daun eucalyptus

Daun eucalyptus mendapat banyak perhatian akhir-akhir ini, karena disebut oleh Ridwan Kamil terkait dengan kondisi jenazah putranya, Emmeril Kahn Mumtaz (Eril). Beliau mengatakan bahwa jasad Eril memiliki aroma daun eucalyptus yang harum.

Kamu mungkin sekilas pernah mencium aroma daun ini, karena aromanya bisa ditemui pada produk minyak kayu putih. Selain aromanya yang wangi dan membuat tubuh rileks, daun ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Apa itu daun eucalyptus

Manfaat tea tree oil

Eucalyptus adalah pohon asli Australia yang dapat tumbuh dengan cepat. Daun eucalyptus banyak digunakan sebagai bahan dasar berbagai produk, karena mengurangi gejala batuk, pilek, dan hidung tersumbat.

Tidak hanya dalam kemasan minyak oles, banyak juga produk yang dikemas dalam bentuk krim dan salep untuk meredakan nyeri otot dan sendi.

Minyak yang berasal dari pohon eucalyptus banyak digunakan sebagai antiseptik, parfum, bahan kosmetik, penyedap rasa, dan pelarut industri.

Beberapa negara telah menggunakannya sebagai pengobatan berbagai penyakit selama ribuan tahun. Negara tersebut adalah Tiongkok, Ayurveda India, Yunani, dan Eropa.

Ada lebih dari 400 spesies eucalyptus yang berbeda, Salah satunya yaitu globulus juga dikenal sebagai Blue Gum, adalah sumber utama minyak kayu putih yang digunakan secara global.

Daun Blue Gum disuling dengan uap untuk mengekstrak minyak, yang merupakan cairan tidak berwarna dengan aroma kayu yang kuat atau dikenal sebagai eucalyptol.

Manfaat daun eucalyptus untuk kesehatan

Meskipun eucalyptus menjadi tanaman asli Australia, pohon populer ini sekarang sudah tumbuh di banyak wilayah di dunia. Berbagai olahan produk eucalyptus sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat daun eucalyptus untuk kesehatan:

1. Tinggi antioksidan

Daun eucalyptus adalah sumber antioksidan, terutama flavonoid, yang melindungi tubuh dari stres oksidatif dan kerusakan akibat radikal bebas.

Flavonoid utama dalam kayu putih termasuk katekin, isorhamnetin, luteolin, kaempferol, phloretin, dan quercetin. Kandungan senyawa ini dapat melindungi terhadap kanker tertentu, penyakit jantung, dan demensia.

2. Meredakan gejala pilek

Eucalyptus banyak digunakan sebagai obat flu alami dan menjadi bahan umum untuk produk pereda pilek dan batuk.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan eucalyptus dapat mengurangi lendir dan memperluas bronkus dan bronkiolus paru-paru, sehingga gejala batuk dan pilek dapat segera mereda.

3. Mengurangi rasa sakit

Menghirup minyak esensial kayu putih dapat mengurangi rasa sakit karena eucalyptus mengandung banyak senyawa anti-inflamasi, seperti cineole dan limonene, yang dapat bertindak sebagai pereda nyeri.

4. Membantu relaksasi

Eucalyptus secara luas diyakini dapat mengurangi gejala stres. Dalam sebuah penelitian, 62 orang sehat mengalami penurunan kecemasan pra-operasi yang signifikan setelah menghirup minyak kayu putih.

Eucalyptus mengandung eucalyptol, yang telah ditemukan memiliki sifat anti-kecemasan.

5. Menjaga kesehatan gigi

Ekstrak daun eucalyptus, yang dikenal sebagai eucalyptol, dapat meningkatkan kesehatan gigi. Daun kayu putih mengandung jumlah tinggi etanol dan macrocarpal C (sejenis polifenol).

Senyawa ini dikaitkan dengan tingkat bakteri yang lebih rendah yang dapat menyebabkan gigi berlubang dan karang gigi.

Manfaat daun eucalyptus untuk kulit

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh bagian dalam, eucalyptus juga bermanfaat untuk kulit. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapat dari minyak eucalyptus, diantaranya:

Mengobati jerawat

Belum banyak penelitian tentang manfaat minyak eucalyptus untuk kulit tetapi diyakini bahwa efek anti-inflamasi dan menenangkan dari daun ini dapat membantu meredakan jerawat, kemerahan, dan masalah terkait jerawat lainnya. 

Meredakan sunburns (sengatan matahari)

Kita semua tahu sengatan matahari bisa sangat menyakitkan bagi kulit, rasanya bisa sangat panas dan perih. Kombinasi sifat anti-inflamasi dan relaksasi minyak eucalyptus dapat menjadi obat yang bagus untuk kulit terbakar dan kemerahan.

Merawat kulit kering

Cuaca dingin bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan kusam. Minyak eucalyptus menjadi bahan kuat yang mampu meningkatkan kandungan ceramide kulit, dengan kandungan asam lemak yang membantu menahan kelembapan. Sehingga kadar air dalam kulit dapat dipertahankan secara efisien.

Mencegah gigitan serangga

Penelitian telah menunjukkan bahwa eucalyptus efektif untuk mengusir nyamuk dan serangga penggigit lainnya hingga delapan jam setelah digunakan. Semakin tinggi kandungan eucalyptus pada minyak kayu putih, semakin lama dan efektif kerjanya bagi kulit.

Minyak kayu putih yang mengandung daun eucalyptus sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia. Selain aromanya yang merelaksasi, manfaatnya bagi kulit dan tubuh sangat banyak.

Share artikel ini
Reference