cara menghilangkan jerawat di badan

Setiap orang yang mengalami masa puber tentu pernah berjerawat. Laki-laki dan tipe kulit berminyak diketahui mudah berjerawat. Jerawat sendiri muncul dengan ciri-ciri benjolan kecil yang terkadang berisi nanah. Jerawat dapat menimbulkan rasa nyeri hingga berkurangnya percaya diri.

Jerawat badan umumnya lebih sulit dihilangkan karena sebagian besar orang tidak terlalu memperhatikannya, apalagi jika jerawat muncul di punggung yang tidak selalu terlihat. Jerawat yang tumbuh di badan perlu diatasi dengan cara menghilangkan jerawat badan seperti di bawah ini.

Penyebab jerawat badan

Faktor munculnya jerawat badan dapat beragam, namun secara khusus pori-pori kulit yang tersumbat adalah penyebab utamanya.penyumbatan minyak atau sebum terhadap folikel akan memparah kondisi kulit hingga menyebabkan jerawat badan. Selain itu ada beberapa kondisi yang membuat jerawat badan berkembang dan semakin parah, yaitu:

Badan kotor dan berkeringat

Area badan yang kotor dan berkeringat sangat rawan membuat kulit meradang. Hal ini dapat memicu munculnya jerawat badan. Sebaiknya segera mandi dan membersihkan badan saat badan kotor dan ganti dengan pakaian yang nyaman serta menyerap keringat.

Gesekan dengan pakaian

Gesekan pakaian yang ketat dapat menjadi faktor timbulnya jerawat badan. Kulit menjadi kurang bernapas saat memakai pakaian ketat dan produksi keringat yang semakin banyak. Saat keringat bercampur dengan minyak alami, maka pori-pori dapat semakin bersumber dan menyebabkan jerawat serta komedo putih pada badan.

Pemakaian perhiasan

Perhiasan yang menempel pada badan dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat pada sebagian besar orang. Umumnya perhiasan dengan bahan yang kurang cocok dapat menimbulkan munculnya jerawat pada area leher, dada dan sekitarnya.

Baca juga: 8 Penyebab Jerawat di Dada, dari Sabun hingga Makanan! 

Apakah jerawat badan bisa hilang?

Penyebab jerawat di dada dan badan

Secara umum, jerawat punggung dapat diatasi dengan menggunakan obat resep dokter dan perawatan secara alami. Jerawat badan juga merupakan masalah kulit yang hampir dialami oleh semua orang namun seringkali luput dari perhatian.

Cara menghilangkan jerawat badan dengan efektif tentunya harus mengetahui apa penyebabnya sehingga dapat diantisipasi agar jerawat tidak memburuk dan berusaha untuk dihilangkan.

Jerawat badan pun muncul tidak berbeda dengan jerawat biasa karena adanya folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati. Penumpukan sebum dalam folikel juga memperburuk keadaan sehingga jerawat tak kunjung membaik. Perlu digaris bawahi bahwa jerawat badan juga dapat hilang dengan berbagai cara asal rutin dan melakukan tahapan yang benar. 

Baca juga: Ada Jerawat di Punggung? Ini Solusinya Ladies! 

Cara menghilangkan jerawat badan

Penyebab jerawat punggung

Jerawat yang membandel tentu akan membuat aktivitas sehari-hari kamu menjadi tidak nyaman, cobalah beberapa cara menghilangkan jerawat badan berikut ini:

Obat jerawat

Beberapa obat-obatan yang sering diresepkan dokter untuk pengobatan jerawat badan menurut American Academy of Dermatology dapat membantu menghilangkan jerawat. Berikut jenis obat yang dapat dipakai:

  • Retinol
  • Benzoil peroksida
  • Antibiotic oral
  • Obat resep dokter seperti doksisiklin atau tetrasiklin
  • Obat dengan kandungan isotretinoin

Sabun khusus jerawat

Memakai sabun anti jerawat atau khusus jerawat bisa menjadi cara menghilangkan jerawat. Area badan yang berjerawat dapat memakai sabun dengan kandungan benzoil peroksida atau asam salisilat. Sebaiknya memakai sabun dengan kedua kandungan ini berdosis rendah karena jika berlebihan akan memperah kondisi kulit dan mengiritasinya.

Menghindari pakaian ketat

Memakai pakaian ketat dapat menimbulkan jerawat badan dan menjebak kotoran pada kulit. Ganti pakaian dengan pakaian longgar dan menyerap keringat pada saat beraktivitas yang lebih banyak gerakan seperti olahraga atau aktivitas di luar rumah.

Tidak memencet jerawat

Kebiasaan memencet jerawat akan membuatnya semakin parah sehingga biarkan jerawat membaik dengan perawatan obat tanpa harus memencetnya.

Pengobatan alami

Pemakaian obat alami untuk jerawat dapat menjadi alternatif disamping mengonsumsi obat resep dokter agar jerawat dapat sembuh lebih cepat. Beberapa bahan untuk menyembuhkan jerawat antara lain madu, lidah buaya, lemon, the hijau, kunyit dan lain sebagainya.

Gaya hidup bersih

Jerawat badan dapat dicegah dengan gaya hidup bersih dan sehat. Kebiasaan sehat yang dapat mencegah jerawat antara lain kebiasaan eksfoliasi tidak hanya untuk wajah, namun juga area badan, mandi setelah berkeringat, mengurangi pakaian ketat dan penggunaan ransel berat, mengganti pakaian dan sprei yang kotor serta pola makan dan hidup yang sehat.

Kebiasaan hidup yang bersih, sabar dan telaten dalam menyembuhkan jerawat badan akan membuat jerawat menjadi enggan muncul kembali. Cara menghilangkan jerawat badan tersebut juga dapat kembali didiskusikan dengan dokter agar mendapatkan rekomendasi penyembuhan jerawat badan yang tepat.

Tanda dan gejala jerawat badan

Jerawat yang tumbuh di badan umumnya dapat menyerang dada, perut hingga punggung. Terkadang seseorang baru menyadari munculnya jerawat jika sudah menimbulkan rasa nyeri, padahal jerawat badan bisa dihindari dengan pola hidup yang bersih. Beberapa tanda dan gejala dari jerawat badan antara lain:

  • Muncul komedo putih atau whitehead
  • Muncul komedo hitam aatu blackhead
  • Terdapat benjolan padar terasa nyeri atau papula
  • Muncul nodul atau lesi jerawat
  • Di area punggun dan badan muncul pustula yang berisi nanah
  • Terdapat jerawat batu yang tampak merah, lebih sakit, besar, dan keras.

Kapan perlu ke dokter? 

Jenis-jenis jerawat yang muncul pada area badan ini sebenarnya dapat hilang dengan perawatan dan menjaga kebersihan tubuh, namun ada kalanya kamu perlu segera pergi ke dokter jika merasakan tanda jerawat berikut ini:

  • Jerawat mengeluarkan nanah atau darah
  • Jerawat menimbulkan rasa sakit dan nyeri
  • Jerawat tumbuh di bawah kulit dan seperti memiliki benjolan yang keras
  • Jerawat tak kunjung hilang setelah 6 minggu perawatan
  • Jerawat mudah muncul kembali

Demikian lah penjelasan mengenai cara menghilangkan jerawat di badan. Kamu bisa menggunakan obat khusus jerawat, menggunakan sabun khusus, dan pastinya perlu menerapkan gaya hidup sehat. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, jerawat di badan bisa dicegah untuk muncul atau kambuh kembali.

 

Share artikel ini
Reference