ciri-ciri kolesterol tinggi

Semakin bertambahnya usia, kadar kolesterol yang tinggi akan menjadi kondisi yang perlu kamu waspadai. Jika seseorang mengalami ciri ciri kolesterol tinggi, maka bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Perlu diketahui, kolesterol adalah jenis lipid atau lemak yang terdapat di dalam tubuh manusia sebagai bahan dasar untuk pembentukan sel, hormon, dan zat-zat penting lainnya. Selain itu, kolesterol juga bisa membantu menghasilkan asam empedu yang dibutuhkan untuk mencerna makanan.

Meskipun kolesterol sangat penting bagi tubuh kita, kolesterol tinggi dapat menjadi faktor risiko bagi beberapa jenis penyakit yang mengancam nyawa. Untuk itu, yuk kenali ciri ciri kolesterol tinggi, penyebab, hingga cara mencegahnya!

Apa saja ciri ciri kolesterol tinggi?

Kadar kolesterol yang tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun, dalam kasus tertentu, bisa menyebabkan kondisi medis yang serius. Misalnya, serangan jantung atau stroke dapat terjadi akibat kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Serangan jantung atau stroke bisa terjadi saat kadar kolesterol naik hingga menyebabkan pembentukan plak di arteri. Plak dapat mempersempit arteri dan mengubah susunan lapisan arteri yang dapat menyebabkan komplikasi serius.

Tes darah adalah satu-satunya cara untuk mengetahui kadar kolesterol tinggi atau tidak. Jika kadar kolesterol darah total di atas 200 miligram per desiliter (mg/dL), segeralah ke dokter untuk berkonsultasi mengenai kondisimu.

Namun, pada beberapa orang, berikut ciri ciri kolesterol tinggi:

  1. Nyeri dada
  2. Sesak napas
  3. Leher terasa pegal

Selain Sesak Napas, Apa Saja Ciri Ciri Pembengkakan Jantung?

Kondisi yang berkaitan dengan kolesterol tinggi

cara mencegah kolesterol tinggi

Setelah mengetahui ciri ciri kolesterol tinggi, kamu juga perlu mengenali kalau kolesterol ada dua jenis, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik disebut high-density lipoprotein (HDL), sedangkan kolesterol jahat disebut juga low-density lipoprotein (LDL).

HDL ini akan membawa kolesterol ke hati dan hati akan menjaga kadar kolesterol agar seimbang. LDL yang menumpuk bisa membuat plak di arteri dan dapat menyebabkan penyakit jantung dari waktu ke waktu.

Jika kadar kolesterol jahat (LDL) kamu meningkat, biasanya tidak ada gejala ringan yang akan dialami. Namun, kamu akan terkena penyakit berikut yang berkaitan dengan kadar kolesterol tinggi:

1. Penyakit arteri koroner

Penyakit arteri koroner adalah jenis penyakit jantung yang terjadi ketika ada penumpukan plak. Akibatnya, arteri utama yang memasok darah ke jantung akan menyempit atau mengeras. Jika mengalami kondisi ini, kamu akan merasakan nyeri dada, mual, kelelahan, sesak napas, nyeri di leher, rahang, perut bagian atas, atau punggung.

2. Stroke

Penumpukan plak yang disebabkan oleh kolesterol tinggi juga dapat meningkatkan risiko kamu terkena stroke. Hal ini karena suplai darah ke bagian penting, seperti otak, berkurang atau terputus. 

3. Serangan jantung

Arteri yang memasok darah ke jantung perlahan-lahan bisa menyempit karena penumpukan plak dari kolesterol jahat. Proses ini disebut juga sebagai aterosklerosis. Jika didiamkan, sepotong plak bisa pecah dan ada gumpalan darah terbentuk di sekitar plak.

Gumpalan ini dapat memblokir aliran darah ke otot jantung, menghilangkan oksigen, dan nutrisi. Saat jantung kekurangan oksigen, maka jantung akan mulai mati dan fase tersebut dikenal dengan serangan jantung.

4. Penyakit arteri perifer

Penyakit arteri perifer (PAD) dapat terjadi ketika plak dari kolesterol menumpuk di dinding arteri. Plak ini akan memblokir aliran darah di arteri yang memasok darah ke ginjal, lengan, perut, tungkai, dan kaki.

Penyebab dan Ciri Ciri Gagal Jantung yang Wajib Kamu Ketahui

Penyebab dan cara mencegah kolesterol tinggi 

Salah satu faktor penyebab kolesterol tinggi adalah genetik atau riwayat keluarga. Namun, gaya hidup juga bisa menjadi pendukung. Inilah penyebab kolesterol tinggi dari segi gaya hidup:

  1. Makan makanan yang terlalu banyak lemak jenuh atau lemak trans, seperti potongan daging berlemak dan produk susu penuh lemak. 
  2. Obesitas atau kegemukan
  3. Kurang olahraga
  4. Merokok
  5. Minum terlalu banyak alkohol
  6. Usia lanjut

Setelah mengenali ciri ciri kolesterol tinggi dan penyebabnya, kamu tentu ingin menurunkannya, bukan? Nah, gaya hidup menjadi faktor penting yang menyebabkan kolesterol tinggi. Untuk itu, cara mencegahnya harus dengan menerapkan gaya hidup menjadi lebih sehat.

Dengan begitu, kamu dapat menurunkan kolesterol jahat. Berikut cara mencegah kolesterol tinggi yang bisa kamu lakukan:

  1. Makan makanan rendah garam, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian
  2. Batasi jumlah lemak hewani dan gunakan lemak nabati secukupnya
  3. Menjaga berat badan yang sehat
  4. Berhenti merokok
  5. Berolahraga rutin dalam seminggu selama minimal 30 menit
  6. Berhenti minum alkohol
  7. Kelola stres

Bisa sebabkan Stroke, Ketahui Ciri Kolesterol Tinggi Pada Wanita

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang ciri ciri kolesterol tinggi serta cara mencegahnya. Intinya, kamu hanya perlu menerapkan gaya hidup sehat agar terjauh dari risiko penyakit jantung dan stroke akibat kolesterol jahat yang tinggi.


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference