Makanan yang mengandung kolagen sebenarnya tidak sulit untuk ditemukan, kamu bisa menemukannya pada sumber makanan nabati dan hewani. Seperti yang kita ketahui, kolagen sangat baik untuk meremajakan kulit agar tetap awet muda. 

Namun sebenarnya kolagen berperan lebih lebih besar untuk tubuh loh! Kolagen menjadi protein paling melimpah di tubuh, kontribusinya sekitar 30% dari total protein. Kolagen adalah pondasi utama kulit, otot, tulang, tendon dan ligamen, serta jaringan ikat lainnya. 

Makanan yang mengandung kolagen dan antioksidan

Makanan yang mengandung kolagen dan antioksidan
Makanan yang mengandung kolagen dan antioksidan

Kolagen dan antioksidan keduanya berperan besar untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. Jika ingin mendapat kulit yang cantik alami, kamu bisa mengonsumsi beberapa sumber makanan berikut:

1. Kaldu tulang

Dibuat dengan merebus tulang hewan dengan air dalam waktu yang lama, proses ini dipercaya dapat mengekstrak kolagen. Saat membuat menu ini di rumah, bumbui kaldu dengan garam dan merica untuk menambah rasa.

2. Ayam

Kamu mungkin memperhatikan berapa banyak jaringan ikat yang ada pada ayam. Jaringan ini membuat ayam menjadi sumber yang kaya akan kolagen makanan. Beberapa penelitian telah menggunakan leher ayam dan tulang rawan sebagai sumber kolagen utuh.

3. Ikan dan kerang

Seperti hewan lainnya, ikan dan kerang memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Beberapa orang mengklaim kolagen laut adalah salah satu sumber yang paling mudah diserap.

4. Buah sitrus

Vitamin C memainkan peran utama dalam produksi pro-kolagen, prekursor tubuh untuk kolagen. Oleh karena itu, mengonsumsi cukup vitamin C sangat mendukung peremajaan kulit secara alami.

5. Buah beri

Setiap ons stroberi sebenarnya memberikan lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Raspberry, blueberry, dan blackberry juga memiliki dosis yang besar. Keluarga buah berry mengandung antioksidan tinggi, yang melindungi kulit dari kerusakan.

6. Bawang putih

Bawang putih dapat menambahkan lebih dari sekadar rasa pada masakan tumis sayur. Di balik itu, bawang putih juga bisa meningkatkan produksi kolagen. Begitu juga dengan kandungan antioksidannya, kamu bisa mengandalkan bawang putih untuk hal ini.

Apa Saja Sumber Kolagen Terbesar? Berikut Ulasannya!

7. Sayuran hijau

Kita semua tahu bahwa sayuran hijau adalah kunci utama dalam menu sehat. Ternyata, mereka juga menawarkan manfaat estetika kulit loh!

Bayam, kangkung, dan sayuran salad lainnya mendapatkan warna hijau dari klorofil, yang dikenal karena sifat antioksidannya. Beberapa penelitian telah menunjukkan mengonsumsi klorofil meningkatkan prekursor kolagen kulit.

8. Tomat

Sumber vitamin C tersembunyi lainnya berada pada tomat berukuran sedang, yang dapat menyediakan hampir 30 persen nutrisi penting untuk kolagen. Tomat juga mengandung lycopene dalam jumlah besar, antioksidan kuat untuk mendukung kulit.

9. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi seperti tempe, yogurt, asinan kubis dan kombucha mengandung Lactobacillus, strain bakteri probiotik yang menghasilkan superoksida dismutase. Superoxide dismutase adalah antioksidan kuat yang dapat mencegah kerusakan kolagen dengan mengurangi produksi radikal bebas.

10. Sayuran berwarna merah

Tomat, paprika merah, dan bit mengandung antioksidan likopen yang membantu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Lycopene bertindak sebagai semacam tabir surya alami, melindungi kulit dari kerusakan sekaligus meningkatkan kadar kolagen, loh.

11. Kedelai

Entah itu bersumber dari susu kedelai, keju atau tahu, kedelai mengandung genistein (hormon tumbuhan yang berfungsi sebagai antioksidan), yang mendorong produksi kolagen dan membantu memblokir enzim, yang dapat menuakan kulit.

Fungsi kolagen untuk kecantikan

Suplementasi kolagen memberikan berbagai manfaat kesehatan tubuh dan kulit. Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan kandungan kolagen yang ada pada produk kecantikan. Kenali fungsi kolagen lebih dalam, di antaranya:

  • Meningkatkan kesehatan kulit

Kolagen adalah komponen utama kulit. Asupan kolagen yang cukup dapat memperkuat kulit, dalam elastisitas dan hidrasi. Seiring bertambahnya usia, tubuh menghasilkan lebih sedikit kolagen, yang menyebabkan kulit kering dan pembentukan kerutan. 

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa peptida kolagen atau suplemen yang mengandung kolagen dapat membantu memperlambat penuaan dini kulit dengan mengurangi kerutan dan kekeringan.

  • Pertumbuhan rambut dan kuku

Mengonsumsi kolagen dapat meningkatkan kekuatan kuku dengan mencegah kerapuhan. Selain itu, hal ini juga dapat membantu rambut dan kuku tumbuh lebih sehat.

Benarkah Kuku Melengkung Tanda Penyakit Berbahaya?

  • Penurunan berat badan 

Para pendukung percaya bahwa suplemen kolagen dapat meningkatkan penurunan berat badan dan metabolisme lebih cepat. Namun, belum ada penelitian yang mendukung klaim ini.

  • Kesehatan otak

Belum ada penelitian yang meneliti peran suplemen kolagen dalam kesehatan otak, tetapi beberapa orang mengklaim bahwa mereka meningkatkan mood dan mengurangi gejala kecemasan.

  • Manfaat bagi tubuh lainnya

Kolagen juga dikenal mampu mengatasi tendon dan ligamen yang kaku dan kurang fleksibel, masalah aliran darah, nyeri sendi atau osteoarthritis karena tulang rawan yang aus, dan kekakuan sendi hingga mengurangi kemampuan mobilitas.

Kamu bisa mendapat asupan suplemen melalui tablet vitamin, namun hal ini perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Agar lebih aman dan tanpa efek samping, sebaiknya konsumsi sayur dan buah berkolagen yang telah direkomendasikan di atas.

Share artikel ini
Reference