manfaat aloe vera untuk wajah

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan manfaat aloe vera untuk wajah, khasiat yang paling terkenal yaitu dapat menenangkan wajah. Banyak brand produk perawatan kulit yang menjadikan aloe vera atau lidah buaya sebagai bahan utama, hal ini karena manfaatnya utamanya yang tidak perlu diragukan lagi.

Orang-orang dahulu hanya menggunakan tanaman lidah buaya hanya untuk vitamin rambut, karena dipercaya dapat melebatkan dan menyehatkan kulit kepala. Kini produk aloe vera mulai meluas mulai dari produk perawatan tubuh dan wajah. Apa saja manfaatnya? Yuk cari tahu!

10 Manfaat aloe vera untuk wajah

Aloe vera memiliki kandungan antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat untuk meremajakan kulit. Berikut adalah manfaat kandungan lidah buaya untuk wajah:

1. Mengatasi mata bengkak

Lidah buaya dikemas dengan mineral, vitamin dan asam amino yang membantu mengembalikan elastisitas kulit dan juga menghilangkan bengkak di sekitar mata. 

2. Mengatasi sunburn

Aloe vera juga membantu meredakan sunburn atau sengatan matahari, namun penelitian menunjukkan bahwa itu bukan cara yang efektif untuk mencegah sengatan matahari, jadi pastikan kamu memakai sunscreen setiap hari!

3. Mencegah penuaan

Menghidrasi kulit dengan aloe vera dapat memperlambat garis halus dan kerutan muncul. Kulit yang terhidrasi dengan baik juga tidak akan mudah bermasalah.

7 Tips Menghilangkan Kerutan Di Wajah Bikin Tambah Awet Muda

4. Merawat luka kecil

Struktur molekul lidah buaya membantu menyembuhkan luka dengan cepat, juga meminimalkan jaringan parut dengan meningkatkan kolagen dan melawan bakteri. 

5. Mengatasi kulit kering

Gel lidah buaya mudah menyerap, cocok untuk kulit kering maupun berminyak. Kamu bisa menggunakannya sebagai pelembab setelah mandi karena mampu mengunci kelembaban kulit. 

6. Merapikan alis

Gel lidah buaya dapat membantu kamu mendapatkan alis yang rapi dan mudah diatur secara instan tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu.

7. Memudarkan area yang gelap

Senyawa yang disebut aloesin, yang ditemukan di tanaman lidah buaya, dapat membantu mencerahkan kulit wajah yang tidak merata.

8. Meredakan eksim

Efek pelembab lidah buaya dapat membantu meringankan kulit kering dan gatal yang terkait dengan eksim. Gel lidah buaya juga dapat membantu meringankan dermatitis seboroik

9. Meredakan psoriasis

Seperti eksim, lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan dan gatal akibat psoriasis. Untuk hasil terbaik, oleskan gel lidah buaya dua kali sehari ke area kulit yang terkena.

10. Merawat jerawat meradang

Efek anti-inflamasi dari lidah buaya dapat membantu mengobati jerawat yang meradang, seperti pustula dan nodul. Oleskan gel dengan kapas langsung ke jerawat tiga kali sehari.

Bolehkah memakai aloe vera di wajah setiap hari?

cara menghilangkan minyak di wajah

Perlu diingat, bahwa gel lidah buaya topikal tidak sama dengan menggunakan tanaman langsung di wajah. Kamu boleh saja memakai aloe vera setiap hari di wajah, namun jika tidak melihat adanya perbaikan dalam beberapa hari, sebaiknya segera konsultasi ke dokter kulit. Tidak semua orang akan cocok dengan produk aloe vera untuk wajah, jadi kamu harus tetap berhati-hati.

Aloe vera dapat menjadi sumber pengobatan alami untuk berbagai masalah kulit. Namun, National Centre for Complementary and Integrative Health mengatakan tidak ada cukup bukti pasti untuk mendukung semua manfaat lidah buaya yang diklaim, meskipun aman bila digunakan pada kulit.

12 Manfaat Air Mawar untuk Wajah, Bisa Awet Muda, Lho!

Cara pakai aloe vera untuk wajah

Kamu bisa langsung mengoleskan produk krim dengan kandungan aloe vera ke wajah secara merata. Namun jika kamu memilih untuk menggunakan gel aloe vera langsung dari tanamannya, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Keluarkan gel dengan hati-hati menggunakan sendok atau pisau — daun lidah buaya yang sangat besar mungkin mengandung gel padat,
  • Cuci gel dengan hati-hati untuk membersihkannya dari residu,
  • Tempatkan gel dalam wadah yang dapat ditutup dan dinginkan sebelum digunakan,
  • Simpan wadah gel di lemari es untuk menjaga kesegerannya,
  • Aplikasikan aloe vera yang sudah bersih ke wajah secara perlahan.

Selalu lakukan patch test atau uji alergi sebelum mengoleskan lidah buaya ke wajah. Oleskan sedikit gel ke bagian dalam pergelangan tangan untuk memeriksa reaksi. Tunggu 24 jam, jika kulit mulai terasa gatal, membengkak, atau tidak nyaman, maka jangan mengoleskan lidah buaya ke wajah.

Selamat mencoba!

Share artikel ini
Reference