manfaat minum folavit saat haid

Suplemen asam folat seperti Folavit umumnya dikonsumsi oleh ibu hamil karena untuk membantu memenuhi kebutuhan asam folat di masa kehamilan.

Namun, bagaimana jika minum Folavit saat haid, apakah diperbolehkan? Yuk, simak langsung ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya!

Apa itu Folavit?

Folavit merupakan suplemen yang berguna untuk membantu penuhi kebutuhan asam folat. Ada dua jenis dosis Folavit yang bisa kamu konsumsi, yakni tablet dengan dosis 400 mcg, serta tablet dengan dosis 1000 mcg. 

Umumnya, suplemen ini memang dikonsumsi oleh ibu hamil serta ibu menyusui, tapi beberapa wanita juga minum Folavit saat haid. 

Apakah Minum Teh Saat Haid Diperbolehkan?

Manfaat Folavit untuk wanita

Yuk, ketahui sejumlah manfaat Folavit untuk wanita.

1. Cegah anemia

Salah satu alasan mengapa Folavit dikonsumsi saat haid adalah untuk mencegah anemia terutama bagi wanita yang kerap mengeluarkan banyak darah ketika menstruasi. Ini karena Folavit dapat membantu proses pembentukan sel darah merah baru. Sehingga anemia bisa dicegah. 

2. Membuat siklus haid lebih teratur

Folavit juga diketahui dapat membantu membuat siklus ovulasi dan menstruasi menjadi teratur. Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Annals of Epidemiology juga mengungkapkan bahwa mengkonsumsi suplemen asam folat dapat membantu membuat siklus haid lebih stabil. 

Menstruasi

3. Meningkatkan kesuburan

Asam folat yang cukup juga sangat membantu pasangan yang tengah menjalani promil memiliki peluang kehamilan yang lebih tinggi karena asam folat dapat membantu meningkatkan kesuburan. 

Seperti yang sudah dijelaskan, suplemen asam folat seperti Folavit dapat membantu menstruasi dan ovulasi menjadi lebih teratur. Siklus menstruasi yang tidak teratur juga dapat mengurangi kesuburan. 

Namun dengan minum Folavit saat haid bisa membantu siklus menstruasi menjadi lebih teratur dan memiliki manfaat yang baik untuk kesuburan tentunya.

4. Mencegah anovulasi

Anovulasi merupakan kondisi dimana ovulasi menurun atau bahkan tidak terjadi. Salah satu penyebab paling umum adalah Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) dan ketidakseimbangan hormon.

Cara untuk mencegah ovulasi adalah membuat siklus haid menjadi lebih teratur. Minum Folavit dapat membantu meningkatkan peluang ovulasi yang lebih teratur. Namun, tentu saja harus diimbangi dengan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan sehat, olahraga, jaga berat badan yang sehat, serta hindari stres.

5. Tingkatkan kadar hormon progesteron

Manfaat minum Folavit saat haid selanjutnya adalah meningkatkan kadar progesteron dalam tubuh. Asam folat yang cukup dapat berpengaruh pada siklus menstruasi. Ini karena kadar hormon progesteron yang naik sehingga menstruasi menjadi lebih teratur. 

Selain untuk untuk menstruasi, kadar hormon progesteron juga berpengaruh penting pada ibu hamil. Bahkan, progesteron juga berperan dalam menjaga kesehatan ibu ketika masa kehamilan.

Bukan hanya itu, hormon yang satu ini juga bermanfaat untuk memperbaiki ritme menstruasi hingga kerusakan pada otak. 

Minum Alkohol Saat Haid, Apakah Aman?

Efek samping minum Folavit saat haid

Setelah mengetahui manfaat minum Folavit saat haid, kamu juga perlu tahu sejumlah efek samping yang dapat ditimbulkan.

Efek samping ini muncul ketika tubuh mengalami kelebihan asam folat, hal ini akan membuat vitamin B12 dalam tubuh menjadi berkurang dan tidak terdeteksi. 

Perlu diketahui bahwa tubuh menggunakan vitamin B12 dan folat dengan proses yang mirip. Sehingga jika ternyata tubuh kekurangan vitamin B12, kadang kondisi ini tidak terdeteksi karena gejalanya yang mirip seperti lelah, lesu, lebih sulit berkonsentrasi dan beberapa gejala lainnya. 

Selain itu, beberapa penelitian juga mengungkapkan ternyata suplementasi asam folat dapat menyamarkan atau menutupi anemia megaloblastik akibat kekurangan vitamin B12. 

Ini sebabnya, penting untuk mencukupi asam folat harian namun jangan sampai berlebihan. Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi Folavit.

Nantinya, dokter akan meresepkan dosis yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh efek samping yang dijelaskan tadi bisa dicegah. 

Meskipun begitu, tapi minum Folavit saat haid tetap diperbolehkan dan tidak berbahaya karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Hal yang perlu diperhatikan adalah dosis Folavit yang perlu kamu konsumsi, karena setiap orang memiliki kebutuhan asam folat yang berbeda. Jika ternyata kebutuhan asam folat harian sudah dipenuhi lewat makanan, kamu tidak memerlukan suplemen asam folat lagi.

Share artikel ini
Reference