sulit tidur haid

Cara menyembuhkan insomnia mungkin sangat kamu perlukan saat sudah terlalu sering sulit tidur di malam hari. Sulit tidur atau insomnia kini tidak hanya menyerang orang dewasa, tapi juga para remaja awal yang mulanya hobi begadang.

Kurangnya istirahat di malam hari tentu akan menyebabkan banyak masalah. Mulai dari kondisi kesehatan menurun, hingga produktivitas di siang hari yang ikut menurun juga. Agar semua itu tidak semakin parah, yuk cari tahu cara menyembuhkannya!

Insomnia adalah

Insomnia adalah gangguan tidur umum yang menyebabkan seseorang sulit tertidur, sulit untuk tetap tertidur, atau menyebabkan kamu bangun terlalu dini dan tidak dapat kembali tidur. Kamu juga mungkin masih merasa lelah saat bangun tidur. 

10 Cara Tidur Nyenyak, Bahkan Saat Haid!

Insomnia tidak hanya melemahkan tingkat energi dan suasana hati, tetapi juga kesehatan, kinerja, dan kualitas hidup kamu. Setiap orang memiliki waktu tidur idealnya masing-masing, tetapi kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam semalam.

Pada titik tertentu, banyak orang dewasa mengalami insomnia jangka pendek (akut), yang berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Biasanya disebabkan oleh stres atau peristiwa traumatis. 

Tetapi beberapa orang mengalami insomnia jangka panjang (kronis) yang berlangsung selama satu bulan atau lebih. Insomnia mungkin menjadi masalah utama, atau mungkin terkait dengan kondisi medis atau obat-obatan lainnya.

Jenis insomnia

penutup mata untuk tidur

Pada dasarnya, ada dua jenis insomnia yang bisa kamu alami yaitu primer dan sekunder.

  • Insomnia primer: Masalah tidur yang tidak terkait dengan kondisi atau masalah kesehatan lainnya.
  • Insomnia sekunder: Masalah kesulitan tidur karena kondisi kesehatan (seperti asma, depresi, radang sendi, kanker, atau mulas); rasa sakit; pengobatan; atau penggunaan zat (seperti alkohol).

Beberapa jenis insomnia berdasarkan gejalanya juga terbagi kepada:

  • Insomnia onset: Berarti kamu mengalami susah tidur.
  • Insomnia pemeliharaan tidur: Terjadi ketika kamu mengalami kesulitan untuk tetap tidur sepanjang malam atau bangun terlalu dini.
  • Insomnia campuran: Kamu mengalami kesulitan tidur dan tetap tertidur sepanjang malam.
  • Insomnia paradoks: Ketika kamu mengalami insomnia paradoks, kamu akan mulai meremehkan waktu tidur. Rasanya kamu seperti tidur sangat sebentar padahal kenyataannya tidur dalam waktu lama.

Penyebab insomnia

Insomnia kronis biasanya merupakan akibat dari stres, trauma atau kebiasaan buruk yang mengganggu tidur. Insomnia yang parah bisa berlangsung selama bertahun-tahun. Penyebab umum insomnia meliputi:

  • Stres. Kekhawatiran tentang pekerjaan, sekolah, kesehatan, keuangan, atau keluarga dapat membuat pikiran tetap aktif di malam hari, sehingga sulit untuk tidur. 
  • Kebiasaan tidur yang buruk. Termasuk jadwal waktu tidur yang tidak teratur, tidur siang, merangsang aktivitas sebelum tidur, lingkungan tidur yang tidak nyaman.
  • Makan terlalu banyak di malam hari. Makan makanan ringan sebelum tidur boleh-boleh saja, tetapi makan terlalu banyak dapat membuatmu tidak nyaman saat berbaring. 
  • Konsumsi alkohol, kafein, dan nikotin berlebih.
  • Jet lag, atau kondisi dimana tubuhmu masih berusaha beradaptasi dengan suasana baru. Biasanya dialami saat kamu selesai melakukan perjalanan dengan pesawat.

Cara menyembuhkan insomnia

Jika kamu mulai merasa kesulitan tidur atau tidak memiliki waktu tidur yang berkualitas. Cobalah beberapa cara menyembuhkan insomnia berikut ini:

1. Pijat sebelum tidur

Terapi pijat adalah teknik terbaik untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Pijat di malam hari mengurangi rasa sakit, kecemasan, depresi dan meningkatkan kualitas tidur. Sama sekali tidak perlu mengambil pijatan dari seorang profesional, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.

2. Mandi air hangat

Setelah hari yang panjang dan melelahkan, berendam dalam air hangat tidak hanya akan membuat kamu rileks, tetapi juga membantu mendapat tidur yang berkualitas. 

3. Konsumsi buah ara

Buah ara mengandung banyak kalium, magnesium, kalsium, dan zat besi. Mineral ini membantu aliran darah dan kontraksi otot, yang keduanya diperlukan untuk tertidur. Selain rasanya yang manis, buah ara juga memiliki serat yang akan membuat perutmu kenyang.

4. Minum teh Chamomile

Teh chamomile adalah minuman herbal populer yang telah terbukti memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Teh chamomile mengandung antioksidan yang dapat mengatasi kelelahan, dan telah terbukti meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

5. Minyak lavender

Minyak esensial lavender paling dikenal untuk meningkatkan mood dan meningkatkan kualitas tidur. Kamu bisa meletakkan beberapa tetes minyak di tangan dan mencium aromanya. Minyak lavender umumnya aman digunakan.

Kesadaran untuk mengobati insomnia sedini mungkin menjadi langkah awal yang baik. Kualitas hidup kamu juga ditentukan oleh tidur yang berkualitas, karena tubuh perlu istirahat agar bisa melakukan yang terbaik.

Tidur nyenyak dengan pembalut malam

pembalut malam

Jika kamu sulit tidur saat haid, biasanya penyebabnya karena perasaan tidak nyaman dan juga kekhawatiran bakal bocor. Jangan takut karena ada beberapa produk yang dijual di pasaran untuk mengatasinya, salah satunya adalah pembalut malam.

Pembalut malam biasanya memiliki ukuran lebih panjang yang membuat pemakainya nyaman dan tidak takut bocor. Sebagai opsi, kamu juga bisa memilih pembalut malam dari 100% organic cotton yang memiliki permukaan kering.

Bahan organik pada pembalut akan membuat area privat kamu tetap bisa bernapas saat tidur. Tidur kamu juga lebih nyenyak dengan perasaan yang nyaman dan tentunya tak ada lagi kekhawatiran akan adanya bocor di tengah malam.

Share artikel ini
Reference