Kepribadian melankolis

Ada empat tipe dasar karakter atau kepribadian manusia yang terbentuk sejak bayi dan tidak berubah. Kepribadian dasar ini ditentukan oleh proses unik di batang otak dan akan menentukan bagaimana seseorang merespons situasi tertentu. Nah, salah satunya tipe kepribadian tersebut adalah kepribadian melankolis

Apakah kamu salah satu yang memiliki kepribadian tersebut? Coba cari tahu ciri-ciri, kelebihan, serta kekurangannya supaya kamu bisa memaksimalkan potensi yang kamu miliki. Yuk, simak sampai selesai, ya!

Apa itu kepribadian melankolis?

Melankolis adalah tipe kepribadian yang dikenal sebagai seorang pemikir, perfeksionis, pandai menyimpan rahasia, tetapi kurang percaya diri. Selain itu, depresi juga didefinisikan sebagai salah satu ciri kepribadian ini. Kepribadian ini merupakan salah satu dari empat kepribadian dasar manusia.

Kita dapat bertemu orang-orang dengan kepribadian ini dalam kehidupan kita sehari-hari, baik itu teman, anggota keluarga, atau bahkan pasangan. Memahami kepribadian ini akan membantumu bergaul, bersosialisasi, dan merespons berbagai tindakan yang mereka lakukan.

Ciri-ciri kepribadian melankolis

Nah, agar kamu lebih mudah memahami kepribadian melankolis, kamu harus tahu beberapa ciri-ciri orang dengan kepribadian ini:

1. Perfeksionis

Seperti disebutkan sebelumnya, kepribadian melankolis cenderung perfeksionis. Mereka cenderung memiliki ide yang spesifik dan selalu berusaha membuatnya sesempurna mungkin. Mereka juga sering menetapkan standar tinggi untuk diri mereka sendiri dan orang lain.

Namun, orang dengan kepribadian ini bisa menjadi marah atau kecewa jika tidak mencapai hasil yang sempurna.

2. Kreatif

Kepribadian melankolis ini biasanya dimiliki oleh seniman, musisi, penulis, atau orang yang sering memecahkan masalah dengan berpikir kreatif. Mereka juga dapat menemukan cara-cara kreatif untuk menunjukkan kepedulian terhadap orang-orang di sekitar mereka.

3. Penyabar

Salah satu ciri kepribadian melankolis adalah kesabarannya. Mereka cenderung tidak merasa mudah tersinggung atau frustrasi ketika berbicara dengan orang lain atau dalam berbagai hal lain, misalnya antrean panjang.

4. Motivasi yang tinggi

Karena perfeksionis, orang dengan kepribadian ini memiliki motivasi diri yang tinggi. Segala sesuatu yang mereka lakukan harus selalu ditingkatkan untuk terus memberikan hasil terbaik.

5. Tenang dan pendiam

Jika kamu suka menyembunyikan perasaan dan suka tetap tenang atau bahkan diam, kamu mungkin memiliki kepribadian melankolis. Orang dengan kepribadian melankolis umumnya mampu untuk tetap tenang meskipun di lingkungan yang bising atau penuh sesak.

6. Detail dan fokus

Orang dengan kepribadian melankolis sangat suka memperhatikan detail dan mengingat hal-hal kecil, seperti ulang tahun atau nama seseorang yang baru mereka temui, yang mungkin tidak penting bagi sebagian orang.

Mereka juga sangat fokus pada tujuan atau sasaran. Orang dengan kepribadian ini mampu menganalisis potensi dari sudut pandang yang berbeda, sehingga rencana yang mereka buat hampir selalu tepat.

Kelebihan kepribadian melankolis

Secara umum, berikut beberapa kelebihan orang dengan kepribadian melankolis:

  1. 1. Memiliki Kreativitas yang Tinggi

Seperti yang dijelaskan di atas, orang yang memiliki kepribadian melankolis sering disebut sebagai orang yang kreatif. Oleh karena itu, biasanya mereka berkecimpung dalam industri kreatif, seperti seniman, musisi, penulis.

2. Tidak mudah bosan

Orang dengan kepribadian ini tidak merasa terganggu atau dibatasi meskipun harus melakukan rutinitas yang sama untuk waktu yang lama. Mereka juga cenderung sabar melakukan hal yang terlihat menguras kesabaran.

3. Motivasi diri yang tinggi

Mengingat melankolis identik dengan perfeksionisme, tidak heran jika mereka memiliki motivasi diri yang cukup tinggi. Mereka sering membentuk motivasi mereka melalui standar tinggi yang mereka tetapkan sendiri.

Kekurangan kepribadian melankolis

Selain kelebihan, sama seperti tiga bentuk kepribadian manusia lainnya, kepribadian ini juga memiliki kekurangan, yaitu:

1. Mudah overthinking

Melankolis identik dengan pemikir. Itu berarti mereka bisa tenggelam dalam pikiran mereka sendiri. Faktanya, orang dengan tipe kepribadian ini dikenal serius dan tidak terlalu suka bercanda.

2. Rentan terhadap perubahan mood ekstrem

Menurut berbagai penelitian, orang dengan tipe kepribadian ini tergolong orang yang paling emosional dibandingkan dengan tipe kepribadian lainnya. Mereka sering pandai menjaga emosi, tetapi beberapa orang mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem dalam waktu singkat.

3. Cenderung perfeksionis

Perfeksionisme tidak selalu merupakan hal yang buruk. Namun, dalam situasi tertentu, sifat ini dapat berdampak buruk pada diri sendiri dan orang lain. Sifat perfeksionis ini biasanya ditandai dengan menetapkan standar yang terlalu tinggi untuk menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan.

Namun, jika tujuannya tidak tercapai, orang dengan sifat ini bisa marah, frustrasi, stres, dan bahkan depresi. Oleh karena itu, sifat ini bisa menjadi salah satu kelemahan orang dengan tipe kepribadian melankolis.
Nah, itu dia sedikit penjelasan tentang kepribadian melankolis. Yuk, bagikan artikel ini agar lebih banyak orang tahu!

Share artikel ini
Reference