Salad buah merupakan makanan berisi buah-buahan segar yang disiram dengan saus mayonaise, susu, dan keju. Rasanya yang manis, asam, dan segar ini sangat disukai oleh banyak orang. Termasuk juga mungkin ibu hamil.

Eits, tapi bolehkah ibu hamil makan salad buah? Seperti diketahui, ibu hamil tentu disarankan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk kesehatan ibu dan bayi.

Nah, supaya tak ada keraguan lagi untuk mengonsumsi salad buah, yuk baca dulu penjelasannya berikut ini. Jangan sampai diskip setiap infonya yaa~

Bolehkah ibu hamil makan salad buah?

bolehkah ibu hamil makan salad buah

Banyak ibu hamil yang terkadang masih ragu untuk mengonsumsi berbagai salad yang diketahui mempunyai banyak bahan mentah di sana.

Salad buah biasanya terdiri dari mangga, jambu, apel, stroberi, jeruk, apel, dan jenis buah lainnya. Salad buah juga kerap dihidangkan bersama dengan saus mayo dan keju yang membuatnya makin lezat. 

Jenis salad buah merupakan makana yang berisi banyak kandungan bermanfaat, terutama vitamin A, B1, B5, B6, C dan E, serta kalium, asam folat dan mangan. Kandungan ini akan bermanfaat untuk ibu hamil sebagai asupan tambahan selama kehamilan. 

Nah, dari kandungan tersebut, tentunya ibu hamil boleh mengonsumsi salad buah. Namun, ibu hamil perlu memperhatikan pengolahan dan jenis buah apa saja yang bisa dikonsumsi selama hamil. 

Penambahan bahan lain seperti mayonaise juga harus betul-betul diperhatikan. Pastikan bahan pembuat mayonaise terbuat dari telur yang telah dipasteurisasi. 

20 Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil, Bantu Perkembangan Janin Lebih Cepat

Manfaat salad buah bagi kesehatan ibu hamil

manfaat salad buah untuk ibu hamil

Secara umum, ibu hamil boleh makan salad buah karena manfaat dan nutrisinya dapat membantu kelancaran selama hamil. Adapun manfaat dari salad buah antara lain:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Ibu hamil perlu banyak asupan vitamin C karena jenis vitamin ini akan berperan dalam menjaga daya tahan tubuh sehingga tak mudah sakit dan mampu melawan radikal bebas.

Vitamin C juga mampu menyembuhkan berbagai masalah gigi dan gusi yang kerap dialami oleh ibu hamil.

2. Menjaga tekanan darah

Buah-buahan dalam salad buah umumnya dibuat dari bahan segar dan hal ini diyakini dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Banyak buah yang menjadi sumber potassium seperti melon, jeruk, pisang, buah plum, persik dan buah lainnya yang dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

Bahaya Hipertensi dalam Kehamilan dan Cara Menanganinya

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Serat diketahui sangat mampu melancarkan pencernaan. Salad buah kaya akan serat yang diperoleh dari mangga, pisang, buah naga, jambu biji, hingga papaya.

4. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Buah-buahan dikenal memiliki kadar air yang tinggi seperti jeruk, melon, semangka, stroberi, apel, pir dan sebagainya, ibu hamil yang mengonsumsi salad buah akan tetap terhidrasi dengan baik dan tidak mudah kehausan atau lelah.

5. Mencegah kolesterol tinggi

Buah-buahan yang kaya akan pektin dapat menurunkan kadar kolestrol sehingga akan tetap aman untuk ibu hamil.

Pektin merupakan sejenis serat larut dan mudah menurunkan ldl atau low density lipoprotein yang baik untuk ibu hamil. Manfaat salad buah yang kaya nutrisi ini sebaiknya dibarengi dengan cara dan pengolahan yang benar.

Kenali ​​Manfaat Jambu Merah untuk Ibu Hamil

Jenis buah untuk salad buah untuk ibu hamil

buah yang baik untuk kehamilan

Dilansir dari Healthline, ada 7 buah bermanfaat yang bisa kamu pilih selama hamil, yaitu:

1. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang dapat membantu ibu hamil tetap terhidrasi. Jeruk sebagai sumber folat atau asam folat dapat membantu mencegah cacat otak, cacat tabung saraf dan cacat tulang belakang.

The American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasi 500 mg asam folat selama hamil. 

Jeruk dapat dikonsumsi sebagai salah satu bahan dalam salad buah yang kaya akan vitamin C yang baik untuk ibu hamil.

2. Mangga

Sebagai sumber vitamin A yang sangat hebat, manga bisa menjadi bahan yang aman untuk dijadikan salad buah.

Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan risiko tinggi seperti diare atau infeksi saluran pernapasan. Ibu hamil dapat menambahkan mangga sebagai bahan salad buah yang enak namun tetap bergizi tinggi.

3. Alpukat

Sebagai sumber folat yang tinggi, alpukat juga kerap ditemukan sebagai bahan pembuat salad. Ibu hamil tidak perlu ragu untuk memasukkan buah yang satu ini dalam saladnya.

Terdapat kandungan vitamin C, B, K, serat, magnesium, dan kolin. Beberapa ibu hamil bahkan dapat mengatasi mual dan meredakan kram dengan konsumsi alpukat

4. Lemon

Meski tidak terlalu umum digunakan untuk salad buah, namun perasan lemon mungkin bisa menjadi tambahan bahan yang kaya akan vitamin C.

Lemon dapat membantu merangsang sistem pencernaan agar meredakan sembelit yang kerap dialami oleh ibu hamil. Jika tidak ingin ditambahkan untuk salad, lemon bisa disajikan sebagai the lemon yang hangat.

5. Pisang

Sumber potassium, vitamin B6, C dan serat yang baik ini biasanya umum ditemukan bersama dengan oatmeal atau yogurt.

Ibu hamil juga dapat menggunakan potongan pisang segar untuk tambahan salad buahnya yang mencegah tekanan rahim pada usus, kecemasan dan diet rendah serat yang aman untuk ibu hamil.

6. Beri-berian

Berbagai jenis beri sering ditemukan dalam salad buah seperti raspberry, stroberi, blueberi, goji beri dan sebagainya.

Jenis beri ini mempunyai kandungan folat, serat, vitamin C, karbohidrat dan fitonutrien yang baik untuk kehamilan. Salad buah dengan bahan berbagai jenis beri ini juga salah satu yang sangat direkomendasikan.

7. Apel

Ada banyak manfaat buah apel untuk ibu hamil. Kandungan seratnya bisa menjadi salah satu bahan salad buah yang bermanfaat. Kandungan vitamin A, C, potassium dan pektin sebagai prebiotic akan meningkatkan kesehatan pencernaan ibu hamil dan mencegah sembelit yang kerap datang.

Kekurangan Vitamin C? Penuhi dengan Makanan yang Mengandung Vitamin C!

Tips mengonsumsi salad buah

Agar ibu hamil tetap aman dalam mengonsumsi salad buah, ikuti aturan dan tips mengonsumsinya seperti di bawah ini:

  • Cuci bersih semua buah
  • Hindari buah nanas
  • Pilih topping yang aman
  • Perhatikan saus/dressing yang aman

Bolehkah ibu hamil makan salad buah? Tentu saja boleh ya, ladies. Namun tetap perhatikan kebersihan dalam mengolah salad buah dan pilih jenis buah yang mendukung kehamilan agar bumil tetap aman dan sehat.

Share artikel ini
Reference