macam-macam-pembalut

macam-macam-pembalut

Tidak pernah lepas dari kaum hawa, pembalut sebagai alat yang berfungsi untuk menyerap darah menstruasi kini hadir dengan jenis yang beraneka macam. Mulai dari ukuran, ketebalan, daya serap, hingga memiliki sayap.

Meskipun pada akhirnya memiliki fungsi yang sama, inovasi terkait jenis pembalut yang beragam tentu tidak lepas dari kenyamanan penggunanya bukan? Lalu, apa saja jenis pembalut wanita? Yuk, kita cari tahu supaya kamu nggak salah pilih.

Macam-macam pembalut

Pembalut secara umum dibagi ke dalam dua macam yaitu pembalut sekali pakai dan pembalut yang dapat dicuci ulang. Selain dua macam pembalut tersebut yang sering digunakan, ternyata ada juga istilah menstrual cup dan tampon yang lengkap dengan variannya sendiri ‘lho.

1. Pembalut cuci ulang (reusable sanitary pads)

Pembalut cuci ulang yang cukup umum dikenal adalah pembalut berbahan kain. Secara umum, pembalut ini terdiri dari 3 lapisan yakni lapisan atas, lapisan inti penyerap, dan lapisan bawah yang kedap air.

Pembalut kain

Pembalut kain terbuat dari katun, sutra, rami dan kain terry. Pembalut kain juga dilengkapi sayap, klip, ataupun velcro yang berfungsi untuk menjaga bantalan di tempatnya dan meminimalisir bergesernya pembalut. Pembalut kain dapat digunakan selama kurang lebih 2-3 tahun.

2. Pembalut sekali pakai (disposable sanitary pads)

Sesuai dengan namanya, jenis pembalut ini hanya dapat digunakan sekali dan dibuang setelah selesai digunakan. Bila kamu membuka kemasan pembalut sekali pakai, kamu akan menemukan lapisan plastik di permukaan pembalut, bantalan di bagian tengah, dan perekat di bagian bawah.

Pada bagian atas atau permukaan terdapat lapisan tambahan berupa plastik berpori. Plastik inilah yang akan menjaga kulitmu tetap kering dan berguna sebagai pemisah antara kulit dengan bantalan kapas

Di bagian tengah terdapat bantalan yang terdiri dari kapas organik atau non organik yang berguna untuk menyerap cairan darah dan atau gel polyacrylate yang membantu menyerap cairan dengan cepat. Gel ini akan menahan dan mencegah kebocoran darah menstruasi.

Perekat di bagian bawah berfungsi sebagai perekat antara pembalut dengan pakaian dalam agar ketika pembalut digunakan pembalut tidak bergeser bahkan lepas.

Variasi ukuran dan ketebalan pembalut sekali pakai

Siapa yang menyangka kalau pembalut sekali pakai ternyata memiliki variasinya tersendiri? Ya, disposable sanitary pads mempunyai ukuran dan ketebalan, desain, bentuk bahkan tambahan pewangi yang beragam.

Panty liners

Berbentuk persegi panjang, berukuran yang kecil dan tipis, panty liners memiliki daya serap yang sedikit. Panty liners digunakan saat aliran darah menstruasi yang ringan seperti bercak atau menyerap cairan yang diproduksi dari organ intim.

Ultra-thin

Memiliki bantalan yang sangat tipis, pembalut ini memiliki ukuran normal 20-23cm dengan daya serap tinggi. Pembalut jenis ini sangat mengutamakan kenyamanan penggunanya.

Regular

Variasi regular memiliki daya serap sedang atau menengah. Variasi ini dirancang untuk digunakan pada siang hari.

Maxi-super

Berbeda dengan pembalut regular yang memiliki daya serap sedang, maxi-super memiliki daya serap besar. Oleh karena daya serapnya, maxi-super digunakan ketika aliran darah menstruasi dengan jumlah sedang-berat.

