manfaat alpukat untuk wajah

Alpukat merupakan buah yang kaya manfaat. Manfaat buah alpukat tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kesehatan kulit.

Inilah alasan kenapa banyak sekali produk perawatan kulit beredar di pasaran, termasuk berbagai produk perawatan wajah.  

Jadi, apa saja sih sebenarnya kandungan yang membuat alpukat begitu digemari para pecinta perawatan kulit? Apa manfaat alpukat untuk wajah? Yuk, simak penjelasannya disini!

Manfaat alpukat untuk wajah

manfaat alpukat untuk kesehatan

Perawatan wajah tidak selalu harus dengan perawatan yang menguras kantong. Jika ingin menggunakan bahan yang natural tapi mendapat hasil maksimal, mungkin kamu perlu mencoba masker alpukat yang memiliki manfaat sebagai berikut:

Meredakan jerawat

Manfaat alpukat untuk wajah yang pertama adalah mampu meredakan jerawat. Alpukat kaya akan asam laurat, yang bertindak sebagai agen antibakteri dan anti-inflamasi.

Seperti diketahui, penyebab utama jerawat diketahui adalah peradangan bakteri yang disebabkan oleh kotoran yang menempel. Nah, sifat antibakteri dan anti-inflamasi pada alpukat bisa mengatasi kondisi ini.

Melembabkan kulit

Kandungan vitamin A, D, E, dan lemak dalam alpukat telah terbukti memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit, menenangkan kulit yang teriritasi,dan mempercepat penyembuhan kulit yang rusak.

Selain itu, asam linoleat dan oleat yang terdapat dalam alpukat juga membantu memperbaiki dan menyembuhkan kulit.

Baik untuk Kesehatan, Ini Makanan yang Mengandung Vitamin E

Mencerahkan wajah

Kulit cerah atau glowing adalah dambaan setiap orang. Mimpi ini bisa menjadi kenyataan dengan memanfaatkan khasiat alpukat.

Kaya akan lemak dan vitamin yang sehat, buah alpukat dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit wajah untuk kulit yang bersih dan bercahaya.

Mengobati kulit yang terbakar sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kulit dan menyebabkan kulit terbakar. Mengoleskan alpukat ke kulit yang terbakar sinar matahari dapat mengurangi kemerahan dan membantu menenangkan kulit.

Khasiat ini didapat karena kandungan protein yang ditemukan dalam alpukat serta lesitin, beta-karoten, dan vitamin D dan E.

Selain itu, alpukat juga dapat membantu melembabkan kulit dari dalam dan mempercepat penyembuhan kulit karena terbakar sinar matahari.

Meningkatkan elastisitas kulit

Manfaat alpukat untuk wajah selanjutnya adalah meningkatkan kekenyalan atau elastisitas kulit wajah.

Alpukat mengandung vitamin C, nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen sendiri adalah protein yang diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit. 

Segudang Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah yang Terbukti Efektif

Mencegah tanda penuaan

Alpukat mengandung asam oleat dan sifat anti inflamasi yang membantu mengurangi peradangan, mencegah keriput, dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Selain itu, alpukat juga kaya antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein, yang membantu menangkal efek radikal bebas, yang dikenal sebagai penyebab utama penuaan dini.

Mengurangi hiperpigmentasi kulit

Vitamin C dan E yang ditemukan dalam alpukat membantu mencegah dan mengobati flek hitam dan pigmentasi pada kulit.

Hal ini dikarenakan vitamin ini membantu mengurangi peradangan kulit dan mengurangi produksi melanin yang menyebabkan munculnya flek hitam pada kulit.

Kulit Sehat dengan Masker Wajah Alami, Inilah Bahan dan Caranya

Efek samping alpukat untuk wajah

manfaat alpukat untuk kecantikan wajah

Selain beberapa manfaat alpukat yang baik untuk wajah, masker wajah alpukat dapat menimbulkan efek samping pada wajah. Efek samping masker wajah alpukat antara lain: 

Menyebabkan gatal-gatal

Bagi yang belum pernah menggunakan masker wajah alpukat, kamu harus tahu bahwa penggunaan masker wajah alpukat juga dapat menimbulkan efek samping yang cukup mengganggu.

Salah satunya adalah menyebabkan gatal-gatal di wajah yang dapat mengganggu kenyamanan.

Alergi

Selain gatal, masker alpukat juga bisa menyebabkan alergi jika tidak cocok dengan kulitmu. Alergi ini bisa membuat wajah menjadi merah, panas, dan bersisik.

Oleh karena itu, lakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum menggunakan masker alpukat untuk perawatan yaa!

Menyebabkan Jerawat

Alpukat  memang bisa mengurangi jerawat, tapi bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya berhati-hati saat menggunakan masker alpukat.

Hal ini dikarenakan alpukat justru bisa memicu timbulnya jerawat baru. Karena itu, kamu perlu melakukan tes kulit sensitif sebelum mengoleskan masker ini ke wajahmu.

Wajah kering

Siapa bilang menggunakan masker setiap hari baik untuk kulit? Menggunakan produk masker tertentu setiap hari dapat membuat kulit menjadi kering.

Hal ini juga berlaku untuk masker alpukat. Oleh karena itu, gunakan masker alpukat dua kali seminggu saja ya!

7 Rekomendasi Face Wash Kulit Kering Dan Tips Cuci Muka

Cara menggunakan alpukat untuk wajah

Jika kamu ingin merasakan manfaat masker alpukat untuk wajah, berikut cara menyiapkan dan menggunakannya.

Siapkan bahan-bahan untuk membuat masker alpukat, seperti:

  • ½ buah alpukat matang
  • 1 sendok teh minyak kelapa
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok teh air

Jika bahan-bahan tersebut sudah terkumpul, kamu bisa mulai membuat masker alpukat. Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukkan semua bahan ke dalam mangkuk, lalu haluskan bahan-bahan tersebut hingga menjadi pasta. 

Untuk menggunakan masker alpukat yang sudah berhasil kamu buat, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Bersihkan wajah dengan handuk hangat untuk membantu membuka pori-pori wajah. Lakukan pembersihan wajah ini selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah itu, oleskan masker ke wajah  secara merata.  Hindari mengoleskan masker ke area mata.
  • Diamkan masker tersebut di wajahmu selama 15 menit.
  • Terakhir, bilas dengan air dingin, dan keringkan dengan handuk bersih. 

Alpukat umumnya  digunakan sebagai bahan alami perawatan kulit wajah. Namun, untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan, lakukan tes alergi atau uji tempel pada kulit terlebih dahulu.

Kamu bisa mengoleskan sedikit masker alpukat ke pergelangan tangan Anda. Jika kulitmu terasa gatal, merah, dan bengkak setelah beberapa jam, berarti kamu tidak cocok menggunakan masker alpukat.

Share artikel ini
Reference