Sebagai perempuan yang sudah mengalami pubertas, masa haid mungkin sudah menjadi teman baikmu setiap bulan.

Siklus haid yang kamu alami bisa saja  menimbulkan banyak gejala seperti kram perut, nyeri, sakit kepala bahkan mood yang berubah-ubah. Hal ini biasanya terjadi seminggu sebelum akhir periode haid. 

Untuk mengurangi gejala tersebut, orang-orang di sekelilingmu mungkin pernah merekomendasikan kamu untuk minum kunyit saat haid.

Resep tradisional ini sudah diwariskan secara turun temurun, terutama di kalangan wanita Indonesia. Tapi apakah minum kunyit saat haid memang ampuh mengatasi gejala nyeri haid? Atau ini hanya mitos saja? Yuk, simak informasinya di sini!

Apakah minum kunyit saat haid aman?

kunyit asam untuk haid

Kunyit adalah tanaman dengan kandungan gizi yang bervariasi. Tanaman akar ini ini bahkan kerap dikategorikan sebagai superfood.

Meski memiliki banyak manfaat, kunyit tetap memiliki risiko efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan setiap hari. Konsumsi kunyit yang berlebihan dapat berisiko menyebabkan sakit perut dan memicu maag. 

Kunyit dapat berinteraksi dengan jenis obat dan suplemen tertentu, seperti obat diabetes, obat tekanan darah, dan pereda nyeri.

Jadi, kalau kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi kunyit.

Sama halnya dengan minum jamu kunyit saat haid. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, kunyit aman kok buat kamu. Kalau kamu masih ragu, tidak ada salahnya kamu konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Kunyit Asam untuk Haid: Ramuan Herbal Kaya Manfaat

Manfaat minum kunyit saat haid

Minum kunyit saat haid dipercaya dapat meredakan berbagai gejala haid. Agar lebih jelas, cari tahu apa saja manfaat minum kunyit saat haid, yuk! 

1. Meredakan nyeri haid dan kram perut

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Biomedical and Pharmacology Journal menemukan bahwa kunyit efektif mengurangi nyeri haid pada 32 wanita berusia antara 15 dan 18 tahun.

Efek pereda nyeri kunyit didasarkan pada kandungan kurkumin, antosianin, minyak atsiri, dan tanin. Saat dikonsumsi, kunyit menghambat produksi prostaglandin, hormon pemicu nyeri pada tubuh.

Tidak hanya itu, rempah-rempah tersebut dapat membuat otot menjadi lebih rileks sehingga dapat mengurangi tekanan di berbagai area tubuh.

Kram Perut saat Haid, Kenali Penyebab hingga Cara Mengatasinya

2. Mengurangi darah haid yang berlebihan

Kunyit merupakan tanaman yang sangat kaya akan antioksidan. Berbagai antioksidan yang terkandung di dalamnya dalam mengurangi darah haid yang berlebihan.

Jadi, jika kamu  sering mengalami masalah darah haid berlebihan yang pada akhirnya mengganggu aktivitasmu sehari-hari, tidak ada salahnya kamu mengonsumsi kunyit.

Bukan hanya itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada kunyit juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Mengatasi haid tidak teratur

Kunyit telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi siklus haid yang tidak teratur. Sifat antiradang yang dimiliki kunyit diyakini berpotensi mengurangi peradangan pada tubuh.

Minum kunyit saat haid dipercaya mampu mengembalikan siklus haid yang tidak teratur.

Ini Manfaat Minum Folavit Saat Haid dan Efek Sampingnya

4. Meredakan gejala depresi dan stres

Salah satu gejala yang terjadi saat haid adalah perubahan mood yang drastis atau disebut mood swing. Kunyit memang telah terbukti memiliki kemampuan untuk mengobati gejala depresi dan stres yang kerap dialami perempuan yang sedang haid.

Akan tetapi, belum ada penelitian yang secara khusus meneliti kemampuan kunyit untuk meredakan kram menstruasi yang berhubungan dengan bad mood.

Meski demikian, potensi ini bisa menjadi langkah awal untuk menggali lebih dalam manfaat minum kunyit saat haid.

5. Mencegah infeksi

Haid dapat meningkatkan risiko berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh jamur dan bakteri pada vagina.

Kunyit bisa menjadi andalan dalam menghentikan dan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Minum kunyit saat haid dapat menjadi zat antijamur dan antiseptik alami yang efektif menjaga kesehatan vagina.

6. Meredakan perut kembung dan sembelit

Minum kunyit saat haid juga efektif meredakan kembung dan sembelit. Bahan makanan yang populer di Indonesia ini dapat meningkatkan pencernaan berkat sifat antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasinya.

Jadi, kalau kamu sering mengalami masalah pencernaan saat haid, cobalah minum ramuan atau jamu kunyit dan lihat hasilnya.

Perut Kembung Saat Haid, Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya

Efek samping minum kunyit saat haid

Kunyit adalah salah satu tanaman dan bumbu makanan paling populer di Indonesia. Minum kunyit saat haid memberikan berbagai manfaat, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Meski demikian, jangan mengonsumsi kunyit lebih dari 500 mg per hari. Hal ini dikarenakan berbagai efek samping yang mungkin muncul.

Efek samping kunyit termasuk pendarahan, gangguan pencernaan, gangguan empedu, penyakit hati, kontraksi rahim, dan alergi. Beberapa orang mendapat efek samping secara langsung segera setelah mengonsumsi ramuan kunyit, mulai dari mual, diare, dan pusing ringan.

Apakah Kunyit Bisa Menghentikan Haid? Begini Penjelasannya!

Share artikel ini
Reference