Obat memperlancar haid

Biasanya, wanita akan merasa khawatir ketika haidnya tidak lancar. Apakah kamu juga merasakannya? Haid yang tidak lancar terjadi ketika siklusnya melambat, atau bahkan sampai tidak terjadi haid sama sekali. Ada berbagai macam penyebabnya. Jika kamu mengalaminya dan kondisinya tidak kunjung membaik, kamu memerlukan penanganan dokter.

Untuk mengatasi haid yang tidak normal, kamu bisa mengonsumsi obat memperlancar haid. Namun, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat, kamu harus mengetahui penyebab haid tidak lancar, obat memperlancar haid, dan apakah mengonsumsinya tergolong aman. Supaya lebih paham, simak terus artikel ini sampai habis, ya.

Mengenal kondisi haid tidak lancar

Haid merupakan proses luruhnya dinding rahim yang ditandai dengan keluarnya darah dari vagina. Siklus yang normal umumnya terjadi sekitar 28 hingga 36 hari. Sebaliknya, proses haid itu biasanya berlangsung selama 3 hingga 7 hari saja. Setiap orang bisa mengalami siklus haid yang beragam, bisa lebih sebentar atau lebih lama. Namun, wanita biasanya mengalami haid yang tidak lancar setelah memasuki masa pubertas. Penyebabnya karena ketidakseimbangan hormon.

Haid bisa dikatakan tidak lancar jika:

  • Siklusnya berlangsung lebih dari 35 hari atau kurang dari 21 hari.
  • Setiap bulan, lama haidnya berubah-berubah.
  • Kuantitas darah yang keluar tidak sama, bisa banyak dan bisa juga sedikit.

Kondisi haid tidak lancar digolongkan dalam beberapa tipe yang meliputi:

  • Perdarahan uterus yang abnormal, yaitu saat volume darah haid lebih banyak, haid terjadi lebih dari satu minggu, atau terjadi pendarahan atau bercak di antara dua siklus haid.
  • Dismenore, yaitu ketika wanita merasa nyeri atau kram perut yang hebat saat haid.
  • Polymenorrhea, adalah siklus haid yang terjadi kurang dari 3 minggu atau 21 hari.
  • Oligomenorea, merupakan kondisi saat siklus haid berlangsung lebih lama atau bahkan tidak terjadi haid sama sekali setelah 35 hari.
  • Amenorrhea, adalah ketika wanita sudah tidak mengalami haid selama tiga bulan.

Penyebab haid tidak lancar

Ketika haid tidak lancar, ada beberapa faktor penyebabnya. Berikut ini merupakan berbagai faktor yang bisa menyebabkan haid tidak lancar.

1. Menjelang menopause

Haid tidak lancar bisa terjadi menjelang menopause. Saat menopause, tubuh memproduksi hormon progesteron dan estrogen dengan tidak teratur. Hal ini menyebabkan haid tidak teratur sehingga mungkin membutuhkan obat memperlancar haid.

2. Masa kehamilan

Salah satu tanda terjadinya kehamilan adalah berhentinya siklus haid. Untuk memastikan apakah kamu hamil atau tidak, kamu bisa memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memeriksa melalui USG maupun tes kehamilan.

3. Penggunaan alat kontrasepsi

Perubahan pada siklus haid bisa terjadi karena pemakaian alat kontrasepsi. Pemakaian pil KB bisa mengakibatkan volume darah yang keluar saat haid hanya sedikit. Bahkan, ketika menggunakan pil KB, kamu bisa tidak mengalami haid sama sekali sampai setengah tahun.

4. Stres dan pola hidup

Stres dapat memberikan pengaruh terhadap siklus haid kamu. Selain stres, melakukan olahraga yang berlebihan, penurunan berat badan yang drastis, atau obesitas juga bisa menyebabkan haid tidak lancar. Pola hidup seperti ini bisa menyebabkan berkurangnya produksi hormon reproduksi.

5. Mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Seorang wanita yang menderita PCOS bisa mengalami siklus haid dengan volume darah yang sedikit atau bahkan tidak mengalami haid. PCOS merupakan kelainan hormonal pada wanita yang membuat proses pelepasan sel telur berlangsung tidak normal.

6. Kelenjar tiroid mengalami masalah

Kelenjar tiroid yang bermasalah bisa mempengaruhi haid. Jika kamu mengalaminya, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan tes darah untuk melihat kadar hormon tiroid dalam darah.

Selain beberapa penyebab tersebut, haid yang tidak lancar juga bisa disebabkan oleh gangguan makan, obat-obatan tertentu, kadar prolaktin yang tinggi, dan penyakit diabetes.

Cara memperlancar haid

Memperlancar haid bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan mengonsumsi obat. Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, kamu juga perlu mengetahui cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memperlancar haid.

  • Atur pola hidup agar lebih sehat. Misalnya, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, hindari kebiasaan merokok, dan tidur yang cukup.
  • Untuk sementara, hentikan olahraga yang berat.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Apabila setelah 3 bulan pemakaian alat kontrasepsi siklus haid tetap tidak lancar, gantilah alat kontrasepsi yang digunakan.
  • Jalani pengobatan jika kamu mengalami penyakit tiroid atau PCOS.
  • Apabila berat badan menurun drastis, coba jalani konseling.
  • Jalani pemeriksaan kesehatan secara teratur.
  • Konsultasikan ke dokter jika siklus haid berlangsung lebih dari satu minggu atau mengalami nyeri yang parah.
  • Mengonsumsi obat untuk memperlancar haid.

Cara Memperlancar Haid, Konsumsi Makanan dan Minuman Ini!

Obat untuk memperlancar haid

Karena haid yang tidak lancar bisa membuat khawatir, penting untuk segera mengatasinya. Lantas, adakah obat untuk melancarkannya? Jika kamu mengalami masalah haid, kamu bisa mengonsumsi obat yang bekerja agar tubuh melepaskan hormon yang memicu haid.

1. Bromokriptin

Bromokriptin dapat memblokir pelepasan hormon prolaktin. Kelebihan hormon prolaktin bisa menyebabkan haid yang tidak normal. Jadi, jika kamu mengalami kelebihan hormon prolaktin, obat ini bisa mengatasinya. Obat bromokriptin digunakan untuk mengobati masalah haid tertentu, misalnya amenore.

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan kapsul. Dosis yang dikonsumsi akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien.

2. Progestin

Selain bromokriptin, kamu bisa mengonsumsi progestin untuk melancarkan siklus haid. Obat ini bekerja dengan menyeimbangkan jumlah hormon estrogen yang diproduksi tubuh. Obat ini bisa menyebabkan beberapa efek samping, seperti pusing, sakit kepala, perut kembung, dan lain-lain.

3. Pil KB

Selain berfungsi sebagai alat kontrasepsi, pil kb ini juga bisa melancarkan siklus haid. Apabila dikonsumsi rutin selama 6 bulan, siklus haid bisa kembali normal. Obat ini bisa meredakan gejala haid, seperti munculnya jerawat atau kram perut. Namun, obat ini bisa menyebabkan beberapa efek samping, seperti perubahan mood, perubahan berat badan yang drastis, perut kembung, dan sebagainya.

4. Clomid

Obat untuk memperlancar haid selanjutnya adalah clomid umumnya diresepkan oleh dokter jika kamu mengalami haid yang tidak normal. Obat ini bekerja dengan membentuk hormon yang memicu ovarium untuk memproduksi sel telur.

Saat ovulasi berlangsung dengan teratur, siklus haid akan menjadi lebih lancar. Mengonsumsi obat ini bisa memicu timbulnya berbagai efek samping seperti rasa mual, kembung, sakit kepala, dan sensasi panas dalam tubuh.

5. Gonadotropin

Obat memperlancar haid juga tersedia dalam bentuk hormon yang disuntikkan ke dalam tubuh. Salah satu jenis yang umum dipakai adalah gonadotropin. Hormon ini bekerja dengan membantu produksi sel telur agar haid lebih lancar. Efek sampingnya berupa memar kemerahan dan bengkak pada area kulit yang disuntik.

6. Metformin

Sebenarnya, metformin digunakan untuk mengontrol diabetes. Tetapi, obat ini juga bisa membantu penderita PCOS untuk menyeimbangkan produksi hormon androgen dan estrogen dalam tubuhnya. Saat hormon-hormon ini diproduksi secara seimbang, tubuh bisa melakukan ovulasi secara teratur. Hasilnya, haid pun menjadi lebih lancar.

Inilah berbagai jenis obat yang dikonsumsi untuk melancarkan siklus haid. Saat kamu ingin mengonsumsinya, disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jangan asal mengonsumsi obat agar setiap obat dapat memberikan reaksi yang berbeda.

Makanan pelancar haid

Selain beberapa jenis obat untuk memperlancar haid di atas, kamu bisa mengonsumsi obat alami memperlancar haid melalui makanan. Beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memperlancar haid, antara lain:

1. Wortel

Wortel mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan serat yang diperlukan tubuh. Mengonsumsi wortel bisa menyeimbangkan hormon dan menjaga kesehatanmu termasuk saat haid.

2. Tomat

Selain wortel, tomat juga kaya akan nutrisi. Khasiat dari mengonsumsi wortel adalah mengatasi haid yang tidak lancar dan menyembuhkan amenore. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus maupun sup secara rutin.

3. Kayu manis

Alternatif obat memperlancar haid selanjutnya adalah kayu manis. Rempah ini cukup populer karena baunya yang enak dan rasanya yang manis. Bahkan, rempah ini bisa memberikan sensasi hangat pada tubuh. Sensasi hangat ini bisa membantu mengurangi kram saat haid.

4. Kunyit

Karena kunyit merupakan sumber estrogen yang baik, kunyit dapat membantu melancarkan haid. Bahan alami ini memiliki khasiat untuk mengatasi PMS ataupun mencegah alergi. Minumlah secara teratur setiap pagi dengan mencampurkannya bersama madu dan susu.

Apakah aman mengonsumsi obat memperlancar haid

Saat haid tidak lancar, segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk memeriksa penyebabnya. Biasanya, dokter akan melakukan pemeriksaan melalui USG, CT Scan, pemeriksaan darah, atau pemeriksaan lainnya.

Jika sudah dilakukan pemeriksaan, dokter akan memberikan penanganan dan pengobatan yang tepat. Seringkali, dokter akan meresepkan obat memperlancar haid. Umumnya, mengonsumsi obat ini sesuai indikasi tergolong aman karena efek sampingnya yang ringan. Jadi, jangan khawatir ketika mengonsumsinya, ya.

Tidak semua wanita mengalami siklus haid yang teratur. Sebagian wanita mengalami haid yang tidak lancar. Jika kamu mengalaminya, kamu bisa mulai pola hidup yang lebih sehat dan mengonsumsi obat untuk memperlancar haid yang direkomendasikan oleh dokter.

Share artikel ini
Reference