat sehat yang sempurna! Donat kayu manis ini hanya mengandung 55 kalori per donat atau 65 kalori per donat dengan lapisan gula. 

  • Donat mini

Sesuai dengan namanya, donat mini ini pastinya lebih kecil daripada ukuran donat biasa. Tapi kalorinya juga cukup kecil, yaitu sekitar 59 kalori dalam donat mini tawar tanpa topping apapun. Bukan ide yang buruk untuk mencicipi secuil donat ini kan?

Jangan berharap donat di pasaran mengandung sedikit kalori, karena donat polosnya saja sudah memuat sekitar 260 kalori. Jika kurang puas dengan pilihan donat tersebut, kamu mungkin bisa membuat donat sendiri agar kalorinya lebih jelas. Agar rendah kalori, kamu harus mengurangi margarin, ragi, dan gula.

Lezat Dan Sedang Viral, Kira-Kira Berapa Kalori Kopi Susu?

Jenis olahraga untuk bakar kalori donat

Selama kamu tidak menghabiskan sekotak donat isi 12 buah sendirian, masih ada kabar baik bahwa beberapa donat yang kamu makan tidak akan menjadi penghancur rangkaian dietmu. Berikut adalah beberapa jenis olahraga untuk bakar kalori donat yang terlanjur kamu makan, diurutkan dari olahraga yang paling ringan hingga cukup berat:

  1. Menari santai. Untuk kamu yang masih mager, beberapa gerakan menari santai selama 30 menit ternyata bisa bakar kalori kamu hingga 112 kkal loh. Jumlah ini lebih baik daripada kamu tidak gerak sama sekali.
  2. Berjalan kaki (3,5 mph). Meskipun terdengar mudah tapi jalan kaki 30 menit bisa bakar 149 kcal. Kamu bisa melipat gandakannya menjadi 1 jam untuk membakar lebih banyak.
  3. Berkebun. Bagi kamu yang punya kebun, manfaatkan kesempatan itu untuk membakar kalori sekitar 167 kkal selama 30 menit. Jumlah ini tentu tidak sedikit, kamu bebas melakukan apa saja saat berkebun seperti memotong rumput, menanam, atau mencabut.
  4. Berjalan kaki (4,5 mph). Jika kamu sudah terbiasa berjalan kaki dan berani menambah kecepatan, maka selama 30 menit kamu akan berhasil membakar sekitar 186 kalori.
  5. Senam aerobik ringan.  Senam ini tidak harus selalu dilakukan dengan gerakan heboh yang melelahkan. Gerakan ringan selama 30 menit saja bisa membakar 205 kalori kamu.
  6. Berenang. Khusus untuk kamu yang bertekad kuat untuk membakar kalori, kamu bisa mencoba berenang selama 30 menit untuk membakar 223 kalori.
  7. Sepatu roda. Jangan salah, jalan-jalan menggunakan sepatu roda selama 30 menit juga bisa membakar kalori yang cukup besar loh, yaitu sekitar 260 kalori.
  8. Bersepeda (12-13,9 mph). Bersepeda selama 30 menit dengan intensitas ringan ternyata sangat efektif untuk membakar kalori, sekitar 298 kalori bisa kamu bakar sekaligus.
  9. Berlari (6 mph). Bukan lagi berjalan tapi berlari, jika kamu kuat berlari selama 30 menit maka kalori yang bisa kamu hempaskan yaitu sekitar 372 kkal.
  10. Bersepeda (16-19 mph). Olahraga ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang biasa bersepeda. Selama 30 menit, jumlah kalori yang terbakar bisa mencapai 446 kkal. Kamu gak perlu lagi takut makan donat!

Selamat mencoba!

_________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference