kapas pembalut

Women’s sanitary napkin is airy and soft

Menggunakan pembalut sudah lumrah bagi wanita yang sedang menstruasi. Namun, tahukah kamu dari bahan apa pembalut kamu dibuat? Salah satu pembalut yang nyaman dipakai dan juga baik untuk area intim kamu terbuat dari kapas organik.

Penasaran dengan fungsi kapas pembalut? Yuk, baca terus!

Apa itu kapas pembalut?

Kapas pembalut merupakan bantalan kapas yang terbuat dari kapas yang umumnya digunakan untuk keperluan medis hingga kosmetik. Pada bidang medis, kapas ini kerap digunakan untuk mencegah maupun menghentikan pendarahan dari tusukan kecil, seperti suntikan.

Dalam dunia kecantikan, kamu bisa menggunakan bantalan kapas untuk menghapus riasan. Selain itu, teksturnya yang cukup lembut bahkan aman untuk digunakan pada kulit bayi.

Bahan kapas pembalut

Kapas pembalut memiliki berbagai pilihan material yang menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Beberapa material yang umum digunakan adalah fleece, bamboo, terry, flannel, microfiber dan juga polyester.

Bahan cotton bamboo merupakan salah satu jenis yang paling sering digunakan. Bahan yang satu ini memiliki bentuk yang tipis dengan tekstur lembut. Cotton pad ini juga cocok untuk mengaplikasikan toner.

Selain itu, ada bahan fleece yang memiliki daya serap sedang dan tekstur yang lembut. Namun, jika kamu ingin menggunakannya untuk membersihkan wajah, memilih cotton pad dengan bahan fleece lebih cocok, karena bahan ini lebih bertekstur dan berserat sehingga dapat membantu eksfoliasi kulit.

Kegunaan kapas pembalut

Kapas pembalut berguna dalam bidang medis sampai dengan kecantikan. Cotton pad umum digunakan untuk menghapus make up dan sisi masker pada wajah. Namun, selain itu, bantalan kapas ini juga dapat digunakan sebagai pembalut.

Untuk bahan pembalut yang memang langsung bersentuhan dengan area privat wanita, saran terbaik untuk memilih pembalut dari katun 100%

Kapas pembalut menstruasi

Menggunakan cotton pads saat menstruasi merupakan langkah yang baik, apalagi pembalut ini juga tidak menyebabkan alergi pada kulit.

Selain itu, survei juga menunjukan bahwa pembalut kait terkait dengan periode yang lebih pendek dan membantu mengurangi PMS.

Sering kali, mereka yang menggunakan produk menstruasi sekali pakai kerap mengeluhkan haid yang berlangsung lebih lama dan PMS yang lebih buruk.

5 Manfaat Daun Kelor untuk Rahim, Bisa Meringankan Gejala PMS!

Selain itu, penggunaan kapas pembalut saat menstruasi juga membantu membantu mengurangi toxic shock syndrome (TSS).

Ini adalah penyakit yang berkaitan dengan penggunaan pembalut dan tampon yang memiliki daya serap super.

Dengan penggunaan cotton pad yang tidak memiliki kandungan bahan kimia, risiko toxic shock syndrom pun dapat berkurang.

Bukan hanya dari tingkat kenyamanan, penggunaan cotton pad pada pembalut juga dapat memberikan kenyamanan yang lebih baik.

Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir, pasalnya, pembalut ini juga anti bocor sehingga aman dan nyaman.

Tips memilih kapas pembalut yang baik

Memilih pembalut yang baik sangat penting untuk membuat kamu tetap nyaman ketika menstruasi dan aman dari berbagai risiko bahan kimia berbahaya dalam pembalut.

Apalagi, setiap wanita memiliki menstruasi yang berbeda baik itu dari durasi, aliran atau gejala PMS. Berikut sejumlah tips memilih pembalut yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Serba-Serbi Pembalut Wanita, Jangan Sampai Salah Pilih

1. Daya serap yang baik

Aliran darah haid setiap wanita memang berbeda, Apakah kamu membutuhkan pembalut dengan daya serap tinggi atau pembalut biasa.

Jika aliran darah deras, kamu bisa memilih pembalut dengan bantalan yang lebih panjang dan sebaliknya.

2. Perhatikan panjang pembalut

Panjang pembalut juga dapat kamu sesuaikan dengan tingkat aliran darah haid. Apakah kamu membutuhkan pembalut yang lebih panjang atau pembalut biasa.

Di malam hari, pembalut panjang jadi favorit banyak wanita karena tubuh yang kerap bergerak saat tidur. Kamu bisa memilih pembalut panjang namun tipis sehingga tetap nyaman, ya.

3. Perhatikan bahan pembalut

Kamu mungkin belum tahu, jika beda pembalut beda juga bahannya. Kamu perlu memilih tergantung pada jenis kulit kamu.

Bahkan, ada pembalut khusus kulit sensitif untuk wanita yang memiliki kulit sensitif. Selain itu, kamu juga bisa beralih ke pembalut dari kapas organik yang lebih aman untuk pemilik kulit sensitif.

4. Gaya Hidup

Gunakanlah pembalut yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Jika kamu cukup aktif, gunakan pembalut yang tidak mudah bergeser, berdaya serap tinggi namun tipis sehingga lebih nyaman untuk beraktivitas.

Tips Memilih Pembalut yang Tidak Mengandung Klorin dan Aman Digunakan

Share artikel ini
Reference