cara penghentikan haid berkepanjangan

Menstruasi yang terlalu panjang dengan aliran darah yang deras tentu akan membuat kamu tidak nyaman dalam beraktivitas, ya.

Jumlah darah yang bervariasi ini biasanya disebabkan karena penggunaan alat kontrasepsi atau terdapat masalah kesehatan yang menyangkut rahim dan organ vital.

Setidaknya terdapat beberapa alasan potensial yang dapat menyebabkan haid menjadi lebih panjang. Adakah cara menghentikan haid yang berkepanjangan? Namun, sebelumnya, baca dulu penyebab kondisi tersebut? Yuk simak informasi selengkapnya.

Penyebab haid yang berkepanjangan

perbedaan telat haid dengan hamil

Sebelum mengetahui cara menghentikan haid berkepanjangan, ada baiknya mengetahui penyebabnya.

Melansir dari Medical News Today, setidaknya ada 10 sebab haid menjadi lebih panjang. Dengan mengetahui penyebabnya, tentu kamu dapat mengatasinya dengan cara yang tepat.

1. Ovulasi

Salah satu penyebab haid berkepanjangan adalah adanya ovulasi. Ovulasi dapat menimbulkan haid yang lebih lama dari biasanya. Namun bercak darah ovulasi biasanya lebih sedikit sehingga bukan hal yang harus kamu khawatirkan.

2. IUD

IUD adalah alat kontrasepsi pada wanita. Perangkat intrauterine ini dapat mencegah kehamilan yang memicu perdarahan abnormal.

Haid menjadi tidak teratur dan sangat berat saat pertama kali pemasangan. Efek perdarahan berat terkadang akan hilang setelah 3-6 bulan setelah pemasangan.

Ini Cara Menghentikan Haid Setelah Pasang IUD, Sudah Tahu?

3. Pengendali kelahiran hormonal

Penyebab haid berkepanjangan selanjutnya adalah menggunakan KB hormonal. KB hormonal akan membuat kadar hormon alami dalam tubuh berubah. Alat kontrasepsi ini dapat mempersingkat atau membuat haid menjadi lebih panjang.

4. Masalah tiroid

Kelenjar Tiroid adalah bagian tubuh manusia yang dapat mengatur hormon dalam tubuh. Sehingga ketika terjadi masalah tiroid, maka dapat berpengaruh pada siklus haid yang berhenti atau lebih lama periodenya.

5. PCOS

Sindrom ovarium polikistik terjadi saat kista sering tumbuh di ovarium sehingga memengaruhi kadar hormon dan kesuburan.

Gejalanya seperti haid tidak teratur, kena ikan berat badan, rambut tumbuh berlebihan, jerawat, hingga penggelapan di beberapa area kulit.

10 Makanan Untuk Penderita PCOS yang Menyehatkan!

6. Endometriosis

Jaringan yang mirip jaringan pelapis rahim namun tumbuh diluar rahim ini dapat menyebabkan rasa sakit dan komplikasi seperti kista.

Gejala dari penyakit ini yaitu haid yang berat, rasa sakit saat berhubungan seksual, perdarahan antar periode hingga mual, muntah dan sembelit.

7. Polip atau fibroid rahim

Fibroid merupakan tumor berotot yang terbentuk pada dinding rahim. Sedangkan polip rahim merupakan pertumbuhan darah pada lapisan rahim.

Kedua kelainan ini dapat menyebabkan haid menjadi lebih panjang dan berat dari biasanya.

8. Keguguran

Keguguran menyebabkan pendarahan atau bercak. Pendarahan dapat berlangsung ringan hingga berat dari beberapa jam hingga beberapa minggu.

Untuk menghentikan haid berkepanjangan akibat ini, kamu perlu melakukan tindakan medis.

Sudah Selesai Menstruasi Tapi Keluar Darah Lagi? Ini Penjelasannya!

9. Kehamilan

Pada beberapa kasus, wanita akan mengalami pendarahan ringan di awal kehamilan. Jika terdapat pendarahan dan nyeri panggul selama hamil, bisa jadi itu merupakan tanda kehamilan ektopik dan dapat menyebabkan komplikasi yang serius.

10. Kanker serviks

Kanker serviks dapat menyebabkan perdarahan abnormal termasuk dalam periode dan setelah aktivitas seksual. Haid menjadi lebih lama dan lebih berat dari biasanya.

Dengan beberapa alasan potensial penyebab haid berkepanjangan ini, apakah hal ini berbahaya?

12 Penyebab Haid Lebih dari 2 Minggu, Ini Cara Mengatasinya!

Cara menghentikan haid yang berkepanjangan

cara menghentikan haid berkepanjangan

Perdarahan yang berkepanjangan dapat menyebabkan beberapa kondisi kesehatan lainnya menjadi turun sehingga perlu diatasi dan dihentikan dengan cepat.

Ada beberapa cara menghentikan haid yang berkepanjangan baik dengan cara alami maupun bantuan medis, yaitu:

1. Hidrasi tubuh

Mengalami haid yang berkepanjangan dapat menyebabkan volume darah menjadi rendah. Kamu harus minum 4-6 cangkir air ekstra agar dapat menjaga volume darah tetap seimbang.

Minuman elektrolit dapat membantu menyeimbangan cairan yang hilang selama haid dan mempercepat haid agar segera berhenti.

2. Makanan yang mengandung vitamin C

Cara menghentikan haid yang berkepanjangan selanjuntya adalah dengan konsumsi vitamin C. Haid yang berkepanjangan memerlukan banyak asupan vitamin c yang dapat membantu menyerap zat besi dengan baik.

Vitamin c dapat ditemukan pada jeruk, paprika merah dan hijau, kubis, jus tomat, brokoli, stroberi dan jenis sayur dan buah hijau lainnya.

Kekurangan Vitamin C? Penuhi dengan Makanan yang Mengandung Vitamin C!

3. Suplemen yang kaya akan zat besi

Makanan yang kaya akan zat besi diperlukan untuk membantu haid yang berkepanjangan mendatangkan efek yang buruk untuk kesehatan.

Suplemen zat besi dapat menjadi alternatif untuk mengatasi haid yang berkepanjangan dan menambahkan kembali berbagai nutrisi yang hilang. Beberapa jenis suplemen yang dapat mengurangi pendarahan, yaitu:

  • Vitamin c. Membantu penyerapan zat besi menjadi lebih baik dan dapat mengurangi pendarahan atau haid yang panjang.
  • Zat besi. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan haid yang berat dan asupan zat besi yang cukup dapat membantu menghentikan pendarahan dan meringankannya.

4. Pemakaian obat pereda nyeri

Cara menghentikan haid yang berkepanjangan selanjutnya adalah dengan obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri dapat mengatasi gejala penyerta dari haid yang berkepanjangan.

Obat nyeri tergolong Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID) seperti ibuprofen dan jenis obat lainnya dapat membantu mengurangi volume darah saat haid. Obat pereda ini sebaiknya dikonsumsi dengan resep dokter agar tetap aman untuk dikonsumsi.

Obat Sakit Kepala yang Ampuh Tidak Hanya Paracetamol, lho!

5. Menggunakan KB

Metode pengendali kelahiran dapat mengurangi pendarahan hingga 60% dengan cara mencegah ovulasi dan menipiskan lapisan endometrium.

Terdapat kombinasi dari hormon progesterone dan estrogen dalam pengendali kelahiran seperti pil kb yang dapat mengobati haid yang panjang akibat masalah pada rahim.

Sedangkan memakai ius juga dapat mengurangi aliran darah dan membuat haid yang lebih ringan. IUD dengan jenis levonorgestrel dapat menipiskan lapisan rahim dan mengobati pendarahan haid yang terlalu berat.

Namun terdapat efek ringan seperti jadwal haid yang berantakan dengan metode pengendali kelahiran tertentu ini.

6. Konsumsi Progestin

Jenis obat ini dapat diresepkan untuk mengatasi haid yang berkepanjangan. Progestin akan memperlambat efek estrogen sehingga mengurangi aliran darah dan nyeri saat menstruasi. Efek sampingnya yaitu dapat muncul sakit kepala dan kenaikan berat badan.

7. Konsumsi Danazol

Danazol juga dapat menghambat kerja estrogen sehingga dapat membuat haid berhenti 4-6 minggu. Terdapat efek samping dari mengonsumsi danazol seperti muncul jerawat hingga ukuran payudara mengecil.

8. Konsumsi asam traneksamat

Asam traneksamat atau lysteda merupakan obat antifibrinolitik yang dapat menggumpalkan darah sehingga mengurangi aliran darah saat haid. Dokter biasanya hanya akan menganjurkan konsumsi obat ini jika haid terlalu panjang dan deras.

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Tanda Kehamilan dengan Menstruasi!

9. Operasi histeroskopi

Adapun beberapa cara menghentikan haid yang berkepanjangan yang dilakukan melalui proses pembedahan atau operasi.

Dalam operasi ini akan dilakukan pemeriksaan terdapat bagian dalam rahim dengan alat khusus untuk memperbaiki jika ada kelainan dalam rahim sehingga membuat haid menjadi lebih panjang. Operasi ini juga dapat membantu menyembuhkan fibroid dan polip rahim.

10. Kuret dan dilatasi (D&C)

Cara menghentikan haid yang berkepanjangan dengan mengurangi pendarahan dapat dilakukan dengan membuka leher rahim atau serviks dan kemudian menyedot lapisan rahim atau mengikisnya. Prosedur ini bisa dilakukan berkali-kali untuk menghentikan haid yang panjang.

11. Ablasi atau reseksi endometrium

Beberapa cara alami menghentikan haid yang berkepanjangan antara lain:

  • Mengalami orgasme baik dari kegiatan seksual atau masturbasi yang akan membuat rahim berkontraksi dan menghentikan aliran arah
  • Mengonsumsi banyak air putih
  • Latihan ringan
  • Konsumsi makan makanan bergizi dan diet seimbang

Mengangkat lapisan rahim agar aliran darah terkendali dapat dilakukan dengan reseksi endometrium atau ablasi. Cara ini mempunyai efek samping dapat membuat wanita sulit hamil sehingga perlu didiskusikan dengan dokter jika ada rencana program hamil dapat waktu dekat.

7 Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur Serta Cara Mengatasinya

Apakah berbahaya jika haid terlalu lama?

Haid yang berkepanjangan dan mempunyai gejala berat yang menyertainya, tentu harus segera dikonsultasikan dengan dokter sehingga bisa menemukan cara menghentikan haid yang berkepanjangan tersebut. Segera konsultasi dan datangi dokter jika terjadi:

  • Haid lebih dari 7 hari
  • Pendarahan yang tidak dapat dijelaskan
  • Keputihan yang abnormal
  • Haid yang berat
  • Mual, muntah dengan nyeri haid yang parah
  • Kehilangan berat badan

Haid yang lebih lama dan berat tentu menjadi tanda sebuah kondisi yang perlu segera diketahui ya ladies. Dengan mengetahui penyebabnya, maka tentu akan ada cara menghentikan haid yang berkepanjangan dengan tepat untuk dilakukan.

Share artikel ini
Reference