Cara membuat sugar wax
Hidup Sehat Perawatan Tubuh

Cara Membuat Sugar Wax dengan Bahan Alami, Ini Manfaatnya!

Putri Aprillia | April 12, 2022
Share

Wanita terkadang melakukan waxing untuk menghilangkan bulu pada beberapa bagian tubuh. Bulu yang terlalu banyak atau panjang terkadang membuat penampilan berkurang. Apakah metode waxing pada beberapa bagian tubuh berbeda dengan metode lain?

Nah, kalau kamu ingin menghilangkan bulu secara alami, kamu bisa menggunakan sugar waxing. Apa itu sugar wax dan bagaimana cara membuat sugar wax serta tips memakainya? Yuk simak ulasan ini agar bulu semakin mudah dihilangkan!

Apa itu sugar wax?

Waxing dikenal sebagai salah satu metode atau teknik untuk menghilangkan bulu dalam jumlah banyak. Cara ini bisa dilakukan mencabut bulu dengan cara membuat sugar wax atau sugaring di tubuh kamu dengan cairan khusus berupa gula karamel yang sudah dipanaskan.

Sugar wax yang telah dipanaskan akan dioleskan ke bagian tubuh yang akan dicabut bulunya, setelah itu kamu perlu menempelkan handuk atau kain kasa. Kain tersebut perlu ditekan-tekan selama beberapa saat dan setelah beberapa saat, tarik melawan arah olesan sugar wax dan rambut akan tercabut sampai ke akarnya.

Meskipun pada dasarnya seluruh bagian tubuh yang ditumbuhi oleh bulu bisa mendapat perawatan ini, namun sebagian besar mereka yang mencabut bulu dengan cara waxing hanya memilih bagian tertentu seperti:

  • Lengan
  • Punggung
  • Perut
  • Betis
  • Paha
  • Bagian wajah

Sugar wax sendiri memiliki bahan dan isian yang berbeda dengan lilin yang biasanya digunakan untuk mencabut bulu pada umumnya. Olahan ini merupakan kombinasi dari gula, air, dan jus lemon yang digunakan sebagai bahan olesan pada saat mencabut bulu. Bahan ini akan dibuat seperti pasta lengket yang saat ini dapat kamu beli dengan mudah.

Perbedaan sugar wax dengan waxing biasa

Apakah sugar wax berbeda dengan metode pencabutan bulu yang biasa? Tentunya ada perbedaan meskipun hanya sedikit. Untuk cara pengaplikasiannya hampir sama, namun ada beberapa perbedaan antara sugar wax dengan waxing pada umumnya, yaitu:

Bahan

Sebagian besar produk waxing biasa menggunakn lilin sintetis. Beberapa orang mungkin akan alergi dengan bahan lilin ini seperti tambahan wewangian atau warna di pembuatan lilin untuk waxing-nya. Namun untuk cara membuat sugar wax, bahan yang digunakan relatif alami dan tidak terlalu banyak sehingga tidak membutuhkan pengawet atau pewarna.

Aplikasi

Lilin yang digunakan untuk waxing biasa mengandung lilin keras seperti penghilangkan rambut dan hanya aman untuk beberapa bagian tubuh namun kurang baik untuk bagian tubuh lain yang lebih sensitif, sedangkan sugar wax dikenal aman untuk bagian tubuh manapun yang ditumbuhi bulu.

Suhu

Dalam membuat lilin untuk waxing biasa, biasanya air yang digunakan sebagai campuran harus hangat sedangkan untuk sugar wax memiliki fungsi yang terbaik pada suhu kamar. Tentunya ini akan jauh lebih aman dan menghindar kulit terasa terbakar.

Dampak lingkungan

Lilin yang terbuat dari gula merupakan bahan biodegradable atau yang mudah terurai saat dibuang, sebaliknya, pada lilin sintetis, tentunya bahan ini tidak mudah untuk terurai dan mempunyai efek yang lebih membahayakan untuk lingkungan.

