teh safron

Red saffron plant in a cup on concrete background. High quality photo

Teh saffron mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan yang signifikan seperti masalah perut, depresi, bahkan pemberi kenyamanan selama pms.

Safron merpakan rempah-rempah berharga dengan sejarah yang kaya yang banyak masuk dalam banyak resep masakan di Timur Tengah, India, dan Eropa saat ini. Selain khasiat untuk tubuh, safron memberikan warna merah tua dan rasa manis yang bersahaja pada hidangan.

Karena dipanen dengan tangan, safron adalah rempah termahal di dunia. Pemasok terkadang mencampurnya dengan bahan lain atau menggunakan sumber berkualitas rendah untuk memangkas biaya. Saat membeli safron, pastikan untuk menggunakan merek yang memiliki reputasi baik untuk mendapatkan kandungan nutrisi terbaik dari teh.

Kandungan dalam teh saffron

Satu sendok makan safron mengandung:

  • Kalori: 12
  • Protein: 0 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 3 gram
  • Serat: 0 gram
  • Gula: 0 gram

Safron adalah sumber yang baik untuk:

  • Vitamin C
  • Besi
  • Kalium
  • Magnesium

Safron juga merupakan sumber tembaga yang bagus. Mineral ini membantu mendukung sistem saraf tubuh kamu, membantu produksi sel darah merah, dan bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

Berbagai manfaat teh saffron untuk kesehatan

Teh safron kaya akan nutrisi. Misalnya, mengandung crocin dan crocetin, antioksidan yang dapat membantu meningkatkan fungsi memori. Para peneliti percaya antioksidan ini memiliki potensi untuk mengobati penyakit yang mempengaruhi otak, seperti alzheimer dan parkinson.

Studi menunjukkan beberapa manfaat kesehatan lain yang mungkin datang dengan secangkir teh safron yakni:

1. Atasi depresi

Studi klinis telah menemukan bahwa teh safron dapat mengobati gejala depresi seefektif antidepresan. Diperkirakan meningkatkan kadar serotonin otak. Para peneliti sedang mempelajari efek ini untuk menentukan potensinya sebagai pengganti obat yang digunakan untuk mengobati gangguan depresi.

2. Kesehatan jantung

Teh safron dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan memperkuat sistem peredaran darah. Antioksidannya telah terbukti menurunkan kolesterol dan tekanan darah, yang dapat mengurangi risiko kamu terkena masalah jantung. Ini juga merupakan sumber mineral yang penting untuk kesehatan jantung seperti magnesium dan potasium.

Manfaat teh safron untuk meredakan pms

Nyeri haid dan ketidaknyamanan pada wanita berhubungan dengan perubahan kadar hormon, termasuk serotonin. Karena teh safron dapat meningkatkan kadar serotonin, ia dapat meredakan gejala yang berhubungan dengan haid.

Satu studi menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi safron selama siklus menstruasi mereka mengalami 50% lebih sedikit kram, kembung, lekas marah, dan kelelahan daripada mereka yang tidak.

Efek samping mengonsumsi teh saffron

Safron aman bagi kebanyakan orang dan merupakan bahan pokok dalam banyak masakan. Namun tentu saja, mengkonsumsi teh safron dalam jumlah yang sangat besar bisa menjadi racun. Pertimbangkan potensi risiko kesehatan berikut:

  1. Alergi. Orang dengan alergi terhadap zaitun mungkin juga memiliki alergi terhadap safron.
  2. Kekhawatiran kehamilan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa safron dapat merangsang kontraksi rahim dan harus dihindari oleh ibu hamil.
  3. Kondisi jantung. Konsumsi safron dapat memengaruhi detak jantungmu. Sementara penelitian lannya yang masih diragukan, safron dapat memperburuk gejala pada orang dengan kondisi jantung tertentu.
  4. Tekanan darah rendah. Karena safron dapat menurunkan tekanan darah, sebaiknya hindari teh safron jika kamu memiliki tekanan darah rendah.
  5. Gangguan obat. Hindari teh ini jika kamu meminum obat untuk tekanan darah tinggi, karena dapat menyebabkan tekanan darah turun terlalu rendah. Safron juga dapat memicu keadaan manik pada orang yang minum obat untuk gangguan bipolar.

Tips sehat mengonsumsi teh saffron

Segala sesuatu yang berlebihan memang kurang baik. Begitu pun saat kamu menyantap safron. Pastikan kamu tidak mengonsumsi safron dalam jumlah banyak. Hanya sehelai per hari sudah cukup.

Konsumsi daun safron selama musim hujan atau dingin, karena safron cenderung menghasilkan panas dalam tubuh dan mungkin tidak cocok untuk tubuh selama musim panas.

Langkah 1 Rebus air
Didihkan air. Sementara itu, masukkan daun teh dan safron ke dalam teko besar. Tuangkan air mendidih dan biarkan selama beberapa menit.

Langkah 2 Biarkan gula menyatu dengan baik
Kemudian saring cairan dan tuangkan ke dalam cangkir teh. Tambahkan gula sesuai keinginan.

Langkah 3 Sajikan dalam keadaan hangat dan nikmati
Menambahkan setangkai mint dan irisan lemon akan membuat secangkir teh safron lebih nikmat.

Share artikel ini
Reference