kalori pizza 1 potong

Ada berbagai makanan khas Italia yang terkenal di Indonesia, termasuk pizza. Pizza adalah hidangan Italia yang telah populer dan disukai di seluruh dunia. Apakah Yoonies salah satu yang suka dengan makanan satu ini? Namun, berapa kalori pizza dan apa saja manfaatnya?

Mulanya, pada abad ke-18, pizza menjadi makanan yang sering para pekerja di Naples konsumsi. Pizza terbuat dari tepung terigu, tomat, dan keju. Seiring berjalannya waktu, pizza mulai dikenal di luar Naples hingga ke wilayah Amerika Serikat. Sejak saat itulah, pizza menjadi salah satu hidangan paling populer di dunia dengan berbagai variasi topping sesuai selera.

Berapa kalori pizza?

Faktanya, jumlah kalori pizza tergantung pada topping dan ukurannya. Nah, Yoona punya informasi mengenai kalori pizza dari setiap topping yang umum di Indonesia. Cek satu per satu jumlah kalorinya di bawah ini.

1. Kalori satu potong pizza keju

Jumlah kalori pizza rasa keju sekitar 237 kalori untuk satu potong ya, Yoonies. Dari kalori tersebut, berikut kandungan nutrisi yang kamu dapatkan:

  • Karbohidrat: 26,8 gram
  • Protein: 10,60 gram
  • Lemak: 10,10 gram

2. Kalori pizza dengan topping daging

Jika kamu gemar ngemil pizza dengan topping daging, jumlah kalori pizza ini sekitar 265 kalori. Inilah beberapa kandungan nutrisinya:

  • Karbohidrat: 27,68 gram
  • Protein: 10,64 gram
  • Lemak: 12,14 gram

3. Kalori satu potong pizza keju dengan sayuran

Nah, kalori pizza keju dengan sayuran adalah sekitar 242 kalori untuk satu potong. Berikut kandungan nutrisi dari pizza tersebut:

  • Karbohidrat: 30,93 gram
  • Protein: 9,33 gram
  • Lemak: 8,95 gram

Turunkan Kalori Burger Saat Diet, 5 Hal Penting Ini Wajib Kamu Ketahui!

Lalu, apa saja manfaat pizza?

apakah pizza baik untuk kesehatan - apa saja manfaat pizza

Dari kandungan nutrisi yang ada, seperti karbohidrat, protein, dan lemak, tak heran kalau kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat pizza berikut ini. Namun, perlu kamu ingat, untuk tidak makan dengan porsi yang berlebihan dan terlalu sering, ya!

1. Mengurangi risiko diabetes

Makanan berserat tinggi, seperti paprika dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Selain itu, kandungan vitamin C yang ada di paprika juga  dapat mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. 

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Bahan utama pembuatan pizza adalah tepung terigu. Nah, tanpa kamu sadari, tepung terigu mengandung thiamin atau mineral untuk memaksimalkan fungsi sel. Selain itu, tepung terigu juga mengandung selenium yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Mengurangi risiko kanker

Nutrisi lainnya dalam tepung terigu juga berperan untuk mengurangi risiko kanker. Beberapa studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi makanan dengan asupan mineral tinggi, seperti dari tepung terigu memiliki risiko yang lebih rendah terhadap kanker.

Panduan Tepat Makanan Untuk Penderita Kanker Payudara

Resep pizza yang bisa kamu coba

Meskipun jumlah kalori pizza cukup tinggi, namun kamu tetap bisa mengonsumsinya dalam porsi yang wajar atau tidak berlebihan. Hindari makan pizza setiap hari untuk mengurangi risiko buruk yang mungkin akan terjadi.

Nah, kalau kamu sedang ingin makan pizza, cobalah membuatnya sendiri di rumah. Tak perlu khawatir, Yoona punya resep pizza dengan topping sosis yang mudah dan bisa kamu tiru!

Bahan-bahan:

  1. 350 gram tepung terigu
  2. 5 gram ragi
  3. 15 gram gula
  4. 20 gram susu bubuk putih
  5. 200 ml air es
  6. 2 sendok teh garam
  7. 50 gram mentega
  8. 5 buah sosis yang dipotong-potong
  9. 100 gram keju parut
  10. Daun seledri
  11. Oregano
  12. Mayones

Cara membuat pizza:

  1. Campur tepung, gula, susu, dan ragi hingga rata.
  2. Tambahkan air ke dalam adonannya dan campurkan hingga halus.
  3. Tambahkan mentega dan garam ke adonan dan campurkan hingga elastis.
  4. Jika sudah, bulatkan adonannya dan diamkan selama 30 menit.
  5. Bagi adonan menjadi 3-5 bagian, bulatkan, dan diamkan kembali selama 10 menit.
  6. Bentuk pizza sesuai selera. Kalau memungkinkan, buat bagian tengahnya menjadi tipis dan bagian luarnya menjadi tebal.
  7. Masukkan adonan pizza ke dalam oven hingga setengah matang.
  8. Berikan topping saus, sosis yang sudah dipotong-potong, keju, dan bahan lainnya.
  9. Masukkan adonan pizza kembali ke dalam oven hingga matang.

Itulah penjelasan yang perlu kamu ketahui tentang kalori pizza hingga manfaat dan resepnya. Tertarik untuk mencoba resep di atas?

Walau kalori pizza tinggi, tetapi kamu tetap bisa mengonsumsinya dengan memperhatikan porsi sedikit dengan pilihan topping yang sehat, seperti sayuran. 


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference