tips makan sehat saat lebaran

Pada saat lebaran, biasanya ada banyak makanan dan minuman khas yang disajikan, mulai dari kue kering, opor, rendang, dan berbagai macam minuman manis. Dengan berbagai godaan tersebut, bagaimana tips makan sehat saat lebaran tanpa takut berat badan naik? Yuk, intip selengkapnya!

Tips makan sehat saat lebaran

Sayangnya, kebanyakan makanan dan minuman yang disajikan saat lebaran bisa sangat mudah membuat berat badan naik. Berikut tips makan sehat saat lebaran yang bisa kamu coba terapkan:

1. Perbanyak makan serat

Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan, membuat kita kenyang lebih lama, mengontrol gula darah, serta menurunkan kadar kolesterol. Buah-buahan, sayuran segar, biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan sumber serat yang baik.

Masakan atau makanan khas lebaran kebanyakan berfokus pada daging atau santan. Menambahkan serat akan menetralisir lemak yang telah kamu konsumsi sehingga dapat mengendalikan berat badanmu.

2. Pilih makanan kaya kalsium dan vitamin D

Meski tubuh dapat memproduksi vitamin D dari sinar matahari, tetapi terlalu banyak paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan asupan makanan yang kaya kalsium dan vitamin D dalam menu lebaran.

Sayur-sayuran bisa menjadi pilihan jenis makanan sehat saat lebaran yang banyak mengandung vitamin D, seperti bayam, pak choi, jamur, dan akar talas. Jika kamu sudah mulai bosan dengan makanan khas lebaran, cobalah makan ikan salmon yang tinggi vitamin D tetapi dengan kadar lemak yang rendah.

3. Batasi konsumsi gula

Kue kering selama lebaran tinggi akan gula. Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan berat badan naik, obesitas, diabetes tipe 2, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Untuk membatasi gula tambahan, cobalah minumlah air putih atau air mineral sebagai pengganti minuman manis. Tambahkan irisan jeruk nipis, lemon, atau mentimun untuk menambah rasa.

Selama lebaran, usahakan jangan menyimpan minuman manis dan makanan ringan. Sebagai gantinya, minumlah air putih atau infused water dan siapkan irisan buah dan sayuran sebagai camilan.

4. Kurangi porsi atau hindari makanan berlemak

ketupat lebaran rendang opor makanan berlemak tips makan sehat saat lebaran

Makanan khas lebaran biasanya mengandung lemak jenuh. Kamu tentu tidak harus mengganti semua yang mengandung lemak jenuh dengan lemak tak jenuh. Cobalah untuk mengurangi porsi makanan berlemak dan bersantan.

5. Kurangi konsumsi makanan yang asin

Selain manis, makanan khas lebaran juga terkenal dengan rasanya yang asin dan gurih. Namun, kamu harus ingat, jika makan terlalu banyak natrium justru meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke. 

6. Beri jeda

Lebaran memang hari kemenangan yang mana banyak orang memaknainya dengan makan, makan, dan makan. Padahal, pola makan dan jam makan saat berpuasa adalah hal yang baik untuk dilanjutkan. Kamu tidak harus puasa setiap hari setelah lebaran. Namun, ada baiknya kamu mulai untuk membuat jeda makan. 

Saat kamu makan, hormon insulin akan naik. Insulin juga cenderung menggunakan glukosa sebagai bahan bakar utama tubuh. Padahal, cadangan lemak kita masih banyak dan bisa digunakan sebagai sumber energi sehingga kamu harus menurunkan kadar insulin agar tubuh membakar lemak.

Untuk menurunkan kadar insulin caranya dengan mengatur jeda makan ke waktu selanjutnya. Usahakan untuk berhenti mengunyah setiap saat atau tidka mengonsumsi makanan yang akan memicu kadar insulinmu meningkat.

15 Tradisi Lebaran di Indonesia, Unik dan Meriah Setiap Tahunnya!

Rekomendasi olahraga agar berat badan tak naik setelah lebaran

Untuk membantu menjaga agar berat badan tidak naik secara drastis, kamu bisa melakukan beberapa olahraga ini setelah lebaran. Apa sajakah itu?

1. Berjalan cepat atau lari

Berjalan dengan langkah cepat dianggap sebagai salah satu aktivitas fisik terbaik untuk membakar kalori sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badanmu.

Selain itu, jogging juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Aktivitas fisik yang satu ini memperkuat kaki dan sangat efektif untuk lemak perut. 

2. Skipping atau lompat tali

Lompat tali bisa kamu lakukan di rumah. Jenis olahraga ini juga menawarkan latihan tubuh yang lengkap dan membantu meningkatkan kekuatan otot, metabolisme, dan membakar banyak kalori dalam waktu singkat.

3. Squat

Latihan squat dikenal sebagai latihan penguatan otot untuk meningkatkan kekuatan bagian bawah tubuh. Squat membantu membakar kalori, mencegah lemak menumpuk di bagian bawah tubuh, dan meningkatkan mobilitas serta keseimbangan juga. 

10 Cerita Lebaran Masa Kecil yang Tak Terlupakan, Yang Mana Ceritamu?

Itulah tips makan sehat saat lebaran dan beberapa jenis olahraga yang bisa kamu pilih setelah lebaran. Semoga bermanfaat ya, Yoonies!


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference