cara menghilangkan mata panda

Apakah kamu sering bermain game online atau menonton hingga larut malam sehingga kurang tidur? Kebiasaan seperti ini bisa memberikan efek buruk, seperti munculnya lingkaran hitam di bawah mata yang biasa disebut mata panda. 

Mata panda adalah masalah yang umum. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkannya. Apa saja penyebabnya? Bagaimana cara menghilangkan mata panda? Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

Penyebab munculnya mata panda

Sebelum mengetahui cara menghilangkan mata panda, ada baiknya mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Beberapa penyebab mata panda di antaranya:

1. Kurang tidur

kurang tidur

Kurang tidur merupakan penyebab paling umum dari munculnya mata panda. Oleh sebab itu, penting untuk tidur dalam waktu yang cukup. Jadi, sebelum tidur, sebaiknya matikan perangkat elektronik.

2. Pigmentasi

Pigmen di area bawah mata dan sekitar mata merupakan salah satu penyebab mata panda. Kamu bisa menguranginya dengan cara menggunakan krim retinol atau krim pencerah kulit serta tabir surya dan pelembab yang memiliki SPF.

3. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan mata panda. Sebab, paparan sinar matahari secara langsung bisa menimbulkan kerutan halus yang menyebabkan penggelapan pada kulit. Maka dari itu, penting untuk menggunakan eye cream.

4. Kondisi medis

Kondisi medis juga bisa menjadi penyebab mata panda. Gangguan ginjal dan kondisi tiroid merupakan contoh kondisi medis yang mendasarinya. 

5. Penuaan

penuaan dini

Proses penuaan merupakan penyebab lain dari munculnya mata panda. Penipisan kulit di bawah mata bisa membuatnya tampak lebih gelap. Untuk menghilangkan mata panda, kamu bisa gunakan concealer.

6. Bengkak di bawah mata

Bengkak di bawah mata dapat menyebabkan area tersebut tampak lebih gelap. Oleh karena itu, bengkak di bawah mata dapat menyebabkan mata panda.

7. Alergi

Jika kamu memiliki alergi, kamu mungkin mengalami rasa gatal di area mata dan memiliki keinginan untuk terus menggosoknya. Alergi dapat menyebabkan iritasi dan hiperpigmentasi yang menyebabkan munculnya mata panda.

8. Genetika

Genetika merupakan faktor lain penyebab mata panda. Lingkaran hitam di bawah mata umumnya lebih terlihat pada mereka yang keturunan Asia-India dan mereka yang memiliki kulit lebih terang.

Cara menghilangkan mata panda

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi mata panda, yaitu:

1. Tidur yang cukup

Usahakan untuk tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Hal ini bisa mengurangi munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Tidur yang cukup merupakan salah satu hal terpenting yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa bila kamu kurang tidur, pembuluh darah akan melebar dan meningkatkan aliran darah. Kemudian, hal ini akan menghasilkan warna gelap pada kulit di bawah mata. 

2. Menggunakan vitamin C

Coba gunakan produk skincare seperti vitamin C dan retinol. Manfaat vitamin C dan retinol dapat mencerahkan kulit sehingga tampak bercahaya. 

3. Mengonsumsi alpukat

Kulit memerlukan nutrisi penting berupa asam lemak esensial yang tidak diproduksi tubuh secara alami. Kamu bisa mengonsumsi keju, alpukat, salmon, dan produk susu lainnya untuk memperoleh asam lemak esensial. Asam lemak esensial ini bisa mengatur fungsi sel dan menjaga membran sel agar tetap sehat.

4. Menggunakan kompres dingin

Cara menghilangkan mata panda berikutnya adalah dengan kompres air dingin. Pembuluh darah yang melebar bisa membuat area di bawah mata tampak lebih gelap. Menggunakan kompres dingin di area tersebut dapat membuat pembuluh darah menyempit dan mengurangi mata panda.

5. Hindari paparan sinar matahari langsung

Sinar matahari bisa meningkatkan kandungan melanin pada kulit sehingga membuatnya tampak lebih gelap. Apalagi, kulit di area mata cenderung lebih tipis sehingga lebih mudah menjadi gelap. Maka dari itu, penting untuk selalu menggunakan sunscreen pada kulit.

6. Menggunakan irisan kentang

Kentang mengandung enzim catecholase yang bisa mencerahkan kulit dan membantu mengurangi mata panda. Aplikasikan irisan kentang pada area mata. Selain itu, pijat lembut menggunakan jari telunjuk.

7. Mengatur pola makan

Kamu bisa menghilangkan mata panda dengan pola makan yang teratur. Sebaiknya batasi konsumsi alkohol dan garam. Sebab, keduanya bisa menyebabkan dehidrasi dan lingkaran hitam menjadi lebih menonjol.

8. Menggunakan eye cream

Gunakan eye cream untuk mengurangi pembengkakan pada mata. Namun, gunakan secukupnya saja dan jangan terlalu sering.

9. Menggunakan makeup

Penggunaan makeup yang tepat bisa menghilangkan tampilan mata panda. Caranya dengan memilih concealer dengan warna yang lebih terang dari warna kulit normal dan aplikasikan di area bawah mata. Kemudian, gunakan jari manis atau kelingking untuk meratakannya dengan lembut.

Tips mencegah mata panda

tidur yang cukup

Beberapa tips untuk mencegah mata panda dan cara menghilangkan mata panda, antara lain:

  1. Cukup tidur. Kurang tidur bisa menyebabkan mata panda. 
  2. Perhatikan produk wajah yang kamu gunakan. Bahan kimia yang kuat pada sabun, toner, atau krim wajah bisa membuat area bawah mata menjadi lebih gelap. Beberapa bahan kimia tersebut yaitu asam salisilat, glikolat, tretinoin, eritromisin, dan hidrokuinon.
  3. Gunakan tabir surya pada area mata.
  4. Bila mata panda disebabkan karena alergi, gunakan obat untuk mengobatinya dan hindari alergen.
  5. Selalu gunakan pelembab pada area bawah mata yang diformulasikan khusus untuk menghidrasi kulit yang halus. 
  6. Jangan tidur saat masih menggunakan makeup. Gunakan makeup remover yang lembut untuk membersihkan makeup. Sebab, area mata biasanya lebih sensitif dibandingkan area kulit lainnya.
  7. Patikan bantal dan tempat tidur kamu selalu bersih untuk menghindari debu dan tungau yang bisa menyebabkan alergi.
  8. Bila mata panda tidak kunjung hilang meskipun kamu sudah mencoba beberapa cara yang alami, lakukan konsultasi dengan dokter kulit untuk memperoleh perawatan yang tepat.

Itulah beberapa cara alami untuk menghilangkan mata panda. Bila cara-cara tersebut tidak kunjung menghilangkan mata panda kamu, segera konsultasikan dengan dokter ya.

Share artikel ini
Reference