manfaat minyak kayu putih untuk wajah

manfaat minyak kayu putih untuk wajah

Minyak kayu putih atau dalam bahasa inggris disebut eucalyptus oil terbuat dari daun spesies pohon kayu putih pilihan. 

Tanaman ini berasal dari famili Myrtaceae, yang berasal dari Australia, Tasmania, dan pulau-pulau di sekitarnya. 

Ada lebih dari 500 spesies kayu putih, tetapi minyak esensial dari Eucalyptus salicifolia dan Eucalyptus globulus yang sering diambil karena khasiat obatnya. 

Tanaman kayu putih identik dengan aroma pedas khas yang telah lama dikenal dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan, salah satunya membantu mengatasi pilek dan sinus tersumbat. 

Meski minyak kayu putih populer sebagai obat tradisional, bahan ini belum tentu direkomendasikan untuk kulit wajah. 

Maka sebelum kamu menggunakan minyak kayu putih untuk area sensitif seperti kulit wajah, mari luangkan waktu sejenak untuk mempelajari fakta-fakta berikut. 

Apakah manfaat minyak kayu putih untuk wajah benar adanya? 

Beberapa sumber yang ada tidak menyarankan pemakaian minyak kayu putih pada wajah karena dapat menyebabkan iritasi. 

Sehingga, bahan ini lebih disarankan untuk diaplikasikan pada kulit tubuh daripada wajah. 

Minyak kayu putih memiliki efek antioksidan, anti peradangan dan pereda nyeri. Bahan ini juga terkenal karena kemampuannya untuk melawan infeksi bakteri, virus dan jamur, dan untuk membantu membersihkan saluran pernapasan dari lendir yang menumpuk. 

Hingga saat ini, manfaat dan kegunaan minyak kayu putih sangat luas, dan minyak ini biasanya digunakan dalam salep, parfum, dan produk pembersih. 

Berikut ini adalah potensi manfaat minyak kayu putih untuk kulit: 

1. Dapat menyembuhkan luka 

Bahan yang berpotensi bermanfaat dalam menyembuhkan luka adalah cineole (eucalyptol) yang memiliki sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan analgesik, oleh karena itu kadang-kadang digunakan untuk membantu penyembuhan luka dan nyeri. 

2. Berfungsi melembabkan 

Studi laboratorium menunjukkan bahwa minyak kayu putih dapat meningkatkan produksi ceramide untuk menjaga kelembaban kulit, mengurangi peradangan, dan mencegah degradasi kolagen akibat sinar UVB dari matahari. 

3. Melindungi kulit dari kerusakan 

Studi laboratorium juga menunjukkan bahwa antioksidan dalam minyak kayu putih dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor lingkungan. 

4. Mengobati gigitan serangga

Minyak kayu putih adalah penolak serangga alami, terutama karena kandungan kayu putihnya. Penelitian telah menunjukkan bahan ini efektif menangkal nyamuk dan serangga penggigit lainnya hingga delapan jam setelah diaplikasikan pada kulit. 

5. Meringankan nyeri 

Eucalyptus adalah pereda nyeri yang dapat diaplikasikan langsung ke kulit, seperti semprotan, krim, atau salep. 

Meskipun bukan bekerja sebagai obat penghilang rasa sakit utama, minyak kayu putih bekerja dengan membawa sensasi dingin atau hangat sehingga dapat meringankan rasa sakit. 

Terlepas dari manfaat minyak kayu putih untuk wajah, bahan ini juga dapat bekerja dengan baik untuk mengatasi masalah pernapasan. 

Apakah minyak kayu putih memiliki efek samping jika digunakan untuk wajah? 

Seperti minyak esensial lainnya, minyak kayu putih dapat menyebabkan iritasi, gatal, atau rasa terbakar jika tidak diencerkan dengan benar dengan carrier oil (campuran minyak esensial) atau karena intoleransi terhadap bahan itu sendiri. 

Minyak kayu putih juga sebaiknya tidak digunakan untuk beberapa orang yang pernah mengalami reaksi alergi. 

Hindari mengonsumsi atau menelan minyak kayu putih, karena dapat membawa efek yang berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kejang. 

Cara pakai minyak kayu putih 

Meskipun manfaat minyak kayu putih untuk wajah tidak dapat dipastikan, kamu dapat menggunakannya pada bagian kulit tubuh lainnya. 

Pada umumnya, minyak kayu putih dapat digunakan untuk berbagai kegunaan, diantaranya untuk: 

  • Mengatasi alergi sementara (musiman) 

Oleskan dua sampai tiga tetes minyak kayu putih secara topikal ke bagian pelipis dan dada. 

  • Meredakan Iritasi Kulit 

Tuang dua sampai tiga tetes minyak kayu putih ke kapas bersih dan gosokkan ke area yang terkena iritasi dua sampai tiga kali sehari sampai luka mereda. 

  • Menenangkan Gigitan Serangga 

Tuang dua sampai tiga tetes minyak kayu putih ke kapas bersih dan oleskan ke kulit yang terkena gigitan serangga tiga kali sehari sampai sembuh. 

  • Meredakan Nyeri atau Nyeri Otot 

Oleskan dua sampai tiga tetes kayu putih secara topikal ke area yang terasa nyeri. Untuk menutupi area permukaan yang lebih luas, encerkan kayu putih dengan setengah sendok teh carrier oil (minyak nabati yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan.

Share artikel ini
Reference