Night

Memiliki ukuran yang lebih panjang daripada pembalut variasi regular, varian night dirancang secara khusus untuk memberikan perlindungan lebih bagi pemakainya saat sedang tidur.

Maternity

Varian maternity memiliki ukuran yang panjang dengan daya serap yang lebih besar daripada maxi-super karena jumlah darah yang keluar lebih banyak dan berat.

Selain dirancang untuk menyerap darah nifas atau lokia yang keluar setelah melahirkan, pembalut ini juga dipakai untuk menyerap darah post aborsi, ataupun operasi vagina.

Variasi desain pembalut sekali pakai

With wings

Rentan bergeser ketika wanita banyak bergerak dan beraktivitas, pembalut dengan sayap akan menjaga bantalan tetap merekat di celana dan melindungi kamu dari kebocoran.

Without wings

Meskipun sering dikritik karena kurang rekat dengan celana, pembalut tanpa sayap ternyata dinilai lebih fleksibel dan tidak memberikan rasa kaku pada celana daripada pembalut bersayap.

Variasi bentuk pembalut sekali pakai

Persegi panjang

Bentuk pembalut ada yang persegi panjang, atau ramping dengan lengkungan pada kedua sisi panjang agar sesuai dengan lekukan tubuh.

Silinder atau tabung

Tidak hanya berbentuk persegi panjang, pembalut sekali pakai dengan variasi bentuk silinder atau tabung dapat ditemukan pada tampon.

Alternatif lain pengganti pembalut

Inovasi pada produk kewanitaan selain pembalut juga hadir dalam varian lain berupa tampon dan menstrual cup. Bagaimana cara kerja kedua produk ini dalam mengatasi menstruasi? Berikut ulasannya.

1. Tampon

Tampon merupakan sebuah bantalan kapas lembut berbentuk silinder dan terdapat benang penarik pada ujungnya. Tampon terbuat dari katun, rayon, atau campuran dari keduanya. Karena ukurannya yang kecil, tampon mudah disimpan dan dibawa kemana saja.

Dirancang untuk menyerap darah menstruasi dari dalam vagina, tampon hanya dapat digunakan sekali dengan cara memasukkan tampon ke dalam vagina hingga batas benang penarik dengan ataupun tanpa memakai aplikator.

Saat hendak menggunakan tampon, pastikan kamu telah membaca instruksi penggunaan dan mencuci tangan. Kamu juga perlu mengganti tampon setiap 4-8 jam dan menghindari penggunaan tampon dalam durasi lebih dari 8 jam.

Tampon juga memiliki dua varian tersendiri yaitu eco-friendly dan organic tampons yang menggunakan aplikator dan bahan kapas organik yang ramah lingkungan.

2. Menstrual Cup

Menstrual cup adalah produk sanitasi berbentuk corong kecil yang terbuat dari bahan seperti karet ataupun silikon. Serupa dengan tampon yang dimasukkan ke dalam vagina, menstrual cup yang fleksibel akan menampung darah menstruasi di dalam vagina.

Mampu menampung hingga 30 ml cairan, menstrual cup memiliki volume penampungan yang lebih dari cukup sebab total darah selama siklus menstruasi adalah 30-60 ml. Jika digunakan dan dibersihkan dengan baik, menstrual cup dapat digunakan selama bertahun-tahun.

Fyi, selaput dara yang merupakan bagian dari organ intim dapat meregang atau robek akibat dari berbagai aktivitas seperti penggunaan tampon atau menstrual cup, pemeriksaan rongga pelvis dengan spekulum, latihan fisik, hubungan seks, gerakan ‘split’ atau menunggangi kuda.

Jadi, jika kamu ingin memakai tampon atau menstrual cup kamu boleh berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang tua atau praktisi kesehatan dulu ya.

Bagaimana? Sudah paham ‘kan apa saja macam-macam pembalut wanita?

Share artikel ini
Reference