manfaat tomat untuk wajah berjerawat

Siapa yang tidak sebal dengan kondisi wajah berjerawat? Selain membuat wajah terasa nyeri dan tak nyaman, bekas jerawat juga sangat sulit untuk dihilangkan sehingga banyak orang yang mencari berbagai cara untuk menghindari jerawat tumbuh di wajah. 

Banyak produk kecantikan yang dapat menghilangkan atau mencegah jerawat datang namun terkadang tidak cocok untuk semua jenis kulit. Bahan alami bisa kamu pilih sebagai obat jerawat yang ampuh.

Salah satunya yaitu tomat. Yuk ketahui manfaat tomat untuk wajah berjerawat dan bagaimana cara menggunakannya untuk wajah.

Manfaat tomat untuk wajah berjerawat

manfaat teh untuk wajah berjerawat

Manfaat tomat untuk wajah berjerawat ternyata cukup banyak dan bahan alami ini diketahui ampuh mengatasi wajah berjerawat dengan lebih aman dan alami.

Manfaat tomat untuk jerawat yaitu dapat mempertahankan kesehatan kulit dengan mengurangi sebum hingga menghilangkan bakteri yang dapat memicu jerawat pada wajah.

Selain ampuh dalam mengatasi jerawat pada wajah, ada beberapa manfaat tomat yang akan membuat kamu kagum dengan jenis buah yang satu ini, yaitu:

  • Kulit menjadi lembab. Bagi kamu pemilik kulit kering, cobalah masker tomat dengan rutin karena bahan ini dapat melembabkan kulit secara alami. Kulit yang lembab akan mencegahnya mengalami jerawat dan masalah kulit lain.
  • Meredakan peradangan. Dalam tomat terdapat berbagai vitamin, lutein, likopen dan beta karoten yang dapat meredakan iritasi dan radang, dengan memakai masker tomat secara rutin, kulit akan terbebas dari peradangan dan iritasi.
  • Mengurangi minyak. Produksi minyak berlebih dari memicu sebum tersumbat dan munculnya jerawat. Dengan mengonsumsi tomat, minyak akan berkurang sehingga wajah lebih lembab dan terasa kenyal.
  • Melawan penuaan dini. Tomat memiliki kemampuan dapat melawan tanda penuaan seperti kerutan, garis halus dan bintik hitam. Kandungan vitamin b1, b3, b5, b6 dan b9 dalam tomat mampu meremajakan kulit sehingga terlihat lebih awet muda.
  • Memproduksi kolagen. Kolagen dibutuhkan kulit agar elastisitas terjaga dan kulit menjadi lebih kenyal. Masker tomat diketahui dapat membantu produksi kolagen lebih baik dan mencegah timbulnya berbagai masalah kulit.
  • Mengangkat sel kulit mati. Tomat mengandung enzim yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit. Dengan itu masalah kulit seperti jerawat, bintik, flek hitam dan komedo dapat diatasi dengan mudah. Campuran tomat dan gula merupakan bahan terbaik untuk scrub dan pengelupasan sel kulit mati pada wajah.
  • Menyembuhkan luka. Vitamin c pada tomat dapat membantu penyembuhan luka dengan lebuh cepat. Tomat juga dapa merangsang jaringan ikat tumbuh sehingga luka lebih cepat tertutup dan pudar.

Cek Kalori Tomat Dan Manfaatnya Untuk Kecantikan Kulit

Cara menggunakan tomat untuk wajah berjerawat

manfaat tomat untuk wajah

Agar jerawat dapat hilang dengan segera, kamu perlu tahu cara menggunakan tomat untuk wajah berjerawat, yaitu:

1. Tomat digunakan sebagai masker wajah

Tomat secara ampuh dapat menjadi pelindung wajah dari jerawat dengan rutin memanfaatkan tomat sebagai masker wajah.

Tomat diketahui mengandung asam salisilat yang dapat menyerap produksi minyak yang berlebih pada wajah. Dengan menghambat produksi minyak, maka sebum tidak akan menumpuk dan menyumbat pori-pori wajah.

Masker tomat yang bisa dipakai yaitu tomat segar yang dilumatkan dan diaplikasikan langsung pada wajah. Diamkan hingga masker kering dan bilas dengan air bersih. Masker dapat digunakan secara rutin 1-2x seminggu. 

Selain masker, iritasi tomat juga dapat langsung ditaruh di wajah yang tumbuh jerawat, flek hitam atau meradang. 

2. Tomat dikonsumsi secara langsung

Untuk membantu mengurangi masalah seperti jerawat, kamu dapat mengkonsumsi tomat secara langsung sebanyak 2-3 x dalam seminggu. Tomat dengan kandungan antioksidan alami akan memberikan manfaat yang besar jika dikonsumsi secara rutin.

Selain dimakan langsung, tomat juga dapat diolah menjadi jus atau pasta tomat sesuai selera. Tomat dapat dicampur dengan minyak zaitun atau bahan lain seperti jeruk nipis, madu atau alpukat agar terasa lebih enak.

6 Manfaat Teh untuk Wajah, Mudah Cara Menggunakannya!

Cara membuat masker tomat untuk wajah

cara facial wajah sendiri

Membuat masker tomat sangat mudah karena bahan ini juga dapat ditemukan di setiap rumah. 

Manfaat tomat untuk wajah berjerawat akan terasa maksimal jika digunakan dengan rutin diikuti dengan konsumsi makanan sehat dan pola hidup bersih.

Berikut cara membuat masker tomat yang mudah dilakukan di rumah:

  • Siapkan 1 buah tomat 
  • Haluskan tomat dalam sebuah wadah kecil
  • Campurkan gula sebanyak 1 sendok teh
  • Campurkan agar tomat dan gula menjadi pasta yang mudah diaplikasikan pada wajah.
  • Oleskan campuran dan ratakan pada wajah, hindari bibir dan area mata
  • Diamkan hingga masker kering selama 5-10 menit
  • Bilas wajah hingga bersih
  • Keringkan dan tepuk lembut dengan handuk atau kain bersih

Tomat termasuk bahan alami yang aman untuk digunakan kapan saja dan dimana saja. Namun jika kamu ternyata alergi dengan bahan ini, kamu bisa menghindarinya dan memakai bahan lain ya. Alergi pada tomat dapat memicu efek samping seperti kulit kemerahan, ruam dan gatal. 

Namun jika ternyata tidak ada alergi, kamu bisa mengonsumsi dan memakai masker tomat sebagai salah satu bentuk perawatan wajah yang mudah.

Share artikel ini
Reference