manfaat buah naga untuk wajah

Siapa di sini yang suka makan buah naga? Selain enak dan segar, buah naga memiliki berbagai manfaat kesehatan, mulai dari kesehatan pencernaan hingga kesehatan kulit. Untung saja buah yang satu ini cukup mudah ditemukan di Indonesia, sehingga siapapun bisa menikmatinya.

Buah naga sangat baik untuk kulit kering karena mengandung banyak air. Selain itu, buah naga juga mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh kulit wajahmu, lho! 

Nah, biar lebih jelas dan kamu makin semangat makan buah naga, yuk cari tahu dulu apa saja kandungan buah naga dan manfaat buah naga untuk wajah!

Kandungan buah naga

Buah naga merupakan buah yang rendah kalori. Kalori buah naga pada setiap 100 gram buah naga hanya mengandung sekitar 60 kalori.

Buah ini juga tidak mengandung lemak dan nilai gizinya pun cukup tinggi. Di bawah ini adalah beberapa kandungan yang terdapat pada buah naga dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Vitamin C

Vitamin C dalam buah naga berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari stres akibat radikal bebas.

Vitamin C dalam buah naga juga membantu merangsang pembentukan kolagen, menjaga stamina, dan membantu penyerapan zat besi agar tubuh tidak kekurangan darah. 

Vitamin B2 dan Vitamin B3

Kedua vitamin ini berperan penting dalam menjaga berjalannya metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jaringan tubuh.

Asupan vitamin B yang cukup juga dapat mengurangi risiko berbagai penyakit seperti migrain, katarak, dan penyakit jantung,serta berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf tubuh.

Antosianin

Buah naga adalah salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan yang disebut antosianin dan zat pewarna alami.

Zat ini diketahui dapat melindungi  tubuh dari kerusakan dan mengurangi risiko kanker. Memang urine dan feses dapat menjadi berwarna merah setelah makan buah naga merah.

Tapi jangan khawatir, ini wajar dan tidak berbahaya. Urine dan feses berwarna kemerahan disebabkan oleh antosianin yang terdapat pada buah naga merah. 

Serat

Selain kandungan di atas, buah naga juga tinggi serat sehingga dapat melancarkan pencernaan. Dengan mengonsumsi sayur dan buah kaya serat , termasuk buah naga, secara rutin, kamu akan terhindar dari sembelit. 

Menurut Ahli, Ini 10 Buah Pelancar Bab Setelah Melahirkan

Manfaat buah naga untuk wajah

kalori buah naga

Selain memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan, buah naga juga memiliki sejuta manfaat untuk kulit wajah. Berikut beberapa manfaat buah naga untuk wajah yang perlu kamu ketahui.

Mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas

Radikal bebas dapat merusak sel dan menyebabkan stres oksidatif, membuat kulit terlihat kusam dan kering.

Selain itu, radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan masker buah naga. 

Mengatasi Jerawat

Keberadaan vitamin C memungkinkan buah naga mengatasi masalah jerawat. Buah naga bisa membantu menjaga kulitmu menjadi lebih sehat dan bercahaya, sekaligus mencegah kulit kasar. Aplikasikan buah naga ke wajahmu secara rutin (dibuat seperti masker).

Melembabkan kulit secara alami

Kandungan air pada buah naga mencapai 80%. Oleh karena itu, buah naga baik untuk kamu yang memiliki kulit kering.

Selain itu, vitamin, antioksidan, dan mineral dalam buah naga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.

Membantu meremajakan kulit

Kandungan vitamin B pada buah naga  dapat  membantu melembabkan, menutrisi, dan melembutkan kulit. Selain itu, buah naga dapat mencegah penuaan kulit dan membantu meremajakan kulit. 

Membuat kulit lebih cerah

Buah naga kaya akan vitamin C yang memiliki efek mempercantik kulit. Selain itu, vitamin C melindungi kulit dari kusam dan kering, sehingga kulit menjadi lebih segar dan berkilau seperti baru perawatan.

Melindungi kulit dari sinar matahari

Manfaat buah naga untuk wajah selanjutnya adalah menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari dan langsung meredakan peradangan, kemerahan, dan gatal akibat sinar UV yang kuat.

Kamu bisa mencampurkan daging buah naga dengan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan air ketimun, lalu aduk hingga rata. Oleskan bahan-bahan tersebut ke area kulit wajah yang terbakar. 

5+ Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Resep membuat masker wajah buah naga

Setelah mengetahui manfaat masker buah naga untuk wajah, kamu mungkin tertarik untuk menggunakan masker buah naga.

Kabar baiknya, kamu bisa membuat masker buah naga sendiri di rumah. Yuk, ikut langkah-langkah di bawah ini!

Alat dan bahan yang disiapkan:

  • ½ buah naga merah atau putih
  • Mangkuk kecil
  • Kapas bersih atau kuas masker

Cara membuat dan menggunakan masker buah naga:

  • Potong daging buah naga merah atau buah naga putih yang masih segar, dan masukkan ke dalam mangkuk kecil.
  • Haluskan daging buah naga hingga teksturnya sampai menyerupai pasta masker.
  • Jika sudah halus, oleskan masker buah naga pada seluruh permukaan wajah hingga leher dengan kapas yang bersih atau kuas masker. Hindari mengoleskannya di area mata, ya!
  • Diamkan masker selama kurang lebih 20 menit.
  • Bilas wajah menggunakan air bersih dan keringkan wajah dengan handuk lembut.

Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan masker buah naga sebanyak dua kali seminggu. Kamu juga bisa mencampurkan masker buah naga dengan satu sendok makan yogurt tanpa rasa untuk kulit lebih kencang. Gimana? Siap mendapat sejuta manfaat buah naga untuk wajah yang lebih sehat?

8 Manfaat Minyak Bulus untuk Kulit dan Wajah, Bisa Obati Jerawat!

Share artikel ini
Reference