face wash kulit kering

Memilih face wash kulit kering terkadang menjadi hal yang sulit, karena jenis kulit ini cenderung sensitif dan mudah kemerahan saat terkena gesekan karena cuci muka. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan label dan ingredients dengan sangat cermat.

Memiliki kulit bersih dan bebas noda menjadi impian semua orang, namun tidak semua bisa mendapatkan kulit sehat dengan mudah. Disinilah face wash berperan besar untuk menyehatkan dan membuat kulit bersinar, asalkan kamu mengerti produk seperti apa yang cocok untukmu.

Rekomendasi face wash kulit kering 

face wash kulit berminyak

Pembersih dengan ingredients yang terlalu berat dapat menyumbat pori-pori, sedangkan pembersih yang bersifat ‘oil control’ berpotensi mengiritasi kulit yang kering. Carilah bahan-bahan seperti cocamidopropyl betaine atau caprylic triglyceride, yang merupakan surfaktan bebas sulfat dan tidak akan mengiritasi kulit kamu.

Berikut adalah beberapa rekomendasi face wash kulit kering, pastikan ingredients berikut ada di produk pencuci wajah milikmu:

  1. Asam hialuronat
  2. Ceramide
  3. Gliserin
  4. Urea
  5. Antioksidan
  6. Aquaporin
  7. Vitamin E

Carilah pembersih dengan hypoallergenic, bebas pewangi, bahan kimia yang keras, atau alkohol dan memiliki formula yang tidak berbusa. Penting juga untuk menghindari sabun antibakteri dan pembersih dengan eksfoliator seperti asam salisilat atau glikolat, yang berpotensi membuat kulit kamu menjadi lebih kering.

Cara cuci muka untuk kulit kering

face wash kulit kering

Face wash atau sabun pembersih wajah menjadi skincare utama dan pondasi agar produk skincare lainnya bekerja dengan baik pada kulitmu. Pembersih wajah pada dasarnya harus menghilangkan kotoran, keringat, sebum, bakteri, sel-sel mati dan riasan dari permukaan kulit.

Ikuti cara cuci muka untuk kulit kering berikut agar kulit kamu tetap terhidrasi dengan baik:

  • Gunakan pembersih yang menghidrasi

Hal pertama yang harus kamu pastikan, yaitu memilih sabun cuci muka yang cocok untuk kulit kering. Banyak sabun muka yang bersifat terlalu keras sehingga menimbulkan kemerahan bahkan hanya terkena sedikit gosokan tangan. Pastikan sabun muka kamu bersifat menghindrasi dan lembut.

  • Coba pembersih berbahan dasar minyak

Jangan bingung dengan metode pembersihan minyak yang populer, membersihkan dengan produk oil base bisa menjadi cara yang terjangkau dan alami untuk merawat kulit kering. Cukup pilih produk yang bebas pewangi, tanpa alkohol, dan organik. Kamu juga dapat membuat kombinasi minyak sendiri. Minyak seperti jojoba, argan, almond manis, dan zaitun.

  • Cobalah gunakan toner

Toner dapat memberikan manfaat besar pada kulit, seperti pori-pori lebih kecil dan kulit lebih bersih. Tetapi juga bisa sangat mengeringkan kulit karena kandungan alkohol yang tinggi. Pilihlah toner alami tanpa alkohol, karena toner benar-benar dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit dan mengurangi kekeringan.

  • Jangan gunakan tisu pembersih terlalu sering

Tisu penghapus riasan bisa menjadi penyelamat saat kamu tidak bisa pergi ke wastafel untuk mencuci muka di malam hari. Kamu tetap boleh menggunakan tisu pembersih saat darurat, namun tidak boleh terlalu sering karena tisu jenis ini sangat buruk untuk kulit kering. Kandungan alkohol dan pewanginya cukup tinggi.

  • Sentuh kulit dengan hati-hati

Kulit kering cenderung lebih sensitif terhadap sentuhan atau gesekan, hal ini akan membuat kulit memerah dan terkadang panas. Lakukan gerakan cuci muka dengan tekanan yang lembut, begitu juga saat menggunakan mencuci masker wajah dan melakukan eksfoliasi. Lakukan semuanya dengan gerakan yang lembut.

Tahapan cuci muka kulit kering

Merawat kulit kering juga sama sulitnya seperti merawat kulit berminyak. Berikut adalah tahapan cuci muka kulit kering yang akan menyelamatkan kulit wajahmu!

  • Pilih pembersih yang tepat, sebaiknya bebas sabun. Sabun berbusa sulit untuk dibilas dan sabun yang tersisa dapat menyebabkan pengeringan tambahan.
  • Cuci muka di malam hari dan baru bilas di pagi hari. Jangan mencuci pada malam dan pagi hari karena akan menyebabkan kulit lebih kering.
  • Lakukan eksfoliasi lembut. Hindari produk kasar karena dapat menyebabkan goresan mikro yang akan menyebabkan peradangan. Lebih baik pilih produk chemical eksfoliasi.
  • Keringkan wajah dengan cara tidak digosok. Mengeringkan wajah dengan handuk akan membuat kulit wajah yang kering menjadi gatal dan kasar.
  • Gunakan pelembab dan spf. Jika sudah selesai mencuci wajah, jangan lupa untuk menjaga kelembaban kulit dan menggunakan spf untuk menghindari sinar UV di siang hari.

Memilih produk yang cocok untuk kulit memang akan melalui proses yang panjang. Kamu harus mencoba satu per satu produk yang sekiranya cocok. Selama masa percobaan tersebut, pastikan kamu menghindari ingredients yang berbahaya untuk kulit kering.

Share artikel ini
Reference