Biaya

Biaya untuk membuat sugar wax relatif lebih murah dengan bahan-bahan umum yang biasa ditemukan di dalam rumah. Tentunya biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit dibandingkan dengan membeli peralatan waxing kosmetik yang sudah jadi atau bahkan harus mengunjungi salon jika ingin menghilangkan bulu dalam jumlah besar.

Fungsi sugar wax

Fungsi dan cara kerja dari sugar wax adalah bentuk pencukuran bulu yang menghilangkan rambut langsung dari akarnya. Zat lengket yang menempel pada rambut dan kulit akan menahannya dan ketika dicabut, maka zat dan rambut akan ikut tercabut bersama dengan kain pelapisnya.

Fungsi dari waxing ini adalah menghilangkan rambut dalam jumlah besar namun tidak menimbulkan rasa sakit.

Cara membuat sugar wax di rumah

Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara membuat sugar wax sendiri di rumah, kamu bisa membuatnya dengan sangat mudah. Dikutip dari medical news today, berikut ini cara membuat lilin gula di rumah:

  • Siapkan gula, air, dan jus lemon dengan rasio 2:1 gula untuk dapat cair. Kamu dapat mempertimbangkan lagi ukurannya tergantung dari berapa banyak yang akan kamu buat.
  • Contohnya, jika menggunakan 1 cangkir gila, maka tambahkan ¼ cangkri air dan ¼ cangkir jus lemon.

Cara membuat sugar wax:

  • Campur bahan dalam mangkuk yang sama.
  • Tuangkan adonan ke dalam panci dan taruh di atas kompor.
  • Panaskan bahan-bahan secara perlahan dengan menggunakan api sedang
  • Panaskan dan jangn sampai mendidih.
  • Gunakan termometer makanan untuk dapat mengecek suhu campuran. Jika telah mencapai 110-126 derajat celcius, maka segera angkat pancinya.
  • Tuang adonan dalam wadah kaca agar dingin.
  • Pastikan sudah mencapai suhu ruangan sebelum diaplikasikan ke kulit

Setelah mengetahui cara membuat sugar wax sendiri di rumah, maka kini kamu bisa segera mengaplikasikannya. Namun saat ini juga sudah banyak produk serupa yang dijual baik di toko online atau offline dan kamu bisa dengan mudah membelinya. Lalu bagaimana tips memakainya di rumah?

Tips waxing sendiri di rumah

Agar dapat melakukan sendiri sugaring di rumah, kamu dapat mulai mencoba untuk mengumpulkan bahan dan cara membuat sugar wax. Penting untuk memilih bagian tubuh mana yang akan kamu waxing karena bulu yang terlalu pendek tidak akan membuat pasta gula menempel maksimal. Tunggu dulu hingga sampai agak panjang sekitar 0,5-1 cm.

Cara aman untuk melakukan waxing di rumah yaitu:

  • Bersihkan dan keringkan area kulit secara menyeluruh. Jika kulit lembab, maka lilin tidak akan menempel.
  • Ambil sedikit sugar wax dan dan taruh di tangan, gulung seperti bola.
  • Oleskan ke arah yang berlawanan dengan pertumbuhan rambut dan tempelkan pada bagian kulit.
  • Taruh kain kasa atau strip kapas ke sugar wax dan angkat tajam melawan arah olesan lilin gula atau arah pertumbuhan rambut.
  • Ulangi lagi 2-4 kali di seluruh area kulit sampai semua bulu tercabut.
  • Bersihkan sisa lilin gula dan laruka sisa gula yang masih menempel pada kulit dengan air hangat.
    Keringkan area setelah waxing.
  • Untuk menenangkan kulit, kamu bisa memakai gel lidah buaya atau kompres es di area kulit setelah waxing.
  • Hindari mandi air panas atau pancuran setelah beberapa hari dan jangan pakai pakaian ketat untuk mencegah iritasi pada area tersebut.

Cara membuat sugar wax dan pengaplikasikannya cukup mudah bukan? Kamu bisa menghilangkan bulu dengan bahan alami dan waktu yang relatif lebih cepat. Jangan lupa untuk berhati-hati dan patuhi aturan penggunaan agar menghindari iritasi bagian kulit karena waxing, ya ladies!

Reference
Share