kalori buah mangga

Banyak orang suka makan mangga. Apakah kamu juga suka? Buah ini biasanya punya biji besar di bagian tengahnya. Ada banyak jenis mangga, masing-masing punya ciri khas tersendiri, mulai dari rasa, bentuk, ukuran, hingga warnanya.

Selain lezat, buah ini juga kaya akan nutrisi. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa nutrisinya bermanfaat bagi kesehatan. Lantas, berapa kalori buah mangga dan apa saja manfaatnya bagi kesehatan?

Berapa Kalori buah mangga?

Mangga merupakan buah yang rendah kalori. Mangga segar dengan berat 165 gram mengandung kurang dari 100 kalori. Karena kalorinya rendah, buah ini merupakan pilihan yang tepat jika kamu ingin mengurangi asupan kalori namun tetap ingin merasa kenyang.

Namun, jika kamu mengolah mangga menjadi jus dengan tambahan pemanis serta es krim, jumlah kalorinya mungkin akan bertambah. Jadi, kamu perlu mempertimbangkan tambahan untuk jus mangga.

Apakah buah mangga baik untuk diet?

Berdasarkan Health Line, mangga baik untuk diet. Sebab, selain lezat, kandungan kalorinya cukup rendah. Kamu bisa menambahkan buah mangga ke dalam smoothie atau salad.

Namun, perlu diingat bahwa mangga mengandung banyak gula. Sehingga, kamu perlu mengonsumsinya dalam jumlah sedang saja, yaitu sekitar 330 gram per hari.

Baca juga: Ini Dia Kalori Buah Naga! Cocok untuk Diet!

Manfaat buah mangga untuk kesehatan

Karena mengandung banyak nutrisi, mengonsumsi mangga dapat memberikan manfaat sebagai berikut.

Mencegah diabetes

Mengurangi diabetes

Banyak penelitian yang menghubungkan antara asupan buah segar dengan risiko diabetes yang lebih rendah. Namun, belum ada banyak penelitian yang meneliti hubungan spesifik antara mangga segar dengan diabetes. 

Studi terbaru menyimpulkan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi vitamin C dan karotenoid seperti mangga mampu mencegah diabetes.

Untuk membatasi meningkatnya kadar gula darah, jangan memakannya terlalu banyak, sebaiknya konsumsi dalam jumlah sedang saja.

Baca juga: Diabetes Kering dan Basah, Apa Bedanya? 

Melindungi sel dari radikal bebas

Manfaat kalori buah mangga selanjutnya adalah dapat melindungi dari radikal bebas. Mangga mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dan penyakit kronis.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Mangga mengandung nutrisi yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Misalnya, mangga mengandung vitamin A yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Kebutuhan vitamin A yang tidak terpenuhi dapat meningkatkan risiko infeksi.

Mendukung kesehatan jantung

25 tips menjaga kesehatan jantung

Kalori buah mangga juga mengandung magnesium dan potasium yang dapat menjaga aliran darah yang sehat. Nutrisi ini dapat membantu pembuluh darah menjadi rileks.

Kandungan mangiferin pada mangga juga dinilai baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, nutrisi tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan asam lemak dalam darah.

Baca juga: 25 Tips Agar Jantung Sehat, Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah!

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Mangga mengandung banyak air dan serat yang dapat mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan sembelit. Selain itu, mangga juga mengandung enzim amilase yang dapat memecah molekul makanan sehingga tubuh bisa menyerapnya dengan mudah.

Menjaga kesehatan mata

Mangga kaya akan nutrisi yang mendukung kesehatan mata, yaitu antioksidan lutein dan zeaxanthin. Di dalam retina, lutein dan zeaxanthin akan menyerap cahaya berlebih. Mangga juga merupakan sumber vitamin A yang baik untuk mata.

Menurunkan risiko penyakit kanker

Karena mengandung polifenol yang tinggi, mangga dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif dan menghentikan pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker usus besar, kanker paru-paru, tulang, dan sebagainya.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami efek anti kanker kandungan polifenol mangga pada manusia.

Membantu mengatasi penyakit inflamasi

Sebuah studi menyatakan bahwa kalori buah mangga memiliki sifat anti inflamasi. Oleh karena itu, mangga dapat membantu memerangi penyakit inflamasi seperti radang usus, terutama kolitis ulserativa yang dapat meningkatkan risiko kanker usus besar dan rektum.

Menjaga rambut dan kulit tetap sehat

cara agar rambut cepat panjang

Buah mangga mengandung vitamin A yang dapat menjaga kulit dan rambut tetap lembap. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin C yang dapat menjaga kekenyalan kulit.

Baca juga: 10 Cara Agar Rambut Tidak Lepek, Rambut Auto Jatuh Lembut!

Mendukung kesehatan tulang

Tidak hanya vitamin A, mangga juga mengandung vitamin K yang berguna untuk menyerap kalsium sehingga kesehatan tulang tetap terjaga dengan baik.

Menurunkan risiko penyakit asma

Karena kaya akan beta karoten, makan mangga bisa mencegah penyakit asma. Selain mangga, beta karoten juga bisa kamu temukan pada pepaya, wortel, dan aprikot.

Baca juga: 12 Manfaat Buah Kelapa Muda, Penuh Khasiat!

Tips memilih buah mangga yang matang

berapa kalori buah mangga

Inilah beberapa tips untuk memilih matang yang telah matang, manis, dan siap disantap.

  • Coba tekan mangga menggunakan jari. Mangga yang matang cenderung lembut ketika ditekan sedangkan yang masih mentah akan terasa keras.
  • Walaupun terkadang warnanya bisa menipu, pilihlah mangga yang memiliki warna cerah.
  • Cium aromanya. Mangga yang matang umumnya mempunyai aroma yang harum, kuat, dan manis.
  • Pilihlah mangga yang bulat, jangan pilih yang tipis dan pipih.

Mangga kaya akan nutrisi yang berguna untuk kesehatan, seperti meningkatkan kekebalan dan menjaga kesehatan pencernaan. Rasanya enak dan bisa dikonsumsi saat diet dengan menambahkannya ke dalam smoothie ataupun hidangan lainnya.

Share artikel ini
Reference