cara mengatasi selangkangan lecet
Hidup Sehat Perawatan Tubuh

Cara Mengatasi Selangkangan Lecet Dengan Bahan Alami

Imelda Rahmawati | April 18, 2022
Share

Selangkangan yang lecet adalah kondisi saat paha bagian dalam, saling bersentuhan saat berjalan atau berlari. Hal ini tentu menimbulkan gesekan yang dapat merusak lapisan terluar kulit. Hal ini akan berakibat pada kulit bagian paha menjadi sensitif.

Lantas, bagaimana cara mengatasi selangkangan lecet? Yuk, ketahui cara mengatasinya segera di bawah ini!

Mengenal kondisi selangkangan lecet

Umumnya, lecet selangkangan adalah iritasi kulit umum yang dapat terjadi ketika paha bagian dalam saling bergesekan. Pakaian yang mengiritasi kulit kamu juga bisa menyebabkan lecet. Gesekan merusak kulit kamu dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Kamu mungkin mengalami gesekan paha bagian dalam karena berolahraga, sering berjalan, atau bahkan sering duduk bersila. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati dan mencegah gesekan pada paha bagian dalam.

Penyebab selangkangan lecet

Selangkangan bisa menjadi lecet ketika kulit di sekitar selangkangan bergesekan satu sama lain atau ketika kulit bergesekan dengan celana terus menerus. Gesekan yang berulang ini bisa membuat kulit memerah dan menimbulkan rasa perih.

Risiko lecet dapat meningkat jika:

  • Sering berkeringat, baik karena olahraga atau aktivitas sehari-hari
  • Berjalan atau lari
  • Mengenakan legging ringan, rok, atau celana pendek yang tidak memberikan cukup penghalang antara kedua paha kamu
  • Lipatan kulit yang memiliki kondisi lembap
  • Mengenakan kain yang kurang menyerap

Tanda-tanda selangkangan lecet

Berikut beberapa tanda jika terjadi lecet paha bagian dalam yang perlu kamu ketahui:

  • Kemerahan
  • Terasa gatal
  • Ruam
  • Melepuh
  • Rasa sakit
  • Sensasi terbakar
  • Pembengkakan

Dalam beberapa kasus, gesekan antara kulit paha atau kain dapat menyebabkan bintik-bintik coklat pada area tersebut.

Adanya kondisi seperti ini bisa terbentuk saat kulit mulai sembuh setelah rutin digosok. Namun, masalah kulit bisa kembali muncul ketika kamu mengalami gesekan terus-menerus. Jika kondisinya semakin parah, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk segera mengobatinya.

Cara mengatasi selangkangan lecet

Pada dasarnya lecet di mana saja, termasuk selangkangan, akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari istirahat.

Namun jika kamu tidak bisa menghentikan aktivitas yang menyebabkan timbulnya lecet, maka ada cara mengobati selangkangan lecet untuk mengurangi iritasi dan mencegahnya bertambah parah.

1. Petroleum jelly

Petroleum jelly merupakan gel yang dapat membantu melumasi kulit dan mengurangi gesekan yang dapat menyebabkan lecet. Oleskan petroleum jelly ke area bermasalah untuk mencegah dan menyembuhkan luka kecil seperti lecet.

2. Minyak kelapa

Cara mengatasi selangkangan lecet selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa yang berguna untuk membantu mengurangi peradangan, meningkatkan penyembuhan luka, dan mencegah tumbuhnya bakteri berbahaya pada kulit.

Minyak kelapa dapat dioleskan langsung untuk menenangkan kulit yang lecet. Namun, karena minyak kelapa mungkin tidak bertahan lama, kamu harus sering mengoleskan minyak kelapa untuk hasil yang optimal.

3. Bedak bayi

Salah satu cara termudah untuk mengobati lecet selangkangan adalah dengan menggunakan bedak bayi. Soalnya, kulit yang basah dan lembap bisa memperburuk lecet.

Sementara bedak tabur dapat menyerap minyak dan kelembapan dari lapisan kulit. Oleh karena itu, coba aplikasikan loose powder atau bedak bayi ke bagian dalam paha dan selangkangan sebelum keluar rumah.

4. Gel lidah buaya

Cara pertama untuk mengobati lecet selangkangan adalah dengan menggunakan gel lidah buaya. Lidah buaya akan membantu mempercepat penyembuhan kulit selangkangan yang lecet. Selain itu, gel ini juga memiliki sifat antimikroba, antivirus, antioksidan, dan antiinflamasi yang akan mencegah lepuh bertambah parah.

5. Krim atau lotion untuk lecet

Jika kamu dengan cepat melihat luka di selangkangan kamu, mungkin memerlukan krim atau lotion yang dirancang khusus untuk lecet. Berbeda dengan krim lainnya, krim khusus untuk lecet ini memiliki aplikator berbentuk stick seperti deodoran roll-on yang mudah digunakan.

Produk ini juga diformulasikan dengan pelumas yang membantu mencegah kulit saling menempel dan mencegah gesekan lebih lanjut.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan beberapa krim atau obat gatal di apotek, seperti:

  • Krim antihistamin
  • Tablet antihistamin (obat alergi)
  • Krim kortikosteroid

Tips mencegah selangkangan lecet

Tips di bawah ini berguna untuk mencegah lecet selangkangan dan menjaga kulit yang terluka agar tidak semakin parah dan bisa sembuh dengan cepat.

  1. Gunakan pelumas di area selangkangan. Hindari lubang vagina atau uretra karena beberapa pelumas dapat mengiritasi area vagina.
  2. Pengendara sepeda disarankan untuk menggunakan celana bersepeda khusus yang dapat menyerap kelembapan dari kulit selain mengoleskan pelumas pada area selangkangan.
  3. Penting bagi kamu untuk menjaga supaya rambut kemaluan tumbuh alami dan dicabut dengan baik. Hal ini karena bisa mengakibatkan akar rambut yang kasar juga bisa menyebabkan gesekan.
  4. Jika kamu mengenakan pakaian dalam dengan karet di area selangkangan, sebaiknya oleskan pelumas pada area celana di area tersebut.
  5. Kenakan celana pendek olahraga yang ukurannya pas dan tidak terlalu ketat.
  6. Carilah celana pendek dengan bahan yang lembut.

Pastikan, kamu mengganti celana setiap hari. Terutama saat kamu selesai melakukan aktivitas olahraga, maupun saat berada di ruangan pasa.

Kapan harus ke dokter

Iritasi kulit akibat gesekan paha bagian dalam dapat menyebabkan luka terbuka dan infeksi pada kasus yang serius. Iritasi akibat gesekan paha bagian dalam juga bisa menggelapkan atau menghitamkan kulit di area tersebut.

Jika mengalami tanda-tanda berikut, sebaiknya kamu pergi ke dokter segera:

  • Lepuh atau bisul
  • Benjolan atau luka
  • Mengalir
  • Nanah putih atau kuning
  • Berdarah
  • Pembengkakan kulit
  • Perubahan warna abu-abu atau gelap
  • Perubahan warna lipatan atau lipatan kulit

Dokter mungkin merekomendasikan krim kortikosteroid untuk membantu meredakan kemerahan dan gatal.

Reference
